Your Travel Essentials

0
233
Rencana Libur Lebaran: Your Travel Essentials

Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 25 dan 26 Juni 2017, dan pemerintah telah menetapkan cuti bersama libur Lebaran di tanggal 27 – 30 Juni 2017. Ditambah dengan hari Sabtu dan Minggu, maka total libur Lebaran tahun ini selama 9 hari. Wow, sangat panjang ya! Apakah Anda sudah siap dengan rencana libur Lebaran tahun ini?

Tidak peduli apakah ini perjalanan pertama Anda, ataupun perjalanan kesekian kali. Tapi Anda akan melakukan persiapan dan packing barang bawaan sebelum memulai perjalanan. Akan sangat memudahkan jika Anda membuat daftar barang bawaan, agar tidak ada yang tertinggal dan nyaman selama perjalanan.

Apa saja yang dibutuhkan selama perjalanan?

1. Koper

travel bag Ada banyak pilihan model, ukuran dan jenis koper. Pilih koper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemana tujuan Anda, berapa lama perjalanan, serta berapa banyak barang yang perlu dibawa. Ada 2 tipe traveler, koper dan ransel. Termasuk bagian manakah Anda? Jika Anda berencana untuk berlibur ala koper, dengan tujuan perkotaan dengan jalanan dan transportasi yang baik, maka koper beroda bisa jadi pilihan.

Lain halnya jika Anda berniat untuk berlibur ala backpacker, memang tak salah lagi tas ransel adalah pilihan tepat, akan memudahkan Anda saat berpindah tempat, mengejar bus dan angkutan umum lainnya, serta tetap nyaman jika harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

2. Pakaian

Pilih pakaian yang ringan dan nyaman digunakan berlapis. Sesuaikan banyaknya pakaian dengan waktu kunjungan Anda, serta acara yang kemungkinan Anda datangi. Jika Anda berniat mengunjungi sebuah acara yang lebih formal misalnya, atau berniat menikmati makan malam romantis, pilih pakaian yang dapat di mix and match. Jangan lupa untuk membawa jaket. Beberapa perlengkapan lain seperti pakaian dalam, kaos kaki, celana pendek, jas hujan, topi, syal, serta pakaian renang jika dibutuhkan.

3. Alat mandi

organizer alat mandiSiapkan peralatan mandi sesuai dengan kebutuhan, pindahkan peralatan mandi Anda seperti sabun, shampoo, sabun cuci muka, pasta gigi, dll, ke dalam kemasan yang lebih kecil. Jangan lupa untuk membawa pelembab, moisturizer, sun block, deodorant, dan krim lain yang dibutuhkan. Satukan peralatan mandi tersebut dalam sebuah wadah anti air, untuk menghindari kemungkinan tumpah dan mengotori seisi tas.  Anda juga bisa menyatukan peralatan mandi dengan alat make up.

4. Handuk

Pilih handuk yang memang didesain khusus untuk travelling. Handuk ini memiliki daya serap tinggi namun dengan ukuran mungil dan berat yang ringan. Handuk ini akan sangat membantu meringankan bawaan Anda, karena handuk pada umumnya berukuran besar dan tebal. Anda juga bisa melengkapi diri dengan tisu basah, untuk membantu menyegarkan wajah selama perjalanan.

5. Obat-obatan

Jangan menyepelekan obat-obatan. Terlebih jika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri, bawalah obat-obatan yang biasa Anda konsumsi saat demam, pusing, diare, flu, dan penyakit ringan lainnya. Selain itu tambahkan obat penghilang rasa sakit, tetes mata, vitamin, anti alergi, plester dan obat luka juga ya. Jangan lupa bawa obat-obatan khusus jika ada penyakit khusus yang Anda miliki seperti asma atau lainnya.

travel converter6. Peralatan lainnya

Saat travelling, tentunya Anda tidak ingin melewatkan berbagai tempat dengan pemandangan menarik. Lengkapi diri Anda dengan kamera dan memory card yang cukup. Jangan lupa untuk mempersiapkan sim card yang dapat digunakan di tempat tujuan jika Anda berkunjung ke luar negeri. Setelah berbagai perlengkapan tersebut, jangan lupa untuk membawa charger dan electrical converters.

7. Dokumen lain dalam tas kecil

dompet anti pencurian data rfidSetelah semua barang tersebut, lengkapi perjalanan Anda dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari kartu tanda pengenal, tiket, uang tunai dan kartu kredit. Simpan semua dokumen penting tersebut dalam tempat yang aman. Gunakan dompet anti-RFID untuk menjaga kartu kredit Anda dari bahaya pencurian data yang marak terjadi di luar negeri. Anda bisa menggunakan tas kecil yang selalu Anda bawa kemanapun Anda pergi.

Setelah semua siap, jangan lupa untuk mengunci koper dan tas Anda dengan kunci koper berkualitas. Dan untuk menghindari tangan-tangan jahil, Anda juga bisa menggunakan sarung koper agar keamanan lebih maksimal. Ayo lengkapi barang-barang kebutuhan traveling Anda bersama Ruparupa.com!