5 Tips Memilih Kandang Landak Mini yang Tepat dan Nyaman

0
524
Tips memilih kandang landak mini yang tepat
Sumber: unsplash.com

Landak mini menjadi salah satu hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Meski lucu dan mudah dirawat, landak mini umumnya memiliki sifat pemalu. Untuk itulah, kita perlu memilih kandang yang nyaman buat mereka. 

Tidak heran dalam memilih kandang kita harus berhati-hati. Layaknya makna rumah bagi manusia, kandang juga berfungsi sebagai tempat tinggal dan bermain hewan peliharaan. 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Kandang Landak Mini yang Sesuai?

Bila kamu adalah seorang pemula dalam memelihara landak mini, kami memiliki beberapa panduan dalam memilih kandang yang nyaman, seperti berikut ini. 

1. Perhatikan Ukuran Kandang Landak Mini

Hewan mungil berduri ini tidak membutuhkan space yang terlalu luas. Biasanya, kandang landak mini berukuran  60×60 cm atau serupa dengan kandang hamster. Namun, kita perlu menyesuaikannya lagi dengan jumlah yang dipelihara. 

Hal yang paling penting adalah pastikan ada ruang untuk meletakkan tempat makan dan spinning wheel agar landak mini tetap aktif. 

Baca Juga:   7 Cara Menjinakkan Kucing agar Mudah Diajak Bermain

 

kandang landak mini
Ferplast Criceti Space Kandang Hamster – Hitam

Cek di sini

panduan memilih kandang landak mini
Ferplast Criceti Pirates Kandang Hamster – Hitam

Cek di sini

2. Bentuk Kandang Landak Mini

Landak mini biasanya aktif dan suka memanjat. Agar tidak kabur, gunakan kandang yang memiliki bentuk garis vertikal dan punya jarak kecil. 

Hal ini juga demi keamanan mereka karena landak mini memiliki penglihatan yang buruk. Jadi, mereka bisa jatuh kapan saja bila keluar dari kandang atau ketika memanjatnya. 

3. Ventilasi Kandang

Apabila kamu menggunakan kandang yang terbuat dari plastik, pastikan kandang memiliki ruang ventilasi. Hindari juga menutup bagian ventilasi dengan kain. 

Pasalnya, landak mini membutuhkan udara segar agar tetap aktif. Selain itu, ventilasi ini juga dapat mencegah kelembaban dan bau dari sisa kotoran landak mini. 

 

 

panduan memilih kandang landak mini
Ferplast Duna Space Kandang Hamster

Cek di sini

kandang plastik landak mini
Iris Kandang Hamster Portable – Biru

Cek di sini

4. Kandang yang Mudah dibersihkan

Tentunya, kamu menginginkan hal terbaik untuk hewan peliharaanmu, bukan? Selain memandikannya secara rutin, kita juga harus rajin membersihkan kandang agar tetap higienis. 

Untuk itu, pilih kandang yang mudah dibersihkan. Perhatikan berat, ukuran, dan model kandang sebelum membeli. Hindari membeli kandang yang terlalu besar dan berat, terutama jika hanya memelihara 1-2 ekor landak. 

Baca Juga:   6 Cara Mudah Mengenalkan Nama Hewan pada Anak

5. Letakkan Serbuk Kayu dalam Kandang

Layaknya hamster, landak mini juga memerlukan serbuk kayu di dalam kandangnya. Serbuk ini berfungsi sebagai pereda bau tidak sedap yang berasal dari kotoran, serta untuk alas tidur bagi mereka.

Pastikan menggantinya setidaknya seminggu sekali atau ketika serbuk kayu sudah mulai basah untuk mencegah datangnya jamur pada tubuh landak mini. 

Serbuk kayu untuk kandang landak mini
Sumber: unsplash.com
serbuk kayu untuk landak mini, hamster
Vitakraft Serbuk Kayu Hamster 15 Ltr

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa tips memilih kandang yang nyaman buat landak mini. Kamu bisa mendapatkan kandang berkualitas dari Pet Kingdom melalui situs belanja online ruparupa.com

Temukan Perlengkapan Hewan Peliharaan Hemat Hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online yang satu ini juga menjual berbagai alat kebersihan dan mainan anak terlengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Toys Kingdom, Krisbow, Informa ACE, dan masih banyak lagi. 

Nah, kalau kamu sedang mencari kandang landak mini yang bagus, kami memiliki beberapa rekomendasi buat kamu.

 

rekomoendasi kandang landak mini
Ferplast Criceti Plane Kandang Hamster – Putih

Cek di sini

memilih kandang landak mini
Ferplast Kandang Portable Aladino Kecil 20x16x13.5 Cm

Cek di sini

rekomendasi kandang hamster
Ferplast Kandang Hamster Combi 1 Fun

Cek di sini

kandang hamster dan landak mini
Acepet Kandang Hamster Oval Spaceship

Cek di sini