Sambut Tahun Baru dengan 7 Inspirasi Desain Interior Kantor Kecil 2023!

0
3774
interior kantor kecil

Memasuki tahun 2023, ada banyak sekali tren desain interior unik dan menarik. Mulai dari ruang tamu, desain kamar mandi aesthetic, dapur, kamar tidur, dan lainnya masing-masing memiliki tren masing-masing. Salah satu ruangan yang akan menjadi pembahasan dalam ulasan ini adalah kantor kecil.

Kira-kira, seperti apa ya desain kantor yang sedang naik daun? Ikut ruparupa dan Pinhome dalam perjalanan kali ini mengulas berbagai macam tren desain interior kantor kecil. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Ruparupa Banner

Rekomendasi Desain Interior Kantor Kecil 2023

Berbicara tentang kantor kecil, tentu akan sangat jarang ditemui di rumah-rumah dengan ukuran yang minimalis. Hal ini dikarenakan kurangnya ruang yang memadai untuk dijadikan sebagai kantor.

Biasanya, tipe rumah yang lebih kecil akan menggunakan meja belajar atau salah satu sudut di kamar untuk dijadikan sebagai workspace atau tempat kerja.

Namun, jika kamu memiliki ruang untuk dijadikan kantor, intip beberapa referensi desain interior kantor kecil yang lagi ngetren berikut ini.

1. Putih dan Hitam yang Minimalis

Interior kantor kecil putih hitam minimalis
Sumber: Shutterstock

Desain putih dan hitam selalu menjadi pilihan andalan, apalagi teruntuk kamu yang menyukai kesan ruangan minimalis, luas, bersih, dan modern.

Selain itu, mendesain ruangan dengan tema monokrom pun tidak rumit karena kamu bisa menciptakan banyak sekali kombinasi desain ruangan.

Agar tidak terkesan monoton, kamu bisa menggunakan perabot dengan warna-warna earth tones seperti cokelat muda atau material kayu untuk menciptakan kesan natural.

Tapi jika kamu ingin membawa ke arah yang modern, kamu bisa menggunakan meja kerja dengan kaki besi berwarna hitam.

Kamu juga bisa menambahkan lemari atau laci di sebelah meja agar lebih mudah untuk menyimpan dokumen atau barang-barang penting dengan warna yang senada.

2. Sentuhan Natural dengan Kayu dan Tanaman

Interior kantor kecil kayu dan tanaman
Sumber: Shutterstock

Masih di desain kantor minimalis, teruntuk kamu yang tidak terlalu suka dekorasi namun masih ingin ada sentuhan estetika di ruang kerja, kamu bisa menggunakan dekorasi dengan material kayu dan warna-warna yang halus seperti putih dan pastel.

Baca Juga:   5 Tips Mudah Menata Meja Kerja Agar Lebih Rapi

Kamu juga bisa menambahkan hiasan berupa tanaman dalam pot untuk memberikan sedikit sentuhan segar dalam ruangan.

Jika ingin, kamu juga dapat menambahkan karpet di ruangan kantor kecil ini sehingga tampak lebih elegan, nyaman, dan indah.

3. Ruang Kerja yang Menghadap Jendela

Interior kantor kecil menghadap jendela
Sumber: Shutterstock

Tidak selalu harus menggunakan tempat yang besar, kamu juga bisa tetap membuat ruang kerja sendiri yang nyaman dan privat. Saat ini, banyak sekali desain ruang kerja yang berada di dekat ruang keluarga dan menghadap ke jendela.

Berada dekat dengan ruang keluarga membuat kamu tidak harus banyak menghabiskan uang untuk dekorasi ruangan. Kamu bisa menggunakan meja dari material kayu atau besi yang sederhana dan dipadukan dengan kursi warna senada yang nyaman.

Kamu juga bisa mendapatkan sumber cahaya alami dengan menghadap jendela. Agar tidak terlalu panas, jangan lupa untuk gunakan gorden atau tirai penutup, ya!

