5 Tips Siapkan Sahur Cepat dan Praktis 

0
545
Tips Siapkan Sahur

Hai Ruppers, bagaimana puasa Anda? Bagi para Ibu, selama bulan puasa tanggung jawabnya bertambah untuk menyiapkan hidangan berbuka dan sahur bagi seluruh anggota keluarga yang berpuasa. Selama berpuasa, tentunya Anda akan berusaha untuk menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi lengkap, agar ibadah puasa berjalan lancar dan badan tetap bugar beraktifitas seperti biasa. Semoga tips siapkan sahur cepat dan praktis ini dapat membantu Anda.

Untuk menu sahur, memang dibutuhkan perhatian khusus karena waktu memasak yang terbatas. Menu perlu dipersiapkan secara matang dari sisi waktu persiapan, waktu masak, hingga bahan yang dibutuhkan. Tidak mungkin kan kita pergi ke warung untuk membeli bumbu atau bahan masakan yang terlewat.

5 tips siapkan sahur berikut ini agar lebih cepat dan praktis:

1. Masak beberapa menu favorit dalam jumlah banyak

Pilih menu-menu favorit keluarga untuk dimasak dalam jumlah banyak untuk 2 minggu kedepan. Misalnya rendang, ayam ungkep, semur, atau menu lauk lainnya. Setelah dimasak, Anda tinggal simpan di tempat penyimpanan makanan dalam porsi sekali makan. Untuk ayam ungkep, Anda tinggal menggoreng atau membakarnya, atau bisa juga divariasikan menjadi menu lain seperti opor misalnya karena ayam sudah empuk dan berbumbu lezat. Tinggal kombinasikan menu dengan tambahan sayur lainnya.

2. Masak makanan berkuah pada sore hari

Proses memasak makanan berkuah dapat dimasak pada sore hari, sehingga saat sahur Anda hanya tinggal memanaskan. Ada keuntungan lain dengan memasak makanan berkuah di sore hari, karena rasa masakan akan lebih meresap. Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk makanan bersantan seperti lodeh, opor ayam, dan lainnya.

3. Sediakan 1 menu yang sama saat buka dan sahur

Anda bisa memanfaatkan menu yang sama saat buka tadi sore. Dengan demikian waktu memasak lebih ekonomis, dan tidak ada makanan yang tersisa. Anda juga bisa memodifikasi lauk berbuka untuk dijadikan menu baru sat sahur. Misalnya jika Anda berbuka dengan ayam goreng, sisa ayam goreng bisa ditambahkan sedikit sambal dan jadilah ayam goreng balado.

4. Tumis sayuran

Untuk menu sayuran, Anda bisa menumis sayuran saat sahur. Persiapkan bahan-bahan sebelum tidur, agar saat sahur Anda tidka lagi membutuhkan waktu lama untuk menyiangi kangkung atau bayam. Dan memang dari segi nilai gizi pun, sayuran yang dimasak sesaat sebelum dimakan memiliki nilai gizi lebih. Sayuran segar dapat meningkatkan selera makan lho.

5. Siapkan lauk kering dan sambal

Biasakan untuk menyiapkan lauk kering dan sambal siap saji selama bulan puasa. Lauk kering dan sambal ini akan sangat membantu jika Anda kehabisan ide ataupun bangun kesiangan. Sediakan kering kentang, abon, kering tempe, dan lainnya sesuai dengan selera keluarga Anda.

Nah selain 5 tips siapkan sahur di atas, jangan lupa juga untuk biasakan memasak nasi sebelum tidur ya. Agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bangun kesiangan, ataupun mati listrik saat sahur, Anda tetap bisa menikmati sahur berupa nasi dengan lauk kering dan sayur lainnya. Dengan persiapan yang matang, maka memasak sahur jadi lebih menyenangkan.

Ayo lengkapi berbagai kebutuhan memasak yang praktis dengan koleksi alat masak berkualitas dan inovatif dari Ruparupa.com!