Pindah Ke Rumah Baru? 12 Alat Masak Ini Wajib Punya!

0
1560
alat masak

Selain memikirkan furnitur dan tata letaknya, saat pindah ke rumah baru, kita pun harus mempersiapkan alat masak. Namun, banyaknya macam alat dapur sering membuat kita bingung mana yang harus kita miliki terlebih dahulu.

Apalagi, bila kita baru saja belajar memasak, tentu tidak semua peralatan dapur harus langsung kita beli. Kita hanya perlu membeli peralatan dapur yang lebih sering digunakan untuk masak di rumah.

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Saja Peralatan Dapur Wajib Ada di Rumah Baru?

Daripada menebak-nebak, mari kita simak berbagai alat masak yang wajib kamu miliki agar memasak lebih aman dan nyaman.

1. Penggorengan Anti Lengket

Alat masak satu ini menjadi keharusan ada di rumah. Alat yang dikenal dengan sebutan wajan ataupun kuali  memiliki berbagai ukuran yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Selain Anda menggunakannya untuk menggoreng berbagai macam lauk, kamu juga bisa menumis berbagai sayuran dengan alat ini.  Pilihlah penggorengan yang anti lengket agar lebih mudah saat masak dan membersihkannya. 

penggorengan
Sitram 22 Cm Wajan – Hitam

Beli di sini

2. Panci Berkualitas

Sama halnya dengan penggorengan, panci juga memiliki berbagai ukuran yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, kamu membeli panci dengan ukuran sedang agar bisa digunakan secara multifungsi dengan mudah, terutama untuk makanan berkuah.

panci
Fissler 24 Cm Original Profi Panci

Beli di sini

3. Spatula dengan Berbagai Model

Dikenal juga dengan sebutan sudip, spatula memiliki berbagai model dan bahan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Usahakan untuk mempertimbangkan pemilihan bahan spatula agar panci dan wajan tidak mudah rusak dan tergores karena bahan spatula.

Baca Juga:   Tips Menentukan Produk Oven Terbaik di Pasaran

Cobalah menggunakan spatula bahan kayu, nylon, ataupun silikon.

spatula
Krischef Set 5 Pcs Peralatan Masak

Beli di sini

4. Saringan untuk Meniriskan Minyak

Makanan yang terlalu berminyak tidaklah sehat untuk dikonsumsi. Untuk itu, kita perlu menggunakan saringan untuk meniriskan minyak dari makanan yang digoreng sebelum dihidangkan.

Pastikan juga kamu memisahkannya dengan ampas sisa makanan yang digoreng, sebelum dimasukkan ke dalam oil pot.

saringan minyak
Tasty Skimmer Sendok Saringan – Navy

Beli di sini

5. Tatakan Alat Makan untuk Melindungi Meja

Gunakan tatakan agar piring dan mangkuk berisi makanan panas tidak langsung bersentuhan dengan meja.  Cara ini bisa menjaga agar meja dapur  tidak mudah rusak akibat panas makanan.

tatakan masakan
Appetite 24 Cm Mangkuk Salad Dengan Tatakan – Putih

Beli di sini

tatakan masakan
Pendopo 33 Cm Riyanti Tatakan Piring Rotan Shell

Beli di sini

6. Pot Holder Untuk Tangan Lebih Aman

Kamu bisa menggunakan pot holder untuk mengangkat alat masak yang masih panas, seperti gagang panci atau penggorengan, termasuk loyang kue. Jadinya, kamu pun bisa lebih nikmati momen memasak yang menyenangkan.

alat masak
sumber: unsplash.com
pot holder alat masak
Set 2 Pcs Sarung Tangan Oven & Pot Holder Canvas – Pink

Beli di sini

pot holder
Informa Set 2 Pcs Sarung Tangan Oven & Pot Holder Motif

Beli di sini

7. Talenan yang Beragam

Pastikan kamu menggunakan talenan yang berbeda untuk memotong berbagai bahan makanan.  Pisahkan talenan daging dengan talenan buah agar bau tidak sedap dari daging tidak menempel pada buah, begitu juga dengan jenis makanan lainnya. 

alat masak
Joseph-joseph Set Talenan & Pisau Dapur

Beli di sini

8. Pisau Dapur Berbagai Ukuran

Sama halnya dengan talenan, pisau dapur juga memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan fungsinya.  Misalnya, pisau  khusus untuk memotong daging yang lebih tajam daripada pisau untuk memotong roti.

Jadi, pastikan menggunakan pisau yang tepat, ya.

Baca Juga:   Jarang Diketahui, Ini Beda Blender dan Food Processor
pisau dapur
Krischef Set 7 Pcs Pisau Dapur – Hitam

Beli di sini

9. Pengasah Pisau

Bila pisau sudah mulai muntul, tentunya kita membutuhkan lebih banyak tenaga untuk memotong makanan tersebut. Kadang kala, bentuk makanan juga menjadi rusak karena pisau yang muntul.  Untuk itu, gunakan pengasah buat menjaga kualitas pisau saat memotong.

Kamu juga bisa membaca cara mengasah pisau yang baik dan benar di sini. 

pengasah pisau
Joseph-joseph Rota Pengasah Pisau

Beli di sini

10. Gunting Dapur

Kadang kala kita perlu membuka berbagai bungkus makanan di dapur. Untuk itu, pastikan kita memiliki  gunting serbaguna di dapur.   Selain gunting serbaguna, kamu  juga bisa membeli gunting jenis lainnya, seperti gunting khusus untuk makanan.  

gunting dapur
Krischef Set 3 Pcs Gunting Dapur – Hijau

Beli di sini

gunting dapur
Cooking Color Prun Gunting Dapur

Beli di sini

11. Penjepit Makanan

Gunakan penjepit makanan untuk mengambil masakan yang masih panas. Kamu juga bisa menggunaka alat satu ini untuk membolak-balik masakan dengan lebih mudah.

Pastikan memilih penjepit yang menggunakan pelindung pada bagian ujung capitan agar panci, wajan, dan alat masak lainnya, tidak mudah tergores. 

penjepit makanan
Ataru 22.8 Cm Penjepit Makanan Silikon – Biru

Beli di sini

12. Wadah Minyak

Setiap kali menggoreng makanan, kitabisa menyimpan minyak tersebut sebanyak 1-2 kali pakai.  Nah, agar tidak berantakan, gunakan oil pot yang sudah memiliki penyaring sekaligus penutupnya.

Namun, pastikan kamu menutup minyak bekas pakai agar tidak ada kotoran masuk. 

oil pot
Krischef 1.1 Ltr Wadah Minyak – Hijau

Beli di sini

oil pot
Krischef 500 Ml Wadah Minyak – Silver

Beli di sini

Nah,jadi sudah tahu alat masak apa saja yang Anda butuhkan? Semua alat dapur di atas bisa kamu peroleh hanya di ruparupa.com.

Dapatkan produk dapur berkualitas lainnya Dengan Promo Menarik KLIK DI SINI

Situs belanja online ini juga menjual alat rumah tangga dan perkakas elektronik berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.