7 Rekomendasi Desain Kamar Apartemen Bergaya Japandi

0
593
desain kamar apartemen

Tidak hanya rumah, apartemen seringkali menjadi pilihan sebagai tempat hunian, terutama untuk pasangan muda atau generasi milenial. Selain desain kamar yang lebih kecil dan mudah dibersihkan, apartemen juga menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung yang lengkap.

Tentu sebagai tempat tinggal, hendaknya apartemen didesain sedemikian rupa agar penghuni bisa tinggal dengan rasa nyaman. Salah satu konsep yang sering dipilih adalah desain kamar apartemen bergaya japandi.

Ruparupa Banner

Apa itu sebenarnya gaya japandi dan bagaimana contoh desain kamar apartemen japandi? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Kenalan dengan Desain Japandi

Desain japandi merupakan konsep desain yang cukup unik. Sebelum melihat beberapa rekomendasi desain kamar apartemen japandi, ada baiknya untuk mengenal sedikit mengenai desain yang satu ini.

Perpaduan Dua Budaya

Japandi sebenarnya merupakan perpaduan antara dua gaya, scandinavian dan jepang dengan dua konsep yang berbeda, lagom dan wabi-sabi.

Dalam filosofi Jepang, wabi-sabi berarti keindahan dalam ketidaksempurnaan, sementara lagom dalam filosofi Skandinavia berarti kehidupan yang sederhana dan seimbang.

Perpaduan kedua filosofi ini melahirkan desain Japandi yang akhirnya berfokus untuk mengakomodasi kehidupan yang efisien dengan konsep yang minimalis dan sederhana. Sehingga, desain ini cocok untuk diterapkan dalam semua ukuran ruangan, terutama kamar ukuran kecil.

Karakteristik yang Halus dan Lembut

Desain japandi memiliki karakteristik yang cenderung berbeda dibandingkan gaya desain lainnya. Gaya ini seringkali memanfaatkan material alam seperti kayu dan tanah liat.

Penggunaan warna halus juga dominan dalam desain japandi. Selain itu, seringkali dalam beberapa penerapan desain japandi, digunakan juga material dengan tekstur halus seperti katun dan linen.

1. Desain Japandi yang Minimalis dan Modern

desain japandi yang modern dan minimalis buat ruangan tampak luas
Sumber: Shutterstock

Seperti yang sudah diketahui bahwa desain japandi mengusung tema kesederhanaan dan efisiensi, sudah pasti banyak desain kamar japandi yang bergaya minimalis dan modern. Teruntuk kamu yang memiliki ruangan yang cenderung lebih sempit dan kecil, desain satu ini cocok untuk diterapkan karena bisa membuat ruangan tampak lebih luas.

Baca Juga:   Never be Bored Again! Play with Pattern or Plain

Sebagai pemanis, kamu bisa menggunakan beberapa perabot dengan material kayu dengan perpaduan warna halus seperti cokelat, putih, dan abu-abu sebagai cat dinding. Perpaduan ini akan membuat ruangan menjadi sangat nyaman dan lebih mudah dibersihkan.

2. Warna Earth Tones Buat Ruangan Lebih Kalem

penggunaan earth tones buat ruangan terlihat lebih hangat dan kalem
Sumber: Shutterstock

Desain japandi memang lekat dengan nilai-nilai kesederhanaan. Oleh karena itu, tidak jarang juga desain kamar apartemen bergaya japandi yang menggunakan warna-warna earth tones.

Penggunaan warna-warna ini, seperti putih, beige, cokelat muda, krem, dan lain sebagainya, akan membuat apartemen kamu terasa lebih hangat dan kalem sehingga cocok untuk kamu yang menyukai ruangan dengan nuansa yang tenang untuk bersantai

Kamu juga bisa memadukan warna-warna halus ini dengan perabot dari kayu untuk memberikan kontras warna yang harmonis dan indah.

3. Abu-abu di Desain Japandi? Tentu Bisa!

desain kamar apartemen japandi dengan dominasi abu-abu yang modern
Sumber: Shutterstock

Jika kamu menyukai desain industrial namun tidak mau yang terlalu mencolok, coba kawinkan keinginan kamu dengan desain japandi, yuk! Desain kamar apartemen japandi dengan dominasi warna abu-abu ini akan membuat ruangan terasa lebih modern dan unik, berbeda dari yang lainnya.

