7 Desain Dapur Kekinian untuk Rumah Pengantin Baru

0
3672
dapur kekinian

Dewasa ini, desain dapur kekinian sudah sangat sering dijumpai dimana-mana, terutama rumah pengantin baru. Oleh karena dapur merupakan salah satu ruangan yang sangat sering digunakan, desain dapur tentu akan sangat mempengaruhi kegiatan yang akan difasilitasinya.

Dapur kekinian tidak harus besar, yang penting bersih, nyaman, dan dapat mendukung penghuninya untuk melakukan berbagai macam aktivitas di dalamnya. Biasanya, dapur kekinian ini bergaya minimalis dan minim dekorasi sehingga tampak modern. 

Ruparupa Banner

Nah, jika kamu adalah salah satu pengantin baru yang ingin mendesain dapur kekinian tetapi masih bingung dengan konsep atau tema yang cocok? Artikel ini menghadirkan beberapa rekomendasi dapur kekinian untuk rumah baru kamu! Yuk, simak dalam ulasan ini!

1. Tampak Lebih Bersih dengan Gaya Modern dan Minimalis

Teruntuk kamu yang menyukai dapur yang bersih, desain minimalis dan modern ini cocok untuk diterapkan di dapur kamu. Kombinasi perabot dapur seperti laci penyimpanan, kabinet atas, dan table top berwarna putih dari HPL ini akan menampilkan suasana dapur yang bersih sehingga akan membuat dapur tampak lebih luas.

Agar tidak terlalu monoton, kamu juga bisa mengombinasikan warna putih dengan lantai parkit atau dinding keramik hitam untuk menciptakan kontras yang senada. Selain itu, penggunaan kompor listrik dan oven berbahan metal atau stainless steel juga akan memberikan kesan modern di dapur kamu.

dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

2. Aksen Kayu yang Minimalis Namun Kekinian

Desain dapur kekinian lainnya adalah dapur minimalis yang menggunakan dekorasi dari kayu. Meskipun tampak sederhana, perpaduan kayu dengan warna-warna kalem seperti putih atau abu-abu justru akan membuat dapur kamu terlihat lebih keren dan kekinian.

Kamu bisa menggunakan elemen kayu sebagai material dari kabinet, table top, island jika dapur kamu luas, atau sebagai aksen hiasan berupa kisi-kisi. Desain ini dijamin akan membuat dapur kamu tampak rapi, mewah, dan menawan tanpa dekorasi yang berlebihan. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga:   7 Jenis Kulkas dan Fungsinya Agar Tidak Salah Pilih
dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

3. Dapur dengan Karpet yang Nyaman

Jika kamu memiliki rumah dengan ukuran yang lebih sempit, tentu ruangan-ruangan yang ada di dalamnya pun menjadi terbatas. Kamu bisa menggabungkan dapur dan ruang makan untuk mengatasi permasalahan ini. Selain itu, kamu juga bisa mendekorasi dapur dan ruang makan kamu dengan menggunakan karpet sebagai alas.

Meskipun sepertinya terdengar tidak lazim, desain dapur dengan karpet ini banyak diterapkan di rumah-rumah luar negeri. Desain ini juga cocok untuk kamu yang suka bersantai di dapur bersama pasangan sambil bercengkrama dan menikmati kudapan.

Namun, perlu diperhatikan untuk selalu berhati-hati ketika sedang memasak atau membawa makanan di dapur ini, Tumpahan makanan dan minuman tentu akan mengotori karpet yang sangat sulit dan merepotkan untuk dibersihkan.

dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

4. Mewah dan Menawan dengan Kombinasi Kayu dan Marmer

Meskipun dapur seringkali diasosiasikan sebagai ruang yang mudah kotor, bukan menjadi alasan untuk kamu tidak bisa memiliki desain dapur kekinian yang menawan dan indah. Desain marmer dan kayu ini salah satu contoh yang bisa kamu terapkan, lho!

Marmer yang bersifat licin akan terlihat indah dan mahal. Selain itu, dengan permukaannya yang licin, kamu akan lebih mudah untuk membersihkan noda di dapur kamu. Kamu juga bisa mengombinasikan marmer dengan kayu untuk memberikan permainan material yang harmonis dan saling melengkapi.

dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

5. Dapur yang Luas dengan Island

Jika dapur kamu berukuran lebih luas, tidak ada salahnya untuk membuat island di sekitarnya. Island merupakan sebuah bagian dari dapur yang berdiri sendiri dan dapat digunakan sebagai tempat makan, area kabinet penyimpanan ekstra, bahkan untuk wastafel juga dapat dipasang di island ini.

Island juga akan membuat kamu lebih mudah ketika akan menyajikan makanan karena tidak perlu jauh-jauh untuk ke meja makan. Cukup letakkan stool dekat island dan kamu bisa memanfaatkan island ini sebagai tempat makan.

Kamu bisa menggunakan kombinasi warna kayu hitam yang dipadukan dengan tabletop marmer warna abu-abu yang senada untuk memberikan kesan dapur yang modern bak dapur restoran.

Baca Juga:   8 Jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya Masing-masing
dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

6. Tampil Unik dan Berbeda dengan Dapur Bergaya Industrial

Gaya industrial tentu sudah sangat lekat jika berbicara tentang konsep ruangan modern. Desain ini juga bisa kamu terapkan untuk menciptakan dapur kekinian layaknya di bar, lho!

Desain industrial ini sering menggunakan konsep bangunan unfinished yang dipadukan dengan elemen bata, baja warna hitam, dan kayu gelap. Paduan beberapa material ini dapat membuat tampilan dapur yang unik, keren, modern, dan berkelas.

Kamu juga bisa memadukan rak kayu dengan rangka besi sebagai tempat penyimpanan tambahan terbuka, perabot dengan bahan besi, dan accent lighting untuk lebih menekankan konsep industrial di dapur kamu. Keren, ya!

dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

7. Gaya Skandinavia yang Kalem dan Menenangkan

Bingung ingin mendesain dapur bergaya kekinian tapi kurang suka desain yang terlalu unik? Gaya skandinavia bisa jadi solusi kamu, nih

Desain skandinavia terkenal dengan gaya yang minimalis, penggunaan warna yang cerah, serta penekanan pada fungsionalitas perabot. Oleh karena itu, desain ini sering diterapkan pada dapur atau rumah yang berukuran kecil.

Penggunaan warna yang kalem seperti earth tones, putih, dan pastel akan memberi ilusi seolah-olah dapur kamu luas serta membuat ruangan terasa cozy. Beberapa perabot bergaya skandinavia juga sangat fleksibel karena dapat dibongkar pasang ketika akan atau selesai digunakan.

Terkadang desain dapur kekinian skandinavia juga bisa menjadi sedikit monoton. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk kamu dan pasangan menambahkan tanaman hijau untuk memberikan kesegaran pada ruangan.

dapur kekinian
Sumber: Shutterstock

Itulah beberapa rekomendasi terkait desain dapur kekinian yang cocok untuk pengantin baru. Semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi kamu dan pasangan ketika akan mendesain dapur, ya!

Milki hunian idaman di Pinhome dengan Promo Gelegar! Kamu bisa mendapatkan promo DP 0%, bunga KPR rendah mulai dari 2%, bebas biaya admin hingga Rp50 juta, dan garansi anti bocor selama setahun! Selain itu, calon buyer juga bisa memenangkan hadiah langsung berupa emas. Promo berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 November 2022, jangan sampai ketinggalan! Cek selengkapnya di sini.

dapur kekinian