4. Lebih Keren dan Bergaya dengan Tema Industrial

Interior kantor kecil industrial yang unik
Sumber: Shutterstock

Salah satu desain yang selalu ramai peminatnya adalah desain industrial. Bagaimana tidak? Komposisi ruang, penggunaan material, serta konsep desainnya yang sederhana, minimalis, dan unik selalu sukses untuk membuat ruangan menjadi lebih keren dan bergaya.

Kamu juga bisa menerapkan desain ini di interior kantor kecil dengan menggunakan material dan perabot dari bahan besi dan kayu.

Biasanya, untuk menciptakan kesan industrial, kamu juga bisa menambahkan dekorasi yang unik seperti lampu meja atau bahkan kursi dengan bentuk yang tidak biasa.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba desain yang satu ini?

5. Desain Kantor dengan Dinding Panel Kayu

Interior kantor kecil panel kayu
Sumber: Shutterstock

Agar lebih memberikan kesan yang terpusat atau menjadi center of attention, penggunaan panel kayu di salah satu sisi ruangan kantor juga bisa kamu gunakan. Pada bagian dinding ini bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan dekorasi dan perabot keperluan kantor.

Kamu bisa menggunakan material dari bahan kayu atau warna-warna polos seperti putih yang sangat cocok untuk dipadukan dan bisa menciptakan kontras dalam ruang. Hal ini dilakukan agar ruangan tidak tampak polos.

Baca Juga:   6 Tips Memilih Meja Kantor Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

6. Ruang Kerja dengan Lemari Buku dan Kabinet

Interior kantor kecil lemari buku kabinet
Sumber: Shutterstock

Jika kamu memiliki ruangan lebih, mungkin bisa dimanfaatkan untuk membuat desain interior kantor kecil seperti ini. Pada desain ini, area kantor dikelilingi oleh rak buku dan kabinet yang sekaligus bisa berperan sebagai meja kerja.

Biasanya, kamu juga bisa membuat semacam perpustakaan kecil dengan meletakkan koleksi buku pada rak yang sudah tersedia. Desain ini membuat pekerjaan menjadi lebih praktis dan efisien karena kamu tinggal mengambil materi atau benda yang dibutuhkan tanpa harus berjalan jauh dari area kerja.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba desain ini?

7. Abu-abu yang Elegan dan Modern

Interior kantor kecil abu-abu
Sumber: Shutterstock

Desain interior kantor kecil lainnya yang bisa kamu jadikan referensi adalah dominasi warna abu-abu yang dominan dengan sentuhan elemen kayu yang kontras namun tetap harmonis. Penggunaan warna abu-abu ini bisa membuat tampilan kantor tampak lebih modern dan elegan namun tidak terlalu gelap sehingga bisa membuat suasana kantor menjadi kelam.

Penggunaan elemen kayu baik pada perabot dan lantai bisa memberikan sentuhan alami, apalagi jika ditambah dengan ornamen seperti tumbuhan dalam pot.

Agar terkesan lebih ramai, kamu juga bisa memberikan pajangan berupa pigura, foto, atau lukisan seni pada bagian atas dinding. Hal ini juga bisa menonjolkan estetika ruang yang ingin kamu rasakan nantinya.

Itulah beberapa rekomendasi desain interior kantor kecil yang akhir-akhir ini sedang naik daun dan bisa kamu jadikan referensi, apalagi jika kamu sedang ingin mendesain ruang kerja di rumah. Semoga membantu, ya!

Milki hunian idaman di Pinhome dengan Promo GELEGAR! Kamu bisa mendapatkan promo DP 0%, bunga KPR rendah mulai dari 2%, bebas biaya admin hingga Rp50 juta, dan garansi anti bocor selama setahun! Selain itu, calon buyer juga bisa memenangkan hadiah langsung berupa emas. Jangan sampai ketinggalan! Cek selengkapnya di sini.

promo gelegar