Menurut WHO jumlah kasus akibat covid-19 yang sudah ada sejak tahun lalu, kini semakin meningkat dengan adanya corona varian Delta atau B.1.617.2 yang memiliki cara kerjanya seperti terhubung dengan reseptor sel manusia atau ACE-2. Karena peningkatan dan semakin mudahnya virus ini berkembang, sehingga menyebabkan pemerintah maupun organisasi kesehatan dunia mengembangkan vaksin covid-19 untuk memerangi virus yang melanda seluruh dunia,

Jenis Vaksin Covid-19, Perbedaan & Efek Samping

vaksin covid-19
Source: Unsplash

Menurut lama kesehatan www.yalemedicine.org dan Alodokter ada beberapa jenis vaksin COVID-19 yang terdapat di Indonesia hingga belahan negara lainnya, seperti yang akan tertuang pada artikel tentang vaksin covid 19 ini serta perbedaannya

Pfizer-BioNTech

JENIS VAKSIN COVID-19 Pfizer-BioNTech
Source: newseu.cgtn

Menjadi vaksin COVID-19 pertama yang menerima izin dari EUA FDA untuk memperkuat perlindungan kesehatan masyarakat dari ancaman biologi, kimia, radiologi, dan nuklir (CBRN) serta penyakit menular, dengan cara menyediakan fasilitas ketersediaan dan penggunaan penanggulangan medis yang menangani keadaan darurat.

Efektifitas vaksin Pfizer-BioNTech:

Memiliki tingkat 95% kemanjuran dalam mencegah COVID-19 varian Alpha yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan varian Beta yang teridentifikasi di Afrika Selatan.

Menurut para peneliti vaksin ini efektif untuk berbagai jenis orang dan variabel yang berbeda, termasuk usia, jenis kelamin, ras, etnis, dan indeks massa tubuh (BMI) atau adanya kondisi medis lainnya.

Dalam uji klinis, vaksin itu 100% efektif mencegah penyakit parah setidaknya 14 hari setelah dosis kedua, yang mana terbukti pada akhir Maret dari sebuah penelitian kecil CDC yang mendaftarkan 3.950 personel perawatan kesehatan, responden pertama, dan pekerja lainnya.

Sementara itu menurut laporan penelitian oleh Public Health England, vaksinasi penuh jenis Pfizer-BioNTechefektif untuk varian Delta hingga 88 %.

Efek samping yang umum:

  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Nyeri
  • Kelelahan
  • Kemerahan dan pembengkakan di tempat suntikan yang akan hilang dalam 1-2 hari

Jika dalam 72 jam timbul batuk, sesak napas maka hubungi dokter terdekat. Terutama untuk mereka yang mengonsumsi pengencer darah.

Status: Penggunaan darurat di AS; memiki izin penggunaan pada Uni Eropa dengan nama Comirnaty.

Rekomendasi usia : Siapa saja yang berusia 12 tahun ke atas.

Dosis vaksin: Dua suntikan, dengan jarak interval 21 hari

Cara kerjanya: Ini adalah vaksin messenger RNA (mRNA), yang menggunakan teknologi yang relatif baru. Tidak seperti vaksin yang memasukkan kuman penyakit yang dilemahkan atau tidak aktif ke dalam tubuh.

Vaksin mRNA Pfizer-BioNTech mengirimkan sepotong kecil kode genetik dari virus SARS CoV-2 ke sel-sel inang dalam tubuh, yang pada dasarnya memberikan instruksi atau cetak biru kepada sel-sel tersebut, untuk membuat salinan protein lonjakan. Nantinya Protein ini merangsang respons imun, memproduksi antibodi dan mengembangkan sel memori yang akan mengenali dan merespons jika tubuh terinfeksi virus yang sebenarnya.

