5 Tips Merawat Anjing Shih Tzu Agar Tetap Sehat dan Bulu Terjaga

0
1365
Tips merawat anjing shih tzu
Sumber: unsplash.com

Shih Tzu merupakan salah satu jenis anjing yang paling banyak dipelihara karena penampilannya yang manis layaknya boneka. Namun, tidak seperti kebanyakan ras anjing, merawat anjing Shih Tzu ternyata membutuhkan keterampilan dan perhatian ekstra. 

Pasalnya, anjing berkaki pendek ini mudah terserang penyakit bila tidak diperhatikan kesehatannya. Selain itu, bulunya yang panjang juga harus dirawat sebaik mungkin karena dapat memengaruhi kesehatan psikologis ras anjing ini. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Anjing Shih Tzu

Sebagai pecinta anjing, tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa cara merawat anjing Shih Tzu agar tetap sehat dan aktif. 

1. Pertahankan Berat Badan Ideal 

merawat anjing shin tzu
Sumber: unsplash.com

Perhatikan berat badan Shih Tzu secara berkala. Sebab, ini akan memengaruhi kesehatan dan panjang umurnya. Apalagi, mereka ini mudah mengalami obesitas karena badannya yang kecil dan berkaki pendek. 

Berat badan ideal Shih Tzu biasanya berkisar antara 4-7 kg. Jadi, kamu bisa membatasi porsi makannya dan memberikan dog food rendah lemak atau makanan dengan nutrisi seimbang. 

2. Sisir Bulu Shih Tzu Setiap Hari 

Shih Tzu memang dikenal dengan bulunya yang panjang dan mengkilap. Bahkan, banyak pemilik ras anjing ini sengaja memanjangkan bulunya hingga menjuntai ke lantai agar bisa diikat dan didandani.

Untuk menjaga bulu tidak kusut, kamu perlu menyisirnya setiap hari dengan sisir bergigi renggang dan lembut. Sisir jenis ini bisa menjangkau bagian dalam mantel bulu tanpa menyakiti mereka.

 

perawatan anjing shih tzu
M-pets Sisir Anjing 499

Cek di sini

sisir shih tzu
M-pets Sisir Hewan Mini – Biru

Cek di sini

3. Berikan Kebebasan 

aktivitas anjing shih tzu
Sumber: unsplash.com

Meskipun Shih Tzu tidak bisa melakukan aktivitas luar ruangan terlalu lama, bukan berarti kamu harus mengurungnya di kandang setiap waktu.Membatasi ruang bergeraknya hanya akan membuat mereka merasa stress dan meningkatkan perilaku agresif.

Kamu bisa membiarkannya bergerak dengan bebas di dalam rumah atau membawanya jalan-jalan sore. Agar kaki dan bulu Shih Tzu tidak kotor, kamu bisa memasangkan sepatu khusus anjing yang sesuai dengan ukurannya seperti berikut.

anjing shih tzu
Pawise Ukuran Xs Sepatu Anjing

Cek di sini

sepatu anjing
Pawise Ukuran S Sepatu Anjing

Cek di sini

4. Gunakan Shampoo yang Tepat

Karena bulunya yang panjang layaknya rambut manusia, Shih Tzu memerlukan jenis sampo yang tepat agar bulunya tetap halus dan mengkilap. Kamu bisa memandikannya minimal seminggu sekali dengan suhu air normal.

Baca Juga:   4 Jenis Sisir Anjing dan Cara Memilih yang Tepat

Setelah itu, segera keringkan bulu Shih Tzu dengan menggunakan hairdryer agar mencegah tumbuhnya jamur. 

 

tipe merawat anjing kecil
Gold Medal Moisturize Clean Scent Sampo Anjing 500 Ml

Cek di sini

perawatan anjing berbulu panjang
Pet Kingdom 60 Ml Kondisioner Anjing Oatmeal & Honey

Cek di sini

5. Berikan Suplemen Setelah Makan

Kamu bisa memberikan suplemen setelah makan atau mencampurkannya ke dalam makanan anabul, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Suplemen ini tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuhya, tetapi juga bisa menjaga bulunya. 

Suplemen ini ada yang bertekstur gel, pil, sirup, serta bubuk. Jadi, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan.

 

suplemen hewan
Bok Bok 250 Ml Suplemen Anjing Fish Oil

Cek di sini

vitamin anjing
Trick Or Treat 200gr Suplemen Anjing Salmon Oil

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa tips dasar dalam merawat anjing Shih Tzu yang harus kamu ketahui. Semua produk di atas bisa kamu dapatkan dari Pet Kingdom melalui situs belanja online ruparupa.com

Dapatkan kebutuhan hewan peliharaanm hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan aneka dekorasi berkualitas lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu Informa, Selma, ACE, dan masih banyak lagi.