Ini 8 Penyakit Saat Lebaran yang Sering Muncul

0
493
penyakit saat lebaran
Sumber: Freepik

Salah satu cara memeriahkan Hari Raya Idul Fitri adalah menghidangkan makanan khas lebaran untuk anggota keluarga dan tamu yang bertandang ke rumah. Umumnya, menu makanan tersebut terbuat dari santan.

Tentu, bila kita tidak mengontrol pola makan dengan baik dan menyantap makanan  berlebihan, maka bisa-bisa masalah kesehatan pun meningkat. Jadi, kita harus berhati-hati dalam mengontrol setiap makanan yang masuk ke tubuh, ya.

Ruparupa Banner

Apa Saja Penyakit Saat Lebaran?

Biasanya, ada beberapa penyakit saat lebaran yang akan timbul dan perlu kita waspadai. Hal ini terjadi karena menu makanan yang kita konsumsi mengandung banyak minyak, cabai, dan santan.

1. Diare

Penyakit pertama yang sering kita alam ketika lebaran adalah diare. Hal ini terjadi karena kita mengonsumsi makanan berlemak tinggi, seperti santan yang berlebihan di dalam menu makanan opor, rendang, hingga ketupat sayur.

Jadi, pastikan kamu membatasi mengonsumsi makanan tersebut, ya.

penyakit saat lebaran
Sumber: Freepik

2. Sembelit

Masuknya makanan dalam waktu yang bersamaan tanpa memberikan kesempatan perut untuk beristirahat bisa menyebabkan perut tidak mampu mencerna dengan baik.

Baca Juga:   Resep Nasi Liwet Rice Cooker, Wangi dan Gurih

Akhirnya, tumpukan makanan tersebut berdiam di dalam perut. Inilah yang membuat proses pembuangan jadi tidak lancar, yang kemudian menyebabkan sembelit.

3. Sakit gigi

Makanan manis biasanya menjadi penyebab utama dari munculnya sakit gigi selama lebaran. Nah, buat kamu yang memiliki gigi sensitif, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan manis.

Bisa-bisa gigi jadi ngilu akibat menggigit makanan tinggi glukosa. Tipsnya, kamu bisa minum air putih untuk membersihkan sisa makanan yang menempel, setelah itu baru sikat gigi hingga bersih.

penyakit saat lebaran
Sumber: Freepik

4. Kolesterol

Lemak yang terdapat dalam makanan berkalori tinggi bisa membuat naiknya kolesterol dalam darah. Untuk menghindari tingginya kolesterol, kamu bisa lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta berolahraga.

5. Nyeri otot

Kelelahan merupakan sesuatu yang wajar terjadi saat kita merayakan hari besar. Apalagi, kita akan berkeliling mengunjungi rumah kerabat dan keluarga terdekat.

Nah, kamu perlu beristirahat dengan cukup dan bersantai menggunakan alat pijat, seperti rekomendasi berikut.

alat pijat
Kels Alat Pijat Kaki Fm-01 – Putih

Beli di sini

alat pijat
Lexata Bantal Pijat Leher – Hijau/hitam

Beli di sini

6. Darah tinggi

Makanan khas lebaran biasanya cenderung punya rasa yang cukup asin. Nah, penyakit lebaran berikutnya yang sering timbul adalah darah tinggi. Hal ini terjadi karena kita mengonsumsi garam yang berlebihan.

Baca Juga:   Resep Opor Ayam Kuah Putih Praktis Buat Menu Lebaran

Untuk mengecek tekanan darah kamu secara rutin, kamu bisa menggunakan alat pengukur tekanan darah berikut ini.

alat pengukur tekanan darah
Sowell 2.35 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah

Beli di sini

alat pengukur tekanan darah
Sowell 3.8 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-181

Beli di sini

7. Radang tenggorokan

Minuman bersoda, gorengan, dan makanan kaya minyak, tentu bisa membuat tenggorokan meradang karena panas tubuh naik secara tidak langsung.

Untuk itu, kamu perlu konsumsi air putih secara cukup buat menetralisir panas penyebab radang tenggorokan.

8. Gula darah naik

Penyakit saat lebaran yang bisa membuat tubuh jadi lemas adalah naiknya gula darah. Kenaikan gula darah dapat disebabkan oleh konsumsi makanan dengan glukosa tinggi.

Buat menghindari kenaikan gula tinggi, kamu bisa rutin mengecek kadar gula darah dengan alat pengecek gula dalam darah berikut ini.

alat pengukur gula darah
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Gdh-fad Stripsdg-562

Beli di sini

strip cek gula darah
Sowell Set 50 Pcs Strip Gula Darah Gdh-fad Sdas-562

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa penyakit saat lebaran yang perlu kamu hindari selama lebaran nanti. Tetap jaga kesehatan, ya.

Kamu bisa menemukan berbagai alat kesehatan praktis hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, Sowell, dan masih banyak lagi.