5 Cara Memastikan Rumah Aman Saat Liburan

0
230
Sumber: Unsplash.com

Melakukan perjalanan panjang atau traveling memang menyenangkan. Sayangnya, kadang kita merasa tidak tenang ketika meninggalkan rumah terlalu lama. Untuk itulah, kali ini kamu punya beberapa tips untuk memastikan rumah tetap aman saat liburan

Apalagi, kesempatan traveling harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk beristirahat sejenak dari rutinitas kita sehari-hari.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Agar Rumah Aman Saat Liburan?

Sebenarnya, untuk menjaga agar rumah tetap aman saat liburan tidak sulit, kok. Kita hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum meninggalkan rumah, seperti berikut ini.

1. Periksa Kembali Jendela dan Pintu

Sebelum berangkat, hal yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kembaliseluruh jendela dan pintu. Pastikan semua sudah terkunci rapat.

Selain itu, hindari meletakkan kunci darurat di bawah karpet atau di dalam rak sepatu. Tempat penyimpanan ini cukup mudah diketahui oleh kawanan pencuri sehingga akan berbahaya buat rumah kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memasang teralis di dalam rumah untuk mencegah pencuri masuk dengan memecahkan kaca jendela.

Baca Juga:   3 Tipe Orang Saat Pergi Liburan, Kamu yang Mana?

2. Matikan Semua Aliran Air, Gas dan Listrik

Aga rumah aman saat liburan, pastikan juga mencabut semua peralatan elektronik sebelum pergi, mulai dari TV, komputer, charger, kompor, serta oven.

Jadinya, kamu bisa tetap tenang liburan tanpa mengkhawatirkan konslet atau lonjakan daya yang bisa memicu kebakaran.

Selain aliran listrik, perhatikan juga air dan gas kompor listrik. Pastikan kamu menutup katup air dan gas dengan rapat.

3. Simpan Barang dan Dokumen Penting di Brankas

Kalau kamu memiliki barang penting di rumah, kamu bisa menyimpannya di dalam  brankas. Bila ukuran brankas cukup besar, kamu bisa menyimpan barang berharga, seperti emas batangan, perhiasan, dan uang tunai.

Selain itu, simpan juga dokumen penting lainnya, mulai dari akta lahir, polis asuransi, surat tanah, dan sebagainya. Pastikan kamu memilih brankas yang tahan air dan api agar semua surat penting tetap aman.

Beirkut ini kami punya rekomendasi brankas berkualitas yang bisa kamu gunakan di rumah.

Rumah Aman Saat Traveling
Krisbow Brankas Besi – Hitam

Beli di sini

Rumah Aman Saat Traveling
Klaz 45x38x23 Cm Brankas Layar Sentuh – Hitam

Beli di sini

4. Membersihkan Rumah Sebelum Berpergian

Cara satu ini memang tidak akan berpengaruh pada kondisi rumah secara langsung, tapi sebaiknya kamu melakukannya. Tentunya, akan menyenangkan bila setelah berpergian jauh, rumah tetap bersih dan rapi.

Baca Juga:   7 Inspirasi Sofa yang Cocok dengan Cat Warna Coral

Jadinya, kamu bisa langsung bersantai tanpa stres memikirkan rumah yang berantakan.Jika kamu berpergian dalam jangka waktu yang lama, pasti sarang laba-laba akan terbentuk dan debu akan menumpuk.

Selain itu, pastikan juga untuk membuang sampah, terutama sampah dapur agar tidak mengeluarkan bau busuk yang bisa menarik perhatian lalat untuk datang.

5. Memasang CCTV

Untuk keamanan ekstra, pasang CCTV di rumah. Jadi, selama liburan, kamu bisa sesekali memeriksa dan mengetahui apa yang terjadi di rumah. Pasang CCTV di tempat yang strategis seperti di dekat pintu, jendela, ruang tamu.

Nah, kami punya rekomendasi CCTV yang bisa jadi pilihan buat di rumah, seperti berikut ini.

Rumah Aman Saat Traveling
Krisview Set Cctv Cvi 1080p 8 Channel

Beli di sini

Rumah Aman Saat Traveling
Ezviz Ip Camera Ptz 4mp Cs-c6w

Beli di sini

Itu dia lima tips untuk menjaga keamanan rumah selama liburan. Yuk, pastikan rumah selalu aman agar kita lebih tenang saat liburan.

Selain brankas dan CCTV, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat liburan.