Resep Kue Lidah Kucing, Renyah dan Gampang Banget

0
789
kue lidah kucing
Sumber: marthastewart.com

Setiap hari raya, pasti akan ada beberapa jenis kue yang disajikan. Kalau di rumah kamu, biasanya menyajikan kue apa saja, Ruppers? Apakah selain kue nastar, kue lidah kucing juga salah satunya? 

Bila ya, bukan berarti kue satu ini benar-benar terbuat dari lidah kucing asli ya, Ruppers. Sama seperti kue kering pada umumnya, kue ini terbuat dari tepung terigu juga, kok

Ruparupa Banner

Kue lidah kucing  seringkali menjadi pilihan favorit dalam berbagai hari raya, termasuk saat hari raya Idul Fitri, karena cara membuatnya ternyata cukup mudah.

Apalagi, jika memiliki sisa putih telur dari pembuatan jenis kue lainnya, kamu bisa memakainya untuk membuat lidah kucing ini, lho.

Karena rasanya yang nikmat, kamu juga bisa membuatnya untuk camilan sehari-hari dan saat buka puasa nanti, lho. Tentunya, kue kering ini semakin nikmat ketika disantap dengan teh dan kopi hangat.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuatnya? Yuk, langsung saja ikuti resep kue lidah kucing berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 100 ml putih telur
  • 100 gram margarin
  • 85 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 140 gram tepung terigu protein rendah (diayak)
  • 10 gram maizena
  • 1 sdm susu bubuk
Baca Juga:   Wajib Tahu 11 Jenis Cheesecake Ini Agar Tidak Keliru
resep kue lidah kucing
Sumber: bakingbites.com

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

Setelah semua bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya. 

1. Kocok putih telur sampai mengembang kaku, lalu sisihkan ke dalam wadah.

2. Aduk margarin, mentega, dan gula halus dengan mixer sampai berwarna putih pucat, serta mengembang.

3. Masukkan tepung terigu yang sudah kamu ayak secara perlahan ke dalam wadah campuran mentega dan gula. Lalu, kamu perlu mengaduknya sampai rata.

4. Lalu, tambahkan kocokan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Kemudian, aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata. 

5. Masukkan semua adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga dan gunting ujungnya. Usahakan untuk tidak menggunting terlalu besar agar adonan tidak berantakan. 

6. Cetak di atas loyang lidah kucing. Jika tidak ada, kamu dapat menggunakan loyang biasa dan mencetaknya dengan spuit. Kamu juga bisa mencetaknya menggunakan sendok, tapi dikhawatirkan bentuknya akan berantakan. 

7. Setelah semua adonan sudah tercetak, panggang kue pada suhu 150°C sekitar 25 menit atau sesuai dengan ketentuan oven kamu masing-masing.

8. Kue lidah kucing sudah matang dan siap disusun ke dalam stoples.

Gampang ‘kan membuat resep kue kering satu ini? Yuk, bikin sekarang juga biar bisa menjadi camilan yang menemani hari-hari kamu.

Baca Juga:   Lakukan 7 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Kreasi Kue Lidah Kucing

Agar tidak ribet, banyak orang akan membuat kue lidah kucing dengan polos. Padahal, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera, lho. 

Jika kamu suka cokelat, kamu bisa mencelupkan kue ini ke dalam lelehan dark chocolate compound (DCC) dan membiarkannya mengeras. Kamu juga bisa menambahkan sprinkles atau meses sebagai topping. 

Sedangkan buat beberapa orang yang suka hal antimainstream, mereka akan menambahkan chocolate paste ke dalam adonan kue agar warnanya berubah menjadi cokelat. Kamu pun bisa mencobanya, lho.

Selain resep dan kreasi yang menarik, pastikan juga kamu memakai alat bikin kue yang berkualits, seperti beberapa rekomendasi alat baking berikut ini. 

Kels 35 Ltr Dayton Oven
Kels 35 Ltr Dayton Oven beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Kels Stand Mixer Hayden
Kels Stand Mixer Hayden beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Chef Craft Set 3 Pcs Spatula
Chef Craft Set 3 Pcs Spatula beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Wiltshire Set 3 Pcs Piping Bag Profesional
Wiltshire Set 3 Pcs Piping Bag beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Nah, kamu dapat menemukan semua peralatan dapur yang lengkap hanya di Ruparupa.com, lho.

Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dengan kualitas terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Yuk, bikin kreasi kue kering favorit kamu di rumah.