8 Tips Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

0
1505
tips mencegah bau mulut
Sumber: Pixabay

Dalam menjalankan ibadah puasa, terkadang kita menghadapi persoalan ringan, tetapi bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Salah satu yang hal yang paling tidak bisa kita hindari, yakni bau mulut.

Hal ini memang biasa terjadi karena mulut akan menjadi kering akibat tidak ada asupan air. Inilah yang membuat area mulut menjadi tempat berkumpulnya kuman menyebab bau mulut tidak sedap.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, kita tetap harus menjaga kebersihan mulut sehingga tidak meninggalkan bau yang kurang sedap.

Bagaimana Cara Cegah Bau Mulut Di Bulan Puasa?

Tidak hanya menggosok gigi, ternyata ada beberapa hal lainnya yang harus kamu lakukan untuk mencegah bau mulut selama menjalankan ibadah puasa. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Menggosok gigi

Menggosok gigi adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lupakan saat menjalankan puasa. Dengan menyikat gigi, kamu bisa mengangkat kotoran sisa makanan agar tidak menjadi sangat bakteri penyebab bau mulut.

Tidak hanya gigi, kamu juga harus membersihkan permukaan lidah dengan menggunakan permukaan bergerigi pada bagian atas sikat gigi, atau dengan sikat gigi yang halus.

Pastikan kamu rutin sikat gigi setelah selesai menyantap menu sahur dan buka puasa agar mulut lebih segar.

mencegah bau mulut
Sumber: Freepik

2. Minum air putih yang cukup

Kekurangan cairan saat puasa dapat menyebabkan mulut kering dan tingkat produksi saliva atau air liur akan menurun. Hal ini akan mengakibatkan penumpukkan bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Untuk itu usahakan untuk minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari selama puasa. Kamu bisa mengikuti metode minum saat puasa dengan  pola 2-2-4, yakni 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat makan malam.

Baca Juga:   Mudik Dengan Mobil Pribadi

3. Mengunyah permen karet

Setelah menyantap menu sahur, kamu bisa mencegah bau mulut berlebihan dengan mengunyah permen karet. Carilah rasa permen karet yang segar, seperti peppermint, yang tidak mengandung gula agar tidak merusak gigi.

Dengan mengunyah permen karet, sisa-sisa makanan di sela-sela gigi akan lebih mudah terangkat karena sifat lengket yang dimiliki oleh permen karet. Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan produksi air liur untuk menjaga kesehatan mulut.

mencegah bau mulut
Sumber: Freepik

4. Tidak merokok

Selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan merokok. Selain menjadi hal yang membuat batal puasa, senyawa yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan gigi yang berujung pada timbulnya bau mulut.

5. Makan jeruk

Rasa segar yang terkandung dalam buah jeruk bisa meningkatkan produksi air liur untuk menumpas bakteri penyebab bau mulut.

Selain mampu mencegah bau mulut, konsumsi buah jeruk juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi karena vitamin C, yang terkandung dalam buah jeruk.

mencegah bau mulut
Sumber: Freepik

6. Membersihkan karang gigi

Usahakan untuk membersihkan karang gigi sebelum berpuasa. Dengan memiliki gigi yang sehat, maka akan meminimalisir tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.

Karang gigi sendiri dapat terbentuk karena tumpukan sisa makanan yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. Akhirnya, ini akan menyebabkan kotoran mengeras dan menjadi karang gigi.

Untuk itu, sangat dianjurkan buat membersihkan karang gigi minimal 6 bulan sekali.

7. Pilih makanan yang tepat saat sahur

Cara cegah bau mulut saat bulan puasa berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut berlebihan saat sahur.

Baca Juga:   Ultah Ke-6, Ruparupa.com Banjir Promo FUNTaSIX Selama Ramadan

Pilihlah makanan yang tepat dan segar agar kebersihan mulut tetap terjaga. Kamu bisa konsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran yang kaya akan gizi. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt setelah makan untuk menetralisir asam di dalam mulut.

8. Minum teh hijau

Tidak hanya air putih, minum teh hijau saat sahur dan berbuka juga bisa jadi solusi untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Namun, hindari menambahkan gula ke dalamnya, karena akan menghilangkan khasiat teh tersebut.

Selain bisa mencegah bau mulut, teh hijau juga berperan aktif sebagai antioksidan yang bisa mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam mulut dan gusi, loh.

teh hijau
Sumber: Pixabay

Nah, itu tadi beberapa cara mencegah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa yang bisa kamu coba agar tampil percaya diri walau sedang berpuasa.

Kamu bisa menemukan berbagai produk rekomendasi untuk mempersiapkan menu berbuka dan sahur hanya di ruparupa.

Temukan perlengkapan sahur dan buka puasa hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand-brand terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, Selma, Krisbow, Toys Kingdom, ATARU, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Berikut ini kami punya rekomendasi perlengkapan masak dan dapur yang bisa kamu gunakan selama bulan puasa.

set piring makan
Appetite 20 Cm Set 3 Pcs Fujiri Piring Saji – Biru/putih

Beli di sini

peralatan dapur
Memoo 800 Ml Panci Elektrik Multifungsi – Putih

Beli di sini

panci kukus
Kels 1.2 Ltr Moku Panci Kukus Multifungsi – Hijau Mint

Beli di sini

peralatan masak
Kris 16 Cm Panci Saucepan Tutup Kaca

Beli di sini

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.