Sofa kulit memang memberikan sentuhan elegan pada dekorasi rumah Anda, terlebih jika diletakkan di ruang tamu. Tentunya Anda juga akan mengamini kenyamanan sofa yang terbuat dari material kulit ini. Selain nyaman, sofa kulit yang harganya cukup menguras kantong ini juga lebih kuat dan tahan lama dibandingkan sofa dengan material lain. Daya tahan sofa kulit ini tentunya harus ditunjang dengan perawatan yang tepat.

Bagaimana melakukan perawatan sofa kulit yang tepat?

Perawatan sofa kulit ini tidak bisa sembarangan, membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, karena cara membersihkan sofa yang tidak tepat dapat merusak sofa mahal Anda dalam waktu singkat. Penggunaan deterjen dan pembersih dengan bahan dasar amonia juga harus dihindari. Untuk itu gunakan cairan pembersih dan pelembab khusus untuk material kulit.

Berikut 5 pilihan cairan pembersih bahan kulit:

1. Smartwash Pembersih dan Conditioner Material Kulit

cara membersihkan sofa kulit
Smartwash Pembersih dan Conditioner Material Kulit

Cairan pembersih dan kondisioner ini terbuat dari formula khusus yang mampu membersihkan, melembabkan, mengembalikan aroma alami material kulit, serta dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UV.

2. Luxury Leather

Cara merawat sofa kulit
Luxury Leather

Cairan pelindung material kulit premium dari USA ini berfungsi untuk membersihkan, melembabkan dan melindungi permukaan sofa kulit. Didesain dengan PH seimbang untuk menjaga ketahanan material kulit.

3. Zymol Detail Cleaner

Cara merawat sofa kulit
Zymol Detail Cleaner

Detail cleaner dari Zymol ini merupakan pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk material kulit, akrilik dan lainnya. Mampu membersihkan bekas goresan ringan serta bekas air.

4. Astonish Cairan Pembersih Sofa Kulit

cara membersihkan sofa kulit
Astonish Cairan Pembersih Sofa Kulit

Cairan pembersih sofa kulit dari Astonish ini terbuat dari formula unik yang mampu membersihkan, melindungi dan mengembalikan warna serta aroma alami kulit.

5. Cololite Leather Lotion

Cara merawat sofa kulit
Cololite Leather Lotion

Dengan kandungan zat anti-fungus dan mink fat Leather Lotion dari Cololite ini mampu membersihkan, mencegah keretakan dan mencegah timbulnya jamur.

Kelima cairan pembersih bahan kulit diatas dapat digunakan untuk sofa, tas, jaket, dan barang lain yang terbuat dari material kulit. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menambahkan kondisioner atau pelembab jika cairan pembersih yang Anda pilih belum disertai dengan pelembab atau kondisioner.

Meskipun beberapa cairan pembersih dapat digunakan untuk jok mobil, namun ada baiknya jika Anda menggunakan cairan pembersih dan perawatan sofa khusus untuk jok mobil. Karena jok mobil kerap terpapar sinar matahari langsung, sehingga membutuhkan tambahan perlindungan UV untuk menjaga tekstur, warna dan kelenturan kulit jok dan interior mobil.

Untuk cara membersihkan sofa kulit, dapat Anda baca disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here