Panci dan wajan adalah perlengkapan masak yang penting dan wajib ada di dapur setiap orang. Di pasaran tersedia banyak sekali jenis panci dan wajan dengan berbagai model, ukuran, hingga kegunaan. Bagi Anda yang baru mulai berkecimpung di dunia masak, atau mungkin baru menikah dan sedang mengumpulkan perlengkapan masak untuk di rumah, pasti Anda cukup kesulitan menentukan panci dan wajan yang cocok. Padahal, untuk mendapatkan hasil masakan yang sempurna, sebenarnya Anda tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli beragam jenis panci dan wajan.

Beragam Jenis Panci dan Wajan

jual peralatan masakPanci

Bentuknya silinder dan memiliki gagang di dua sisi, atau gagang panjang di satu sisi. Banyak sekali jenis panci yang tersedia di pasaran, namun Anda hanya perlu memiliki dua panci dengan ukuran sedang dan besar. Panci berukuran sedang dapat digunakan untuk memanaskan cairan (susu, saus, air), memasak telur dan aneka masakan berkuah dalam jumlah sedikit. Sedangkan panci berukuran sedang dapat digunakan untuk memasak pasta, sup dan aneka masakan berkuah dalam jumlah besar. Lebih baik pilih panci yang memiliki tutup untuk mempercepat proses memasak. Bahan utama panci sangat beragam, dari mulai tembaga, stainless steel, aluminum hingga enamel. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan panci Anda memiliki dasar yang cukup tebal (heavy-bottomed) karena menghantarkan panas lebih baik dan stabil. Panci yang beralas tipis hanya akan lebih cepat menghanguskan masakan Anda.

jual peralatan masakWajan Datar

Wajan datar atau frying pan tidak memiliki dinding setinggi panci oleh karena itu digunakan untuk menggoreng, menumis, bahkan memanggang. Wajan datar memiliki gagang panjang di satu sisi yang berguna untuk mengaduk masakan tanpa bantuan sutil atau sodet. Pilih wajan berukuran diameter minimal 20 cm untuk memasak masakan dalam porsi kecil, bisa juga untuk mendadar telur atau pancake. Jika Anda tak mau berurusan dengan wajan yang lengket, Anda bisa memilih wajan anti-lengket seperti Teflon tetapi Anda harus teliti betul dalam merawat wajan berlapis Teflon agar lapisannya tidak mudah terkelupas. Jika Anda ingin wajan yang lebih kuat dan tahan lama, pilih wajan beralas tebal yang terbuat dari stainless steel atau aluminum.

jual peralatan masakWajan Cekung

Wajan yang juga dikenal dengan nama wok ini sangat biasa digunakan oleh keluarga Asia untuk memasak aneka tumisan berbahan dasar sayuran. Karena sayur tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasak, penggunaan wok akan memudahkan proses pemasakannya. Bentuknya yang lebar dan cekung menghantarkan panas yang merata ke seluruh permukaan wajan. Karena bentuknya juga, wok sering digunakan untuk menggoreng dengan minyak banyak (deep-frying). Agar wok tidak mudah lengket dan berkarat, sebelum digunakan perlu dilakukan pelapisan (seasoning) terlebih dahulu dengan menggunakan minyak.

Perlengkapan masak yang Anda butuhkan sebenarnya tidak perlu terlalu banyak, bukan? Jika Anda sudah mengenal dan memahami fungsi dari masing-masing jenis panci dan wajan, Anda tak perlu menumpuk banyak, sehingga dapur Anda tetap rapi dan kegiatan masak sehari-hari lebih efektif dan efisien. Masih perlu menambah koleksi panci Anda? Temukan beragam jenis panci dan wajan di sini.

Selamat memasak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here