Atap Bocor dan Rembes Saat Musim Hujan? Lakukan 8 Cara Mudah di Bawah Ini!

0
2441
atap bocor

Memiliki atap rumah yang bocor dan rembes memang merepotkan, apalagi jika musim hujan sudah tiba. Soalnya, kita pasti merasa tidak tenang saat melakukan sesuatu, terutama saat hujan. Apalagi, atap bocor bisa merusak interior di rumah.

Bila dibiarkan begitu saja, atap bocor bisa mengakibatkan timbulnya jamur, rayap, dan berbagai hal buruk lainnya.  Tentu, hal tersebut malah membuat produktivitas jadi terganggu, bukan?

Ruparupa Banner

Daripada mengganggu keseharian, kita bisa mengatasinya dengan mudah, kok.

Lantas, Seperti Apa Pertolongan Pertama Atasi Atap Rumah yang Bocor?

Tidak perlu khawatir, kami sudah mengumpulkan beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atap rumah yang bocor dan rembes. 

1. Periksa Ventilasi di Atap

Ventilasi memang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara. Namun, ventilasi di bagian atas jendela atau pintu bisa menjadi penyebab utama adanya rembesan saat hujan. Hal ini bisa terjadi jika atap rumah tidak terlalu panjang.

2. Tutup Bagian Ventilasi Atap

Jika atap memang terlalu pendek dan membuat adanya rembesan dari ventilasi, maka kamu bisa menutup celahnya tersebut menggunakan lap kanebo supaya bisa menyerap air. Berikut rekomendasi lap kanebo terbaik yang bisa kamu dapatkan.

 

3. Pastikan Talang Air Bersih

Talang air merupakan pipa yang terletak di dekat atap untuk menyalurkan air hujan ke bagian bawah. Nah, kamu perlu memastikan bagian talang air harus selalu bersih dan tidak ada penumpukan sampah.

Soalnya, talang yang dipenuhi oleh sampah akan mengumpulkan genangan air di atap sehingga terjadilah kebocoran. Kamu bisa membersihkannya menggunakan sarung tangan atau sapu lidi untuk menyapu seluruh sampah.

 

atap bocor
Proclean Sarung Tangan Karet Lining – Oranye

Beli di sini

atap bocor
Sarung Tangan Karet Latex All Size – Kuning

Beli di sini

4. Cari Letak Atap yang Bocor

Jika mengecek bagian pendukungnya sudah selesai, maka kamu bisa fokus melanjutkan ke pencarian titik atap yang bocor. Kamu bisa menggunakan tangga lipat dan senter untuk mengecek setiap kondisi atap.

Biasanya, atap yang bocor ditandai dengan adanya bekas noda air yang kehitaman dan penumpukan jamur. Jika kebocoran disebabkan oleh posisi atap yang bergeser, maka kamu bisa mengatur kembali posisinya dengan tepat.

5. Mengganti Atap yang Bermasalah

Tentu, kalau kebocoran disebabkan oleh atap yang rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Memang, atap sudah didesain menggunakan material terbaik yang bisa tahan terhadap cuaca panas dan hujan.

Namun, bukan berarti atap rumah tidak perlu kamu ganti sama sekali. Malahan, kebocoran jadi momen terbaik di mana kamu bisa mengganti atap dengan yang baru.

6. Gunakan Sealant

Sealant merupakan lem khusus interior rumah yang bisa mencegah masuknya air. Kamu bisa menggunakan sealant di berbagai bagian rumah yang memiliki rongga kecil, seperti pipa plafon.

Baca Juga:   Mengenal 9 Jenis Tekstur Kayu serta Kelebihan dan Kekurangannya

Tenang saja, lem ini tidak memiliki bau sama sekali, mampu kering seutuhnya dalam waktu 4 jam, dan bisa kamu lapisi kembali dengan cat. Berikut ini rekomendasi lem sealant yang bisa kamu dapatkan dari Rp40 ribuan saja.

 

atap bocor
Dextone 300 Ml Sealant Multipurpose

Beli di sini

atap bocor
Dap Sealant Simple Seal Paint Projects 255gr

Beli di sini

7. Pasang Aluminium Foil Untuk Atap

Pemasangan aluminium foil di rangka atap mampu meredam panas. Namun selain itu, kamu bisa mencegah dan mengatasi atap yang bocor juga, lho. Soalnya, bahannya mampu menahan air hujan dan tempias.

Bahkan, plafon rumah kamu bisa lebih awet juga jika menggunakan aluminium foil. Menarik, bukan?

8. Melapisi dengan Cat Waterproof

Cara terakhir adalah melapisi kembali bagian atap rumah dengan cat waterproof. Biasanya, cat waterproof mudah terkikis ketika terkena air hujan. Untuk itu, kita harus melapisinya secara rutin. Namun, pastikan cuaca tidak turun hujan ketika melapisi cairan satu ini.

Berikut rekomendasi cat waterproof yang bisa kamu gunakan.

atap bocor
Drylok Cat Pelapis Anti Bocor Latex Based Waterproofer 18.9 Ltr

Beli di sini

atap bocor
Drylok Cat Pelapis Anti Bocor Latex Waterproofer 946 Ml

Beli di sini

atap bocor
Drylok Extreme Waterproofer Cat Pelapis Anti Bocor 18.9l Putih

Beli di sini

atap bocor
Armor 20 Kg Cat Dinding Primer Tahan Air Aqua B

Beli di sini

Dengan mempraktekkan langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatasi atap rumah bocor secara mudah. Tenang saja, seluruh produk yang kamu butuhkan bisa ditemukan di situs online ruparupa.com.

DAPATKAN potongan harga 50% untuk perlengkapan musim hujan KLIK DI SINI

Situs ruparupa.com juga menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga lainnya, mulai dari peralatan dapur, perkakas, hingga alat elektronik terbaik dari merek-merek milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.