*EUA :Emergency Use Authorization

*FDA: Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat 

Vaksin Oxford-AstraZeneca

Jenis Vaksin covid 19 Oxford-AstraZeneca
Source: satusuaraexpress

Vaksin ini, yang saat ini didistribusikan pada Inggris Raya dan negara-negara lainnya. Pengembang jenis vaksin covid-19 ini sendiri menggunakan virus yang biasanya menginfeksi simpanse dan melalui proses modifikasi secara genetik untuk menghindari penyakit pada manusia. Sudah lama ada dan biasanya memiliki fungsi yang baik juga untuk melawan HIV, Ebola, dan Malaria.

Efektifitas vaksin astrazeneca:

Setelah memperbarui analisis data uji coba fase 3 pada bulan Maret, menunjukkan vaksin ini efektif 76% dalam mengurangi risiko penyakit simtomatik setelah pemberian dua dosis dalam kurun waktu 15 hari atau lebih.

Peneliti juga mengatakan vaksin ini 85% lebih efektif dalam mencegah COVID-19 pada orang di atas 65 tahun. Namun sejauh ini vaksin covid-19 jenis Astrazaneca juga telah mengalami perkembangan yang pesat, sehingga komite vaksin menjelaskan lebih lanjut kalau tingkat keberhasilan yang tejadi setelah pemberian dua dosis adalah 70,4 persen. Lalu pada orang yang meminum setengah dosis kemudian satu dosis penuh efikasinya 90 persen.

Efek samping vaksin Astrazaneca:

  • Nyeri
  • Demam
  • Kemerahan
  • Gatal pada bekas suntikan
  • Bengkak atau memar di tempat suntikan, yang biasanya hilang dalam satu atau dua hari.

Status: Tidak tersedia di AS,namun memiliki perizinan untuk digunakan pada Uni Eropa dengan nama Vaxzevria.

Rekomendasi usia : Untuk usia 18 tahun ke atas

Dosis: Dua dosis, terpisah empat hingga 12 minggu

Cara kerjanya:

Vaksin yang telah melalui tahap modifikasi dari adenovirus yang tidak berbahaya. Merupakan produk akhir mengandung protein yang ada pada SARS-CoV-2. Ketika protein itu mencapai sel-sel tubuh, sistem kekebalan memasang pertahanan, menciptakan antibodi dan sel-sel memori untuk melindungi terhadap infeksi SARS-Cov2 yang sebenarnya.

Vaksin Covid-19 Novavax

Nama vaksin covid 19 Novavax
Source: Bisnis Tempo

Vaksin ini terbukti efektif tidak hanya melawan COVID-19, tetapi juga melawan mutasi yang muncul di Inggris dengan tingkatkan yang lebih rendah, seperti yang terjadi pada Afrika Selatan. Sementara vaksin terobosan lainnya adalah mRNA atau platform vektor, vaksin Novavax adalah jenis lain, yang disebut protein adjuvant.

Efektifitas Novavax:

Sejauh ini vaksinasi covid-19 jenis ini 90% efektif terhadap infeksi simtomatik yang dikonfirmasi laboratorium dan 100% terhadap penyakit sedang dan berat dalam hasil uji coba dalam fase 3 yang dirilis dalam pernyataan penelitian pada bulan Juni.

Lebih lanjut peneliti mengatakan vaksin itu 91% melindungi orang-orang dalam populasi berisiko tinggi seperti orang yang lebih tua dari 65 tahun, mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mana memiliki risiko komplikasi, dan mereka yang sedang terpapar virus.

Sedangkan pada mutasi virus vaksin Novavax vaksin ini 93% efektif melawan varian Alpha. Penelitian ini dilakukan pada AS dan Meksiko, ketika Alpha sedang dominan di AS, untuk varian Delta sendiri masih dilakukan penelitian.

Efek samping yang umum:

  • Nyeri di tempat suntikan
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • Nyeri otot.

