8 Ide Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Teduh

0
3869

Indonesia memang termasuk negara tropis dengan dua musim, yaitu panas dan hujan. Tidak heran bila rumah di Indonesia selalu dibuat dengan banyak ventilasi dan pendingin ruangan, seperti menggunakan kipas angin. Jadinya, ruangan terasa lebih sejuk. 

Namun, tahukah kamu bahwa pemilihan warna cat dinding rumah juga dapat memberikan andil untuk menciptakan hunian yang sejuk dan nyaman, lho.

Ruparupa Banner

Ya, ada beberapa jenis warna yang dapat memantulkan cahaya panas sehingga membuat rumah terasa lebih dingin. Dengan begitu, kita tidak terasa gerah dan tidak perlu takut akan cuaca panas yang berkepanjangan.

Lalu, Apa Saja Warna Cat Rumah yang Bikin Sejuk?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami sudah memiliki beberapa rekomendasi warna cat yang bisa menyejukkan ruangan, seperti berikut.

1. Warna Putih

Putih termasuk dalam warna terang yang dapat memantulkan cahaya dan panas. Tidak hanya membuat rumah tampak sejuk, warna putih juga bisa memberikan ketenangan dan meredakan stres bagi si pemilik rumah, lho.

Selain itu, warna putih juga bisa membuat ruangan tampak lebih besar dan mudah dipadukan dengan warna perabot lain, seperti abu-abu dan coklat muda.

sofa abu-abu
Nordia Kila Sofa Fabric 2 Dudukan – Abu-abu
Desain sofa modern dan minimalis dengan tekstur yang halus.

Beli di sini

sofa warna coklat muda
Barton Sofa Fabric 2 & 3 Dudukan – Cokelat Muda
Konstruksi sofa kuat dan kokoh dilengkapi 4 buah bantal.

Beli di sini

2. Warna Abu-Abu Terang

Warna cat abu-abu terang dapat memberikan efek serupa dengan cat putih karena sama-sama memantulkan cahaya panas.

Baca Juga:   3 Cara Merawat Karpet Sintetis Agar Tahan Lama

Warna yang cukup kalem ini juga bisa membuat tubuh terasa lebih rileks dan santai saat berada di dalam ruangan.

Agar lebih selaras, kamu bisa memadukannya dengan perabot  warna terang mencolok, seperti sofa merah berikut ini.

sofa warna merah
Windsor Sofa Tidur Fabric – Merah
Sofa multifungsi sebagai tempat duduk dan tempat tidur cocok untuk ruangan yang minimalis.

Beli di sini

3. Warna Hijau

Melihat cat rumah yang berwarna hijau, pasti mengingatkan kita pada suasana alam dan pepohonan yang rimbun. Tentunya, hal ini akan memberikan nuansa yang menenangkan dan sejuk pada hunian.

Nah, agar ruangan tampak lebih asri dan segar, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias artifisial daun hijau, seperti berikut ini.

tanaman hijau
Tanaman Artifisial Aglaonema Commutatum 35 Cm – Hijau
Tanaman artifisial dengan detail dan bentuk menyerupai asli.

Beli di sini

tanaman artifisial warna sejuk
Tanaman Artifisial Y13 18x18x120 Cm – Hijau
Tanaman artifisial ini sudah dilengkapi pot keramik dan tidak memerlukan perawatan khusus membuat rumah jadi tampak lebih sejuk

Beli di sini

4. Warna Cokelat Muda

Lembut dan modern sepertinya cocok untuk mendeskripsikan warna cokelat muda. Ya, warna satu ini termasuk dalam golongan warna earth tone sehingga memberikan kesan  teduh.

Tidak hanya sebagai cat rumah, warna cokelat muda yang menenangkan ini juga bisa kamu temukan pada perabot rumah berbahan dasar kayu.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa mengombinasikan keduanya untuk mewujudkan interior rumah minimalis ala Japandi.

interior rumah ala japandi
Sumber: makingagreenlifebylily.com

5. Warna Baby Blue

Sama halnya dengan warna hijau, warna biru muda juga identik dengan alam, seperti pantai dan langit. Tidak heran bila warna ini mampu menghadirkan suasana yang segar.

Selain itu, warna baby blue juga dapat membangkitkan rasa ceria dan energi positif. Cukup tambahkan dekorasi dengan aksen putih untuk tampilan rumah yang lebih menawan, seperti rekomendasi perabot berikut ini.

6. Kuning Pastel

Mungkin kamu mengira bahwa cat rumah berwarna kuning akan terlihat nyentrik dan silau. Tenang, kamu dapat memilih warna kuning yang lebih kalem, seperti kuning pastel.

Nah, supaya tidak terlalu ramai, hindari memadukan dengan perabot dan dekorasi berwarna cerah senada. Sebaliknya, gunakan warna-warna tua dan gelap agar tampak lebih harmonis.

warna cat kuning yang sejuk
Sumber: bhg.com

7. Cream

Warna cat rumah yang mampu menyejukkan berikutnya adalah warna cream. Tidak hanya itu, warna satu ini juga bisa membuat interior rumah terasa lebih luas, lho.

Tidak harus menggunakan cat, kamu juga bisa memakai wallpaper sebagai alternatif penggantinya agar tampak seperti di bawah ini.

wallpaper warna yang sejuk
Arthome Wallpaper Diy 8 Layer 50 Cm – Krem
Wallpaper ini mudah dipasang dan memiliki daya rekat yang baik cocok untuk melindungi dinding dari kelembaban.

Beli di sini

8. Lilac

Warna lilac menjadi salah satu tren warna kekinian yang banyak digunakan sebagai cat rumah. Lilac sendiri melambangkan sesuatu yang elegan, feminin, dan romantis.

Warnanya yang lembut dapat menghadirkan kesejukan dan menciptakan kesan lebih fresh. Agar tidak terlalu mencolok, kamu bisa memakai dekorasi tambahan dengan warna cerah, seperti pink dan pastel berikut ini.

tanaman warna pink yang sejuk
Arthome 14 Cm Tanaman Artifisial Saponaria – Pink
Tanaman artifisila dengan pot sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Beli di sini

lukisan daun
Hiasan Dinding 82.5×122.5×4.5 Cm Kanvas Lukisan Daun Z48
Lukisan dengan frame tidak mudah luntur.

Beli di sini

Nah, sekarang kamu memiliki banyak pilihan warna cat untuk membuat rumah tampak lebih sejuk.

Lengkapi kebutuhan dekorasi Hiasan rumah hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas dari brand-brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, temukan furnitur terbaik favorit kamu sekarang juga!