6 Jenis Alat Masak Food Grade yang Aman Digunakan

0
434
alat masak food grade

Saat membeli alat masak, kita pasti sering melihat adanya label food grade yang tertera pada deskripsi. Namun, apa itu food grade? Ini merupakan istilah yang menunjukkan standar kelayakan bahan dasar pada pembuatan alat-alat makan.

Jika suatu kemasan atau perlengkapan makan memiliki kualitas food grade, maka peralatan tersebut aman untuk bersentuhan langsung dengan makanan.

Ruparupa Banner

Tentu, memilih alat masak dengan kualitas food grade sangatlah penting. Pasalnya, ada banyak material berbahaya yang dapat menimbulkan racun jika kita gunakan untuk makan dan masak.

Bila terlalu lama dibiarkan, racun tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan sejumlah penyakit serius, seperti kanker dan alzheimer.

Lalu, Apa Saja Jenis Alat Masak Food Grade?

Untuk menjaga kesehatan diri dan anggota keluarga, tentu kamu harus mengetahui jenis-jenis alat masak yang berkualitas food grade, seperti berikut ini

1. Stainless Steel

Stainless steel menjadi salah satu bahan alat masak yang banyak digemari orang. Material satu ini terbuat dari logam kromium dan nikel. Adapun, jenis stainless steel yang tergolong sebagai food grade memiliki kode seri 201, 304, 316, dan 430.

Lalu, apa bedanya? Stainless steel 201 memiliki harga yang cukup ekonomis dengan sifat tahan panas karena mengandung 16% kromium dan 7% nikel. Sayangnya, jenis satu ini akan mudah mengalami korosi, terutama jika terlalu sering terkena garam dan air asin.

Kemudian, ada juga stainless steel seri 304 dan 316 yang tergolong dalam seri 300. Pada seri ini, stainless steel mempunyai kandungan 18% kromium dan 8% nikel sehingga tahan korosi dan tahan panas hingga 800°C.

Terakhir, stainless steel seri 430 yang mengandung 17% kromium dan 0% nikel. Tidak heran, seri satu ini cukup kokoh, tapi lebih rentan berkarat.

Kalau kamu tertarik menggunakan alat masak stainless steel, kami juga mempunyai rekomendasi terbaik yang bisa kamu pilih, seperti berikut ini.

2. Aluminium

Bahan food grade yang cukup populer berikutnya adalah aluminium. Kelebihan aluminium terletak pada harganya yang terjangkau, bobotnya yang ringan, dan tahan terhadap korosi serta suhu panas.

Aluminium yang biasa digunakan sebagai peralatan memasak dan tergolong food grade adalah aluminium 1100, 3003, dan 3004.

Aluminium 1100 bisa dikatakan sebagai aluminium paling murni karena hanya memiliki sedikit campuran. Jenis ini tidak akan mengubah rasa atau warna makanan sehingga banyak digunakan sebagai aluminium foil dan alat makan.

Kemudian, aluminium 3003 dan 3004 memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap korosi. Jenis aluminium ini juga sudah dipadukan dengan mangan sehingga lebih kuat dari aluminium 1100 dan cocok dipakai sebagai bahan pembuatan alat masak sehari-hari.

Kris Set 2 Pcs Panci Saucepan & Wajan
Kris Set 2 Pcs Panci Saucepan & Wajan
Terbuat dari bahan aluminium dan antilengket sehingga aman untuk memasak.

Beli di sini

multi cooker food grade
Kels 6 Ltr Multi Cooker – Krem
Multi cooker dilengkapi penyekat sehingga merebus jadi lebih cepat dan mudah.

Beli di sini

3. Enamel

Lapisan enamel juga tergolong sebagai material food grade dan memiliki masa pakai yang cukup panjang. Selain itu, alat masak berbahan enamel juga kokoh dan tahan terhadap suhu panas hingga 200°C.

Tidak heran, bahan satu ini seringkali dipakai untuk memasak makanan yang membutuhkan waktu lama. Namun, kamu perlu membersihkan alat masak bahan enamel dengan lebih hati-hati agar tidak merusak lapisannya dan menimbulkan karat.

Berikut adalah rekomendasi wajan dengan lapisan enamel. Tidak hanya berkualitas, wajan-wajan ini juga memiliki tampilan yang cantik mengilap, lho!

wajan enamel food grade
Krischef 31 Cm Wajan Enamel – Hitam
Menyebarkan panas merata sehilngga menggoreng dan menumis makanan jadi lebih mudah.