Status: Uji Coba fase 1

Rekomendasi Usia: Untuk 18 – 59 tahun

Dosis: 2 dosis, terpisah tiga minggu weeks

Cara kerjanya: Tidak seperti vaksin mRNA dan vektor, ini adalah protein adjuvant yang memilki fungsi untuk memperkuat respon imun. Berbeda dengan jenis vaksinais lainnya yang mengelabui sel-sel tubuh untuk menciptakan bagian-bagian virus yang dapat memicu sistem kekebalan, vaksin Novavax justru memformulasikan partikel nano, yang tidak menyebabkan penyakit namun justru merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi dan respons kekebalan sel-T.

Vaksin covid-19 Sinovac

Nama vaksin covid -19 Sinovac
Source: Arus baik

Nama vaksin covid-19 ini sudah sangat sering terdengar di tanah air, bahkan menjadi program vaksinasi perlindungan kesehatan untuk para lansia. Secara medis vaksin covid-19 ini terbuat dari virus Corona (SARS-CoV-2) yang telah mati.

Efektifitas vaksin:

65,3% (di Indonesia), 91,25% (di Turki)

Yang mana telah melewati standar minimal 50% dari WHO dan FDA, serta telah mendapat izin darurat atau emergency use of authorization (EUA) dari BPOM, dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Efek samping vaksin sinovac:

  • Nyeri di lokasi penyuntikan
  • Nyeri otot
  • Mengantuk

Status: fase III

Rekomendasi usia: 18–59 tahun

Cara kerja: akan memicu sistem kekebalan tubuh, yang nantinyaakan menghasilkan antibodi untuk melawan virus Corona secara spesifik. Dengan begitu, jika ada virus yang masuk maka sudah ada antibodi yang bisa melawan.

Namun tetap bagi mereka yang sudah disuntik vaksin sinovac untuk kedua kalinya bukan berarti dapat pergi keluar dengan bebas. Tetap jaga kesehatan dan lakukan prokes

Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm
Source: Tribunnews

Salah satu jenis vaksin yang ada dan telah melalui uji klinik fase 3 lebih dari 42.000 subjek di Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya seperti Maroko, Mesir, Bahrain, Jordan, Pakistan, Peru, Argentina.

Memiliki nama lain BBIBP-CorV dan berasal dari negara China. Vaksin ini sendiri terbuat dari virus yang sengaja dimatikan.

Efektifitas vaksin Sinopharm:

Sebesar 78,02 persen dari hasil data engukuran imunogenitas vaksin setelah 14 hari penyuntikan dosis ke-2, 98,09 persen orang dewasa dan 97,62 persen lansia mengalami pembentukan antibodi.

Efek Samping: terolong aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Status: Uji klinis fase III (selesai)

Rekomendasi usia: 18–85 tahun

Dosis: 2 dosis (0,5 ml per dosis) dengan jarak 21 hari

Cara kerja:

Seperti  vaksin Sinovac, yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi untuk melawan virus corona. Telah mengantongi izin penggunaan darurat dari otoritas kesehatan di China dan Arab

Vaksin CanSino

Vaksin covid -19 CanSino
Source: Berita satu

Merupakan jenis vaksin yang dikembangkan oleh peneliti di China, di CanSino Biologics dan telah memperoleh hak paten dari pemerintah pada 11 Agustus 2020. Jenis ini rencananya akan datang ke Indonesia sebagai program vaksinasi gotong royong.

Efektifitas vaksin:

Dari hasil uji vaksin CanSino ini mempunyai tingkat efektif hingga 68,83 persen guna melindungi dari paparan Covid-19, hanya dengan satu kali suntikan. Meskipun begitu para peneliti tetap memberikan saran untuk meningkatkan kemampuan vaksin ini.

Sementara dari hasil uji klinis fase III, untuk mencegah COVID-19 yang bergejala, vaksin CanSino memiliki nilai efikasi sebesar 65,28% setelah 28 hari penyuntikan dan 68,83% setelah 14 hari penyuntikan. Sedangkan untuk mencegah terjadinya COVID-19 dengan gejala berat, vaksin ini diklaim memiliki nilai efikasi sebesar 90,07% setelah 28 hari penyuntikan dan 95,47% setelah 14 hari penyuntikan.

