4 Cara Membersihkan Sofa Kulit Agar Terlihat Baru

1
16350
cara membersihkan sofa kulit

Sofa kulit yang kotor memang bisa membuat tampilan ruang keluarga dan ruang tamu tampak kusam. Untuk itulah, kita perlu merawatnya dengan baik. Apalagi, cara membersihkan sofa kulit berbeda dari bahan sofa lainnya.

Sofa kulit termasuk furnitur yang membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitas dan kebersihannya. Bila tidak, material kulit yang digunakan akan lebih cepat rusak dan usang.

Ruparupa Banner

Tentunya, kamu pasti tidak mau sofa kulit jadi rusak, bukan? Apalagi, harga sofa satu ini cukup mahal dan bisa memberikan kesan elegan di dalam ruangan dengan mudah.

Bagaimana Cara Membersihkan Sofa Kulit dengan Tepat?

Cara membersihkan sofa kulit yang tidak tepat dapat merusak sofa mahal dalam waktu singkat. Nah, agar tidak salah dalam merawatnya, simak beberapa langkah dalam membersihkan sofa kulit berikut ini.

1. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner dengan ujung sikat lembut untuk menghisap kotoran dan debu pada permukaan sofa hingga ke bagian-bagian dalam.

Pastikan semua permukaan sofa telah bersih dan tidak ada bagian yang terlewatkan sebelum melakukan langkah berikutnya. Gunakan pipa dengan ujung mungil untuk menjangkau bagian dalam dan lipatan sofa.

Baca Juga:   3 Posisi Kursi Pijat Terbaik di Rumah Agar Nyaman

Kamu bisa melakukan pembersihan secara halus dan berhati-hati agar tidak menggores permukaan kulit. Berikut rekomendasi alat penyedot debu yang bisa kamu gunakan.

vacuum cleaner handle
Maximus Penghisap Debu Basah Dan Kering Cyclone Li Ion 10.8v. Penyedot debu kering dan basah dengan desain handy sehingga praktis dipakai.

Beli di sini

vacuum cleaner cordless
Krisbow Penghisap Debu Cordless 2 In 1 10.8 V
Penyedot debu nirkabel dengan daya hisap tinggi untuk laci meja, sofa, dan mobil.

Beli di sini

 

2. Bersihkan sofa dengan kain lembut

Gunakan kain lembut yang lembab (bukan basah) untuk membersihkan debu yang menempel. Berikan sedikit tekanan saat mengelap permukaan sofa, lalu biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

Hindari mengeringkan sofa kulit menggunakan hair dryer atau dijemur di bawah matahari. Hair dryer dan sinar matahari langsung dapat menghilangkan kelembaban material kulit dan menjadikan permukaan pecah-pecah.

Berikut rekomendasi kain lembut yang bisa kamu gunakan.

cara membersihkan sofa kulit
Proclean Kain Lap Microfiber 40×60 Cm – Biru

Beli di sini

cara membersihkan sofa kulit
Proclean Kain Lap Microfiber – Pink Abu-abu

Beli di sini

 

3. Gunakan pembersih khusus material kulit

Untuk membersihkan kotoran atau noda pada sofa dengan material kulit, kamumemerlukan pembersih khusus material kulit. Ada banyak merk pembersih untuk material kulit yang tersedia di pasaran, ada yang berbentuk cair, gel maupun lotion.

Lalu, aplikasikan lotion pembersih menggunakan spons atau kain lap yang lembut dengan gerakan memutar. Setelah itu, angkat kotoran menggunakan kain bersih. Hindari penggunaan kain lap berwarna untuk menghindari transfer warna dari kain ke sofa.

4. Tambahkan pelembab

Meskipun beberapa produk pembersih material kulit telah dilengkapi dengan pelembab atau conditioner, kamu bisa tetap menambahkan pelembab pada seluruh permukaan sofa kulit secara merata. Gunakan kain lembut untuk mengaplikasikan pelembab ini.

Pelembab atau conditioner berfungsi untuk mengembalikan dan menjaga kelembaban material kulit agar tidak pecah-pecah dan mengering. Selain itu, pelembab ini juga bisa mengembalikan aroma alami bahan kulit.

cara membersihkan sofa kulit
Soft99 Leather Fine 100 Ml

Beli di sini

Smartwax Smartleather 473 Ml

Beli di sini

Cara membersihkan sofa kulit ini dapat juga diaplikasikan pada tas, sepatu, serta jaket yang terbuat dari material kulit asli maupun imitasi. Namum, hindari melakukan tahapan pembersihan ini pada sofa berbahan suade

Untuk material suede, penggunaan kain lembab akan membuatnya jadi mudah rusak. Selain itu, kita juga perlu menggunakan cairan pembersih khusus material suede. Dengan perawatan dan produk yang tepat, sofa, tas, jaket, serta sepatu kulit busa tahan lama.

Setelah semua sofa bersih, kamu bisa melakukan penataan ulang dan penambahan beberapa furnitur agar tampilannya tampak baru dan lebih fresh.

Kamu bisa menemukan berbagai FURNITURE kekinian dengan harga terjangkau
kLIK DI SINI

Situs belanja ruparupa.com juga menyediakan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi

1 KOMENTAR