Beli di sini

wajan enamel
Krischef 34 Cm Wajan Enamel – Hitam
Wajan lapisan enamel dengan kapasitas lebih besar dan mudah dibersihkan.

Beli di sini

4. Plastik PP dan LDPE

Kamu punya banyak peralatan dapur plastik di rumah? Bila ya, perlu kamu mengetahui bahwa tidak semua jenis plastik memiliki kualitas food grade. Jadi, kamu harus lebih cermat saat memilih peralatan plastik yang akan bersentuhan langsung dengan makanan.

Beberapa jenis plastik yang tergolong food grade adalah plastik PP dan LDPE. Plastik PP memiliki tekstur keras dan tahan suhu panas hingga 140°C sehingga banyak dipakai untuk kotak makanan. Sedangkan plastik LDPE bisa kamu temukan pada kemasan minuman.

Baca Juga:   Sering Tertukar, Inilah 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Agar tidak salah pilih, kami juga menyiapkan sejumlah rekomendasi perlengkapan dapur plastik food grade yang bisa kamu gunakan.

wadah plastik food grade
Appetite Set 3 Pcs Aria Wadah Makanan Square
Terbuat dari plastik PP yang bebas BPA dengan tutup kedap udara.

Beli di sini

cetakan kue food grade
Cooking Color Set 4 Pcs Cetakan Kue Mini Basic – Hijau
Memiliki bentuk lucu cocok untuk jamuan spesial.

Beli di sini

5. Carbon Steel 

Carbon steel atau baja karbon terbuat dari 99% besi dan 1% karbon. Bahan satu ini sering dipakai sebagai material pembuatan alat masak karena ketahanannya terhadap panas sangat tinggi dan tampilannya yang kokoh, tapi ringan.

Hanya saja, baja karbon dapat dengan mudah berkarat sehingga kamu perlu memastikan alat masak tersebut benar-benar kering sebelum menyimpannya. Selain itu, warna dari alat masak baja karbon juga bisa berubah jika sering terkena makanan asam.

Namun, di luar semua itu, alat masak baja karbon tetaplah aman bagi tubuh dan tidak akan menimbulkan racun. Berikut adalah rekomendasi panci baja karbon kualitas terbaik yang sudah kami siapkan untuk kamu.

panci carbon steel
Selma Set 3 Pcs Emma Panci Casserole Dengan Tutup – Cokelat
Panci ini tahan suhu tinggi dan mudah untuk dibersihkan.

Beli di sini

panci food grade
Selma Sofia Set 4 Pcs Peralatan Masak – Hitam
Set peralatan masak awet dan antilengket tersedia 4 jenis panci yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Beli di sini

6. Silikon

Bahan silikon ada yang berkualitas food grade dan tidak. Jika digunakan untuk memasak, seharunya bahan silikon ini tidak berbau dan tidak berubah bentuk.

Tidak seperti alat masak lainnya, bahan silikon tidak memiliki sifat korosif sehingga lebih awet. Selain itu, bahan satu ini juga tahan terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba dan dapat dipakai pada suhu tinggi hingga 220°C.

Kamu dapat dengan mudah menemukan bahan silikon pada peralatan memanggang, spatula, dan dot bayi. Tentunya, utensil dapur berbahan silikon ini juga cukup ekonomis sehingga aman untuk kantong.

penjepit silikon
Ataru 22.8 Cm Penjepit Makanan Silikon – Biru
Memiliki desain ergonomis dan tahan panas serta tidak akan merusak lapisan wajan.

Beli di sini

spatula silikon food grade
Ataru Set 9 Pcs Alat Masak Silikon – Biru
Set alat masak dengan tempat penyimpanan dan tahan suhu panas.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa jenis alat masak food grade yang wajib kamu tahu. Sebelum membeli, pastikan untuk mengecek label dan kondisi peralatan masak terlebih dahulu agar tidak membahayakan kesehatan kamu dan keluarga, ya!

Dapatkan peralatan masak kualitas terbaik hanya dari Ruparupa.

Situs belanja satu ini juga menyediakan banyak perlengkapan dapur dan rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi! Yuk, kunjungi sekarang!