Efek samping vaksin CanSino

  • Lemas
  • Mual
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Kemerahan, bengkak, atau nyeri pada area yang disuntik
  • Demam

Status: Memasuki tahap rolling submission

Rekomendasi usia: 18+

Dosis :Vaksin CanSino diberikan dalam dosis tunggal sebanyak 0,5 ml.

Cara kerja: Berbasis vaksin vektor yang memuat antigen dari virus corona pada patogen penyebab flu yang tidak berbahaya, yang akan merangsang tubuh mengenal dan membentuk antibodi yang kemudian bisa memberikan efek perlindungan saat tubuh terpapar virus Corona penyebab COVID-19.

Vaksin Moderna

Jenis Vaksin covid -19 Moderna
Source: CNN Indonesia

Vaksin Moderna adalah vaksin kedua yang mengantongi izin untuk penggunaan darurat di AS—menerima FDA EUA pada 18 Desember 2020, sekitar seminggu setelah vaksin Pfizer. Moderna juga merupakan vaksin mRNA, menggunakan teknologi yang sama dengan vaksin Pfizer-BioNTech dan dengan kemanjuran yang sama tinggi dalam mencegah penyakit simtomatik.

Efektifitas vaksin:

Selain itu, vaksin Moderna sedikit kurang efektif dalam uji klinis sekitar 86%pada orang yang berusia 65 tahun ke atas. Terkadang ada reaksi parah seperti anafilaksis yang terjadi, sehingga CDC mewajibkan untuk memantu penerimanya setelah vaksin.

Efek samping yang umum:

  • menggigil
  • sakit kepala
  • nyeri
  • kelelahan
  • kemerahan dan pembengkakan di tempat suntikan, yang semuanya biasanya hilang dalam satu atau dua hari.

Status: Penggunaan darurat di AS; dan sudah memiliki izin penggunaan pada Uni Eropa.

Rekomendasi usia: Dewasa 18 tahun ke atas.

Dosis: Dua suntikan, terpisah 28 hari

Cara kerjanya: Mirip dengan vaksin Pfizer, ini adalah vaksin mRNA yang mengirimkan instruksi sel-sel tubuh untuk membuat protein lonjakan yang akan melatih sistem kekebalan untuk mengenalinya. Sistem kekebalan kemudian akan menyerang protein lonjakan saat berikutnya.

Vaksin Covid – 19 Johnson & Johnson

Vaksin Covid - 19 Johnson & Johnson
Source: CNN Indonesia

Awalnya telah digunakan untuk beberapa negara, namun setelah adanya laporan medis yang menyebabkan pembekuan darah, maka jenis vaksinasi ini sempat berhenti sementara.

Efektifitas Vaksin:

Pada 27 Februari 2021, FDA memberikan persetujuan penggunaan darurat untuk jenis vaksin covid-19 ini. Pasalnya pada awal April, CDC dan FDA mengeluarkan rekomendasi bersama bagi negara-negara bagian untuk menghentikan penggunaan vaksin Johnson & Johnson karena terdapat enam laporan masalah pembekuan darah yang terjadi, pada wanita usia 18 hingga 48 tahun. Hal ini terjadi enam hingga 13 hari setelah vaksinasi

Namun pada hari Jumat, 23 April, Food and Drug Administration (FDA) mengakhiri jeda dan menambahkan label peringatan tentang gangguan pembekuan darah yang tidak biasa. Keputusan ini juga diikuti pemungutan suara oleh panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Sehingga membuka jalan bagi negara bagian untuk melanjutkan vaksinasi dengan vaksin Johnson & Johnson.

Efek samping vaksinasi covid 19:

  • Kelelahan
  • Demam
  • sakit kepala
  • nyeri di tempat suntikan

Status: Penggunaan darurat di AS; memiliki nama dengan nama JanssenUni Eropa padaUni Eropa

Rekomendasi usia: Dewasa 18 tahun ke atas.

