resep lidah kucing

5 Resep Kue Lidah Kucing Renyah, Enak, dan Anti Gagal

Setiap hari raya pasti akan ada beberapa jenis kue yang disajikan. Kalau di rumah kamu, biasanya menyajikan kue apa saja? Apakah selain kue nastar, kue lidah kucing juga pasti salah satunya, bukan? Bila ya, bukan berarti kue satu ini benar-benar terbuat dari lidah kucing asli, ya. Sama seperti kue kering pada umumnya, kue ini terbuat dari tepung terigu juga, kok.


Kue lidah kucing sering kali menjadi pilihan favorit dalam berbagai hari raya, termasuk saat lebaran. Cara membuatnya pun ternyata cukup mudah. Apalagi, jika memiliki sisa putih telur dari pembuatan jenis kue lainnya, kamu bisa memakainya untuk membuat lidah kucing ini, lho!


Karena rasanya yang nikmat, kamu juga bisa membuatnya untuk camilan sehari-hari dan saat buka puasa nanti. Tentunya, kue kering ini semakin nikmat ketika disantap dengan teh dan kopi hangat. Gak heran kalau kue lidah kucing semakin banyak varian rasa dan toppingnya.

Yuk, simak 5 resep kue lidah kucing yang pastinya enak dan mudah.

1. Resep Kue Lidah Kucing Original


Kreasi lidah kucing klasik yang satu ini sudah menjadi favorit banyak karena teksturnya yang renyah. Kue ini cocok untuk dinikmati saat berkumpul bersama keluarga atau bersantai di rumah.

lidah kucing

Bahan-Bahan:

- 100 ml putih telur
- 100 gram margarin
- 85 gram mentega
- 100 gram gula halus
- 140 gram tepung terigu protein rendah (diayak)
- 10 gram maizena
- 1 sdm susu bubuk


Cara membuat kue lidah kucing original:

1. Kocok putih telur sampai mengembang kaku, lalu sisihkan ke dalam wadah. Biar lebih cepat dan mudah kamu dapat menggunakan mixer, seperti rekomendasi berikut ini.

2. Aduk margarin, mentega, dan gula halus dengan mixer sampai berwarna putih pucat, serta mengembang.
3. Masukkan tepung terigu yang sudah kamu ayak secara perlahan ke dalam wadah campuran mentega dan gula. Lalu, kamu perlu mengaduknya sampai rata.
4. Lalu, tambahkan kocokan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Kemudian, aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata.
5. Masukkan semua adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga dan gunting ujungnya. Usahakan untuk tidak menggunting terlalu besar agar adonan tidak berantakan.
6. Cetak di atas loyang lidah kucing. Jika tidak ada, kamu dapat menggunakan loyang biasa dan mencetaknya dengan spuit.

7. Setelah semua adonan sudah tercetak, panggang kue di dalam oven pada suhu 150°C sekitar 25 menit
8. Kue lidah kucing sudah matang dan siap disusun ke dalam stoples. Pastikan kamu menggunakan wadah kedap udara agar kue tetap renyah, seperti rekomendasi berikut.

2. Resep Lidah Kucing Rainbow

Buat momen hari raya jadi lebih menyenangkan dengan kue lidah kucing rainbow.  Kreasi satu ini gak boleh ketinggalan, terutama jika kamu memiliki kerabat yang masih kecil. Soalnya, warna-warni kue ini akan membuatnya terlihat lebih menarik.


Bahan-Bahan:

- 100 gram butter
- 150 gram margarin
- 125 gram gula halus
- 100 gram putih telur
- 200 gram tepung terigu protein rendah
- 50 gram maizena
- 2 sdm susu bubuk
- Pewarna makanan secukupnya (ungu, pink, biru, hijau, kuning dan orange)


Cara membuat lidah kucing rainbow:

1. Pertama-tama, kocok margarin, gula halus menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sekitar 5 menit hingga lembut.
2. Setelah itu masukan putih telur dan kocok lagi dengan kecepatan tinggi kurang lebih selama 5 menit.
3. Kemudian, tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan maizena. Lalu, kocok kembali dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
4. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Masing-masing sekitar 110 gram dan beri pewarna makanan secukupnya. Biar lebih mudah, kamu dapat menggunakan timbangan digital, seperti rekomendasi dibawah ini

5. Olesi loyang dengan margarin dan masukan adonan ke dalam piping bag. Lalu, cetak adonan tersebut di atas loyang.
6. Panaskan oven sampai suhu mencapai 140°C-150°C. Setelah panas, masukan adonan tersebut ke dalam oven selama 25 menit.
7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan angkat dari loyang. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat mengeluarkan kue dari oven, ya!

sarung tangan
alat-dapur-banner-sisip-desktop

3. Lidah Kucing Keju

Kue lidah kucing dengan tambahan keju parut di dalam akan memberikan perpaduan rasa manis dan gurih yang menggugah selera. Apalagi, ditambah dengan teksturnya yang renyah, tentu bisa membuat ketagihan.


