Cara Menanam dan Merawat Tumbuhan Vanili

0
217

Tumbuhan vanili (Vanilla plantifolia) sering dikenal hanya sebagai “vanila” karena tanaman ini adalah sumber perasa vanila alami yang digunakan secara luas dalam makanan penutup ataupun minuman. Meskipun merupakan tantangan untuk membuat tanaman ini agar berbunga dan menghasilkan benih dari mana biji vanili dapat dipanen, tanaman ini sangatlah unik. Yuk, baca terus untuk mengetahui cara menanam dan merawat tumbuhan vanili!

tumbuhan vanili

Sumber: escoffier.edu

Tumbuhan Vanili Anggrek

Tumbuhan anggrek vanili adalah spesies tropis yang membutuhkan suhu dan kelembaban tinggi untuk bertumbuh. ranting-rantingnya merambat hingga puncak pohon dengan alur zig-zag, menghasilkan daun yang panjang berbentuk tombak. Setiap cabang yang mekar akan menghasilkan satu hingga dua lusin bunga yang berwarna krem, dengan total beberapa ratus bunga pada pokok ranting yang matang.

Banyak tumbuhan anggrek vanili orang tanam sebagai tanaman hias oleh mereka yang suka berkebun dan dapat merawatnya. Karena, tanaman ini membutuhkan kondisi yang harus Anda jaga dengan hati-hati. Anggrek vanili bukanlah tanaman yang cocok untuk pekebun pemula karena tidak mudah menanamnya.

Cara Menanam Vanili

Anggrek vanila, seperti kebanyakan tanaman anggrek, akan tumbuh paling baik pada tempat teduh tetapi lembab. Anda harus meniru lingkungan asli tumbuhan ini serta mungkin menggunakan kombinasi kontrol suhu dan kabut dan irigasi yang memanjakan.

Pada habitat aslinya, pohon anggrek vanila dewasa dapat tumbuh dari 75 sampai 100 kaki tingginya. Jangan repot-repot untuk menyediakan kisi-kisi yang mewah karena kayu sederhana sudah cukup lebih kuat dan akan segera ditutupi oleh tanaman Anda.

Kesabaran adalah kunci bagi Anda yang ingin memanen buah vanili, karena tanaman ini membutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima tahun untuk matang dari batangnya untuk memproduksi bunga.

Jika sudah berbunga dan berbuah, batang-batang polong hijau kecil akan terbentuk dalam waktu seminggu. Dan mereka akan tumbuh memanjang hingga 6 inci dan akan siap untuk Anda panen dalam 9 sampai 10 bulan kemudia.

Cahaya Matahari

Anggrek vanili lebih menyukai naungan yang cerah dan akan mentolerir sinar matahari pagi tapi tidak untuk terlalu lama.

Tanah Tumbuhan Vanili

Tanamlah anggrek vanila Anda dalam campuran tanah dan kulit serbuk kayu dalam pot. Ini akan membuat tanahnya sedikit lebih padat dan berat daripada tanaman lain pada umumnya. Pada awalnya, tanaman Anda akan membutuhkan drainase dan nutrisi yang sangat baik untuk memberi makan tanaman saat ia sedang tumbuh berkembang. Setelah pohon Anda mengembangkan akar epifitnya, ia tidak akan lagi bergantung pada akar dalam pot Anda.

Air

Menyiram tanaman Anda berarti menjaga pertumbuhannya dan struktur teralis kayu harus tetap lembab, karena tanaman mengembangkan “akar udara” yang menarik uap air dari udara. Biarkan campuran tanah dalam pot mengering sedikit sebelum setiap penyiraman, tetapi Anda harus tetap pertahankan kadar kelembaban yang tinggi pada lingkungannya, karena di sinilah akar udara mendapatkan kelembabannya.

Suhu dan Kelembaban Tumbuhan Vanili

Suhu ideal untuk tanaman ini adalah sekitar 15 sampai 21 derajat celcius pada malam hari. Dan, sekitar 26 hingga 32 derajat pada siang hari. Tanaman ini tidak tahan terhadap cuaca dingin. Sehingga, jika Anda tidak tinggal di iklim yang tropis, Anda harus menanamnya dalam rumah kaca.

Semprotkan tanaman Anda secara teratur dan lakukan segala upaya untuk menjaga tingkat kelembapan setinggi 80 persen. Lalu, mereka juga memerlukan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah pembusukan atau jamuran pada tanaman.

Pupuk Tumbuhan Vanili

Beri pupuk untuk tumbuhan anggrek vanila Anda setiap dua minggu sekali saat sedang musim semi dan musim panas dengan pupuk khusus tumbuhan anggrek. Jangan memberi pupuk yang terlalu banyak, tetapi tetap harus memupukinya dengan teratur.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu cara menanam dan merawat tumbuhan vanili. Anda bisa membeli lilin beraroma vanilla ataupun pengharum ruangan berbetuk spray wangi vanilla untuk rumah Anda, berikut adalah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Candle Lite Creamy Vanilla Swirl Lilin Aromaterapi 510 Gr beli di Ruparupa.com

Little Trees Spray Aerosol Vanillaroma Pengharum Ruangan beli di Ruparupa.com

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!