7 Manfaat Menanam Monstera di Rumah

0
9103
Sumber: Unsplash.com

Monstera termasuk salah satu tanaman hias indoor yang sedang populer belakangan ini. Selain berwarna hijau yang cantik, Monstera juga punya bentuk daun yang unik. Tak sampai di situ, ternyata Monstera memiliki banyak manfaat, lho!

Selain dapat menjadi dekorasi yang menyejukkan mata, Monstera juga bisa memperbaiki kualitas udