Ini Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran yang Empuk

0
588
cara membuat ketupat

Lebaran tanpa ketupat pasti akan sepi dan kurang lengkap rasanya, bukan? Biasanya, hidangan ini banyak dijual di pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara membuat ketupat sendiri.

Asal usul ketupat sebagai hidangan lebaran pun sudah ada sejak lama. Tidak heran bila ketupa selalu menjamu hari raya di rumah. 

Ruparupa Banner

Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan 3 bahan utama, yaitu beras, air, dan bungkus ketupat itu sendiri, yang terbuat dari anyaman daun kelapa muda.

Bila sudah menyiapkan ketiga bahan utama tersebut, kamu hanya perlu mengikuti satu per satu langkah membuat ketupat yang pulen dan padat berikut ini.

Bahan

  • 10 buah bungkus ketupat
  • 4 cup beras
  • Secukupnya air

Cara Membuat Ketupat Praktis dan Mudah

1. Siapkan beras dengan kadar 40 persen beras pera dan 60 persen beras pulen. Cuci hingga bersih, lalu isi ke dalam kulit ketupat dengan tetap menerapkan perbandingan 40/60 tadi. 

2. Masukkan ketupat ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Pastikan air merendam semua bagian ketupatnya ya, Ruppers. 

Baca Juga:   Resep Chicken Wing Air Fryer, Lembut dan Antiribet

ketupat

3. Kemudian, rebus hingga mendidih dengan panci  tertutup agar prosesnya lebih cepat. Masak sekitar 30 menit atau kalau menggunakan panci presto bisa hanya 15-20 menit.

4. Setelah matang, angkat dan tiriskan ketupat, lalu diamkan hingga mencapai suhu ruangan. Ketupat siap disantap bersama dengan hidangan lezat lainnya.

cara membuat ketupat pulen

Apa Perbedaan Beras Pera dan Beras Pulen?

Pada langkah pertama dalam membuat ketupat dikatakan kalau kita perlu menggunakan perbandingan 40 persen beras pera dan 60 persen beras pulen. Namun, apa perbedaan kedua jenis beras tersebut? Kita akan bahas satu per satu.

beras untuk ketupat
Sumber: unsplash.com

Beras memiliki kandungan amilosa, yang dapat menentukan tingkat pulen atau pera dari beras. Jika amilosa tinggi, maka beras akan lebih kering, yang kerap dikenal dengan beras pera.

Sedangkan amilosa rendah, akan menghasilkan beras yang lebih lunak dan lengket. Nah, jenis beras ini lebih dikenal sebagai beras pulen.

Dari segi bentuk, bulir dari beras pulen lebih pendek daripada beras pera yang panjang. Umumnya, beras pera lebih cocok untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, dan ketupat.

Baca Juga:   Resep Sayur Sop Sederhana untuk Hidangan Rumahan

Sedangkan untuk penggunaan beras pulen, biasanya akan lezat untuk sushi dan nasi kepal.

cara membuat ketupat mudah

Peralatan Masak untuk Ketupat

Untuk memasak ketupat, kamu dapat menggunakan tiga cara, yaitu dengan rice cooker, panci bertutup, dan memakai panci presto.

Jika ingin memasak dengan praktis dan cepat, kamu bisa menggunakan rice cooker, seperti yang berikut ini.

Kels 1.8 Ltr Rice Cooker Low Sugar
Kels 1.8 Ltr Rice Cooker Low Sugar

Beli di sini

Philips Rice Cooker 2 Ltr Hd3119
Philips Rice Cooker 2 Ltr Hd3119

Beli di sini

Nah, kalau ingin memakai cara yang lebih tradisional, kamu bisa menggunakan panci berukuran cukup besar, yang dilengkapi tutup. Berikut rekomendasi panci yang dapat kamu beli.

Scanpan 26 Cm Impact Panci Stock Pot
Scanpan 26 Cm Impact Panci Stock Pot

Beli di sini

Cooking Color 24 Cm Boston Panci Casserole
Cooking Color 24 Cm Boston Panci Casserole

Beli di sini

Nah, kalau ingin masak lebih cepat dan enak, kamu bisa menggunakan panci presto, seperti yang berikut ini.

Sitram Set 2 Pcs Panci Casserole & Panci Presto
Sitram Set 2 Pcs Panci Casserole & Panci Presto

Beli di sini

Fissler 26 Cm 8 Ltr Vitaquick Panci Presto
Fissler 26 Cm 8 Ltr Vitaquick Panci Presto

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai peralatan masak dan perlengkapan dapur lainnya dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Pendopo, dan lain-lain. 

Ada banyak penawaran menarik yang menunggu kamu, lho. Yuk, belanja sekarang!