Dosis: Satu tembakan. Pada bulan November, Johnson & Johnson mengumumkan akan meluncurkan uji klinis Fase 3 kedua untuk mempelajari menggunakan dua dosis terpisah pada dua bulan berikutnya, untuk melihat apakah vaksin itu akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Cara kerjanya: Ini adalah vaksin pembawa, yang menggunakan pendekatan berbeda dari vaksin mRNA untuk menginstruksikan sel manusia untuk membuat protein lonjakan SARS CoV-2. Telah melewati merekayasa adenovirus dari para imuwan sehingga tidak berbahaya

Masuk dalam golongan virus umum yang bila tidak dinonaktifkan, dapat menyebabkan pilek, bronkitis, dan penyakit lainnya. Namun setelah melalui proses yang panjang, dapat menghasilkan protein lonjakan untuk melatih sistem kekebalan tubuh, yang menciptakan antibodi dan sel memori untuk melindungi dari SARS-CoV-2 yang sebenarnya.

Efektif untuk mutasi virus varian Alpha. Bahkan menurut analisa yang dirilis FDA pada akhir Februari, ada 64% kemanjuran secara keseluruhan dan 82% kemanjuran terhadap penyakit parah di Afrika Selatan, di mana varian Beta pertama kali terdeteksi. Namun tetap perlu lebih banyak data untuk menentukan efektivitas vaksin terhadap varian Delta.

Vaksin Covid -19 Sputnik V

Vaksin Covid -19 Sputnik V
Source: reuters

Jenis vaksin covid-19 yang namanya berasal dari satelit luar angkasa yang diluncurkan oleh Rusia yang telah mengantongi izin WHO. Bahkan Kepala Laboratorium Universitas Negeri Novosibirsk dan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia (RAS), Sergey Netesov mengatakan kalau ada hasil yang positif dari vaksin ini

Efektifitas Vaksin:

Sputnik V disebut mampu memberi perlindungan 95 persen terhadap virus SARS-CoV-2 varian awal dan memberikan perlindungan 90 persen terhadap varian delta. Lebih lanjut jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan peneliti Rusia ini memiliki efikasi atau kemanjuran vaksin sebesar 91,4 persen setelah pemberian suntikan kedua.

Efek samping Jenis vaksin covid – 19 Sputnik V :

  • Kelelahan
  • Nyeri otot
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada area suntik
  • Demam atau menggigil

Status: –

Rekomendasi usia: 18+

Dosis: Dosis vaksin adalah 0,5 ml dalam sekali punyuntikan, dan perlu 2 kali penyuntikan dengan rentang waktu 21 hari.

Cara kerja: Terbuat dari modifikasi protein pada dua jenis adenovirus, yaitu  adenovirus 26 (Ad26) dan adenovirus 5 (Ad5), yang akan memicu sistem imun untuk membentuk antibodi untuk melawan virus Corona penyebab COVID-19.

Selain itu ada juga Vaksin Merah Putih buatan Indonesia yang juga sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat “Apakah Indonesia sedang mengembangkan vaksin Covid-19?

Bekerja sama dengan Lembaga Biomolekuler Eijkman, PT BioFarma masih terus melakukan pengembangan dan penelitian terhadap vaksin COVID-19. Uji klinis terhadap vaksin ini rencananya baru akan dimulai sekitar bulan Juni 2021

Nah, itu dia bicara seputar jenis vaksin COVID 19 dan jika masih ragu kamu dapat membaca terlebih dahulu jenis vaksin serta efek sampingnya

namun untuk informasi selengkapnya serta kemajuan jenis vaksin covid di indonesia yang aman untuk anak maupun ibu hamil, ikuti terus perkembangan infonya. Serta pastikan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi, juga memiliki perlengkapan kesehatan yang berguna untuk memantau kesehatan seluruh anggota keluarga.

2 KOMENTAR