5 Cara Memastikan Rumah Aman Saat Liburan

0
16584
Sumber: Unsplash.com

Melakukan perjalanan panjang atau traveling memang menyenangkan. Sayangnya, kadang pasti kamu merasa tidak tenang ketika meninggalkan rumah terlalu lama. Untuk itulah, kali ini kami punya tips untuk memastikan rumah tetap aman saat liburan

Apalagi, kesempatan traveling harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk beristirahat sejenak dari rutinitas kita sehari-hari.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Agar Rumah Tetap Aman Saat Liburan?

Sebenarnya, untuk menjaga agar rumah tetap aman saat liburan tidak sulit, kok. Cukup memperhatikan beberapa hal penting sebelum meninggalkan rumah berikut ini.

1. Periksa Kembali Jendela dan Pintu

Sebelum berangkat, hal yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kembali seluruh jendela dan pintu. Pastikan semua sudah terkunci rapat.

Selain itu, hindari meletakkan kunci darurat di bawah karpet atau di dalam rak sepatu. Tempat penyimpanan ini cukup mudah diketahui oleh kawanan pencuri sehingga akan berbahaya buat rumah kamu.

Biar lebih aman, kamu juga bisa memasang teralis di dalam rumah untuk mencegah pencuri masuk dengan memecahkan kaca jendela.

2. Matikan Semua Aliran Air, Gas dan Listrik

Pastikan juga mencabut semua peralatan elektronik sebelum pergi, mulai dari TV, komputer, charger, kompor, serta oven.

Baca Juga:   7 Kombinasi Pastel untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Jadinya, kamu bisa tetap tenang liburan tanpa mengkhawatirkan konslet atau lonjakan daya yang bisa memicu kebakaran.

Selain aliran listrik, perhatikan juga air dan gas kompor listrik. Pastikan kamu menutup katup air dan gas dengan rapat.

3. Simpan Barang dan Dokumen Penting di Brankas

Kalau kamu memiliki barang penting di rumah, kamu bisa menyimpannya di dalam  brankas. Pastikan kamu memilih brankas yang tahan air dan api.

Selain itu, pilih ukuran brankas yang cukup besar supaya kamu bisa menyimpan berbagai barang penting, dari emas batangan, perhiasan, serta dokumen penting lainnya, mulai dari akta lahir, polis asuransi, surat tanah, dan sebagainya.

Beirkut ini kami punya rekomendasi brankas berkualitas yang bisa kamu gunakan di rumah.

tips menjaga rumah aman saat liburan
Krisbow 35x25x25 Cm Brankas Besi – Hitam

Beli di sini

4. Membersihkan Rumah Sebelum Berpergian

Cara satu ini memang tidak akan berpengaruh pada kondisi rumah secara langsung, tapi sebaiknya kamu melakukannya. Tentunya, akan menyenangkan bila setelah berpergian jauh, rumah tetap bersih dan rapi.

Jadinya, kamu bisa langsung bersantai tanpa stres memikirkan rumah yang berantakan. Jika kamu berpergian dalam jangka waktu yang lama, pasti sarang laba-laba akan terbentuk dan debu akan menumpuk.

Baca Juga:   6 Hal yang Harus Diperiksa Saat Mudik Naik Mobil

Selain itu, pastikan juga untuk membuang sampah, terutama sampah dapur agar tidak mengeluarkan bau busuk yang bisa menarik perhatian lalat untuk datang.

5. Memasang CCTV

Untuk keamanan ekstra, pasang CCTV di rumah. Jadi, selama liburan, kamu bisa sesekali memeriksa dan mengetahui apa yang terjadi di rumah. Pasang CCTV di tempat yang strategis seperti di dekat pintu, jendela, ruang tamu.

Nah, kami punya rekomendasi CCTV yang bisa jadi pilihan buat di rumah, seperti berikut ini.

Krisview Set Cctv Cvi 1080p 8 Channel

Beli di sini

Itu dia lima tips untuk menjaga keamanan rumah selama liburan. Yuk, pastikan rumah selalu aman agar kita lebih tenang saat liburan!

dapatkan perlengkapan keamanan rumah hemat hingga 50 % klik di sini

Seluruh perlengkapan keamanan di atas bisa kamu beli hanya di ruparupa. Di sini, kamu  juga bisa membeli berbagai perlengkapan rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Selma, INFORMA, Krisbow dan masih banyak lagi.

Selamat liburan!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.