Bahan-Bahan:

- 250 gram mentega
- 75 ml putih telur
- 140 ml gula halus
- 150 gram keju cheddar parut
- 225 gram tepung terigu protein rendah
- 60 gram maizena
- 50 gr keju parut untuk taburan


Cara membuat kue lidah kucing keju:

1. Masukan gula halus dan mentega ke dalam mangkuk dan kocok hingga mengembang menggunakan whisk.

whisk

2. Lalu, masukkan putih telur secara perlahan, kocok hingga rata. Kemudian, kocok lagi selama kurang lebih 1 menit.
3. Selanjutnya, tambahkan keju yang telah diparut dan aduk kembali. Kamu dapat menggunakan parutan yang halus.

4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, kemudian semprotkan adonan ke loyang lidah kucing yang telah diolesi margarin. Nah, kamu dapat menggunakan kuas silikon supaya loyang dapat diolesi margarin dengan sempurna.

5. Taburi keju parut pada bagian atas kue. Terakhir, panggang kue dengan oven suhu 150°C di dalam oven selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah matang angkat dan dinginkan.

4. Resep Kue Lidah Kucing Green Tea

Siapa sangka green tea khas Jepang bisa dipadukan dengan sempurna dalam kue lidah kucing? Resep yang satu ini tidak hanya memberikan aroma green tea yang khas, tetapi juga memberikan rasa yang lezat dan memanjakan lidah, lho.


Bahan-Bahan:

- 150 gram gula halus
- 2 butir putih telur
- 125 gram margarin
- 125 gram mentega
- 200 gram tepung terigu
- 50 gram tepung maizena
- 1 sdt vanili cair
- 1/2 sdt green tea essence
- 1 1/2 sdt bubuk green tea


Cara membuat kue lidah kucing green tea:

1. Siapkan mangkuk berukuran sedang. Lalu, masukan mentega dan gula halus. Kocok hingga mengembang, kemudian masukkan vanili cair dan aduk lagi sampai merata.
2. Setelah itu, tambahkan putih telur dan aduk lagi sampai seluruh adonan tercampur merata.
3. Selanjutnya, ayak tepung terigu dengan maizena. Masukkan tepung ke dalam adonan dan aduk dengan mixer kecepatan rendah hingga adonan menjadi lembut.
Berikut rekomendasi ayakan tepung yang dapat kamu gunakan.

4. Tambahkan bubuk green tea dan green tea essence, lalu aduk kembali.
5. Masukkan adonan ke plastik segitiga dan cetak di atas loyang. Bila sudah, panggang di dalam oven 150 derajat selama 15 menit.
6. Terakhir, hidangkan kue lidah kucing keju ke dalam stoples yang menarik untuk memberikan sentuhan lebih istimewa, seperti rekomendasi berikut.

5. Resep Kue Lidah Kucing Kopi

Kue lidah kucing kopi memberikan sentuhan rasa yang berbeda. Aroma kopi yang kuat dikombinasikan dengan cita rasa lidah kucing yang khas membuat kue ini jadi terasa nikmat.


Bahan-Bahan:

- 100 gram putih telur
- 75 gram butter
- 150 gram margarine
- 2 sachet white coffee tambahkan gula halus sampai 150 gram
- Gula halus 130 gram
- 200 gram tepung terigu protein rendah
- 65 gram maizena
- Pasta mocca secukupnya
- Garam secukupnya


Cara membuat lidah kucing kopi:

1. Campurkan butter, margarine, garam, white coffee, dan gula halus. Kemudian, kocok menggunakan mixer sampai adonan putih mengembang.

mixer

2. Tambahkan putih telur dan kocok kembali selama 10 menit. Selanjutnya, masukan tepung terigu, maizena dan pasta mocca. Lalu, aduk lagi menggunakan mixer.
3. Semprot adonan dengan spuit ke loyang lidah kucing. Kamu juga bisa mencetaknya menggunakan sendok. Caranya dengan ambil sedikit adonan memakai sendok dan letakkan di dalam cetakan. Lalu, ratakan adonan dengan spatula.

5. Langkah terakhir, panggang di dalam oven dengan suhu 140 derajat selama kurang lebih 30 menit.
Nah, itu dia beberapa ide kreasi kue lidah kucing yang renyah, enak, dan pastinya sangat mudah dibuat. Selamat mencoba dan menikmati kreasi kue lidah kucing kamu.