Dinding bisa menggunakan konsep semen ekspos atau permainan tekstur pada cat untuk memberikan kesan unfinished yang sering diterapkan pada desain industrial. Kamu juga bisa memadukan konsep ini dengan perabot warna serupa, seperti abu-abu dan putih. Dijamin ruangan kamu akan terkesan lebih modern tapi tidak berlebihan!

4. Sentuhan Tropis Hampton Buat Serasa Berlibur

desain hampton bisa buat suasana ruangan bak liburan di pantai
Sumber: Shutterstock

Desain hampton sejatinya diadopsi dari rumah-rumah yang berada di dekat pantai dan berasal dari negara-negara bagian Amerika Serikat yang berada di pesisir laut. Teruntuk kamu yang mungkin bosan dengan desain japandi yang mungkin terkesan sederhana, coba untuk menggabungkan gaya hampton ini di kamar kamu.

Agar tampak lebih hidup, kamu juga bisa menambahkan kursi kayu dan tanaman dalam pot. Dijamin pengguna ruangan ini akan serasa seperti sedang berlibur di rumah pantai, deh!

5. Dekorasi Aksen Kayu yang Sederhana Namun Mewah

desain japandi dengan dekorasi kayu membuat apartemen tampak mewah
Sumber: Shutterstock

Konsep selanjutnya yang bisa kamu aplikasikan untuk kamar apartemen adalah dengan menggunakan dekorasi dan aksen dari kayu. Kamu bisa menggunakan beberapa perabot seperti rak dari batang kayu, sofa kayu, dan kursi rajutan.

Baca Juga:   9 Gantungan Dinding yang Minimalis dan Kekinian

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lantai dari parkit untuk menguatkan aksen kayu dalam ruangan.

Desain ini akan membuat kamar apartemen kamu tampak lebih mewah dan estetik. Kamu juga bisa memadukan desain ini dengan beberapa perabot dari baja atau besi untuk memberi sedikit kesan modern agar tidak monoton.

6. Hadirkan Nuansa Jepang di Kamar Apartemen

desain japandi bernuansa Jepang buat ruangan tampak bersih dan luas
Sumber: Shutterstock

Teruntuk kamu yang sangat menyukai desain-desain bergaya Jepang, bisa coba untuk menerapkan desain Japandi dengan dominasi gaya Jepang yang minimalis dan sederhana.

Desain bergaya Jepang ini sangat khas dengan jendela berbentuk lingkaran atau lengkungan. Selain itu, ruangan bergaya Jepang sangat jarang menggunakan pintu sehingga meningkatkan nuansa keterbukaan dan sirkulasi yang lebih mudah.

Kamu bisa memberikan dekorasi meja dengan kaki pendek, karpet, dan bantal untuk membuat konsep ruang tamu lesehan. Penggunaan lantai dari panel kayu juga bisa memberikan nuansa ruangan Jepang yang sederhana dan kalem.

7. Warna Beige Buat Ruangan Terasa Homey

Desain japandi dengan warna beige buat suasana terasa homey dan hangat
Sumber: Shutterstock

Teruntuk kamu yang tidak terlalu suka untuk menerapkan konsep-konsep unik dan over the top, desain sederhana ini cocok untuk diaplikasikan di seluruh bagian apartemen.

Penggunaan warna beige yang halus dipadukan dengan perabot seperti sofa dan rak bisa membuat desain kamar apartemen terasa lebih nyaman, hangat, dan homey.

Kamu bisa menggabungkan warna beige yang terang dan lembut dengan dekorasi yang berwarna lebih tua seperti cokelat tua atau warna kayu. Hal ini akan memberikan kontras sehingga ruangan tidak tampak monoton.

Dekorasi lainnya kamu juga bisa menambahkan side table kecil dari besi dan tanaman dalam pot untuk memberikan sentuhan modern dan natural.

Itulah beberapa rekomendasi terkait desain kamar apartemen bergaya japandi. Semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi ketika akan mendesain kamar apartemen, ya!

Milki hunian idaman di Pinhome dengan Promo Gelegar! Kamu bisa mendapatkan promo DP 0%, bunga KPR rendah mulai dari 2%, bebas biaya admin hingga Rp50 juta, dan garansi anti bocor selama setahun! Selain itu, calon buyer juga bisa memenangkan hadiah langsung berupa emas. Promo berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 November 2022, jangan sampai ketinggalan! Cek selengkapnya di sini.

desain kamar apartemen