6 Tips Memilih Chopper Berkualitas Beserta Rekomendasinya

0
3223
tips memilih chopper

Kalau kamu sering menangis saat mengiris bawang merah, hal tersebut bisa diatasi jika menggunakan chopper atau alat pemotong bumbu. Namun, kita harus memilih chopper yang tepat berdasarkan tips dari para ahli supaya pemakaiannya jadi maksimal.

Soalnya, chopper atau alat pemotong yang berkualitas bisa melindungi kita dari risiko terkena bilah pisaunya, mencegah kelelahan tangan, serta menghasilkan potongan yang cepat dan sempurna.

Ruparupa Banner

Bila dilihat sekilas, chopper mirip dengan blender. Namun, kedua alat masak ini punya perbedaan yang cukup besar.

Blender biasanya digunakan untuk menghaluskan bahan keras. Berbeda dengan chopper yang digunakan untuk memotong bahan makanan. Hasil potongan bahan makanan dari chopper biasanya lebih kasar dari blender. 

Jika kita ingin menghaluskan bahan makanan kering dan tidak berair, maka kita bisa memakai chopper. Namun, pastikan pilih chopper berkualitas agar hasil bahan makanan yang dipotong bisa lebih sempurna.

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Chopper Terbaik?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih chopper  sebelum membelinya.

1. Sesuaikan Material dengan Kebutuhan

Pilih wadah chopper dari bahan plastik dan kaca. Biasanya, bahan plastik bobotnya lebih ringan dibandingkan kaca. Selain itu, bahan ini  lebih kuat sehingga mudah digenggam dan tidak mudah pecah. 

Sedangkan chopper bahan kaca, biasanya berisiko mudah pecah. Namun, bahan ini lebih awet dan tidak mudah kotor, serta mudah dibersihkan.

2. Pilih Jenis yang Tepat

Ada dua jenis chopper yang bisa kamu pilih, yaitu manual dan elektrik. Jika kamu sering bepergian, pilih model chopper manual karena portabel dan tidak perlu dicolokkan ke sumber listrik. Cara memakainya cukup dengan tarik dan putar sendiri di bagian tuasnya.

Baca Juga:   7 Jenis Kulkas dan Fungsinya Agar Tidak Salah Pilih

Sedangkan chopper elektrik hanya membutuhkan sentuhan di satu tombol saja jika ingin digunakan. Soalnya, jenis ini memakai tenaga listrik agar bilah pisaunya bisa memutar.

tips memilih chopper
Saat menggunakan chopper manual, kamu bisa menggerakkan tuasnya sendiri sesuai kebutuhan dan tingkat kehalusan yang diinginkan

3. Sesuaikan dengan Kekuatannya

Jika kamu memilih chopper elektrik, maka pertimbangkan juga kekuatan atau daya arus listrik yang dibutuhkan. Biasanya, chopper elektrik memiliki daya listrik yang berbeda-beda, dari 70 watt untuk ukuran mini hingga 1.200 watt untuk ukuran besar.

Jadi, kamu perlu menyesuaikan kekuatannya dahulu dengan jumlah daya listrik di rumah.

tips memilih chopper
Chopper mini tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu banyak

4. Tentukan Jenis Bilah Pisau

Pisau chopper terbuat dari baja tahan karat yang sudah food grade. Tenang saja, logamnya bersifat non reaktif sehingga aman untuk memotong produk asam, seperti lemon dan tomat. 

Nah, hal yang paling penting adalah pilih jenis bilah pisau tambahan yang tepat. Ada chopping blades untuk memotong makanan yang bentuknya kotak. Ada juga slicing blades yang bisa mengiris sayuran jadi tipis.

tips memilih chopper
Perhatikan jenis bilah pisaunya dan kamu bisa memilih sesuai selera

5. Pertimbangkan Fitur Keamanan

Tips memilih chopper berikutnya adalah perhatikan fitur keamanan. Untuk model manual, biasanya sudah ada pelindung di bagian bilah sehingga bisa mengurangi risiko kecelakaan di dapur.

Sedangkan untuk chopper elektrik, pilih yang memiliki fitur perlindungan panas supaya tangan tidak terluka jika permukaannya terlalu panas. 

Hal yang paling penting adalah pilih chopper yang sudah memiliki lapisan anti slip di alasnya agar tidak mudah jatuh dan pecah.

Baca Juga:   10 Jenis Tanaman Outdoor yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

6. Pilih yang Multifungsi

Jika ingin membeli perlengkapan dapur yang hemat, kamu bisa memilih chopper y  multifungsi yang dilengkapi dryer di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa mengeringkan seluruh sayuran dan buah di bagian wadahnya.

tips memilih chopper
Pilih alat penggiling multifungsi yang sudah memiliki mesin pengering sayuran di dalamnya

Itu dia enam tips memilih chopper yang bisa kamu terapkan. Jika sudah membelinya, pastikan kamu merawatnya dengan baik. Pastikan untuk rutin mencuci chopper setelah digunakan.

Berikut cara mencuci chopper yang bisa kamu lakukan.

  1. Buka wadah dari mesinnya.
  2. Tuang air hangat ke dalam wadah dan tambahkan sedikit sabun cuci piring.
  3. Lalu, tutup wadah dan kembalikan ke mesinya.
  4. Nyalakan mesinnya selama 10-20 detik.
  5. Setelah itu, buang air cucian tersebut dan bilas memakai air bersih.

Nah, kalau sudah benar-benar bersih, kamu bisa mengeringkannya di atas rak piring.

Rekomendasi Food Chopper Terbaik

Jadi, apakah kamu tertarik memakai chopper? Bila ya, kami punya beberapa rekomendasi chopper terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah. 

tips memilih chopper
Memoo 300 Ml Alat Penggiling Daging & Bumbu Rechargeable

Beli di sini

tips memilih chopper
Wmf Chopper Manual Serbaguna – Hitam

Beli di sini

tips memilih chopper
Kels Belle Alat Pemotong Makanan – Putih

Beli di sini

tips memilih chopper
Kris Chopper Mini 300w

Beli di sini

tips memilih chopper
Kels Caprice Alat Pemotong Makanan

Beli di sini

tips memilih chopper
Krischef Mini Chopper

Beli di sini

 

Dapatkan perlengkapan dapur hemat 50% dengan klik di sini.

Ingin membeli perlengkapan rumah tangga, seperti perabot, alat kebersihan, dan alat perkakas?

Kamu bisa mengunjungi situs ruparupa.com yang menyediakan kebutuhan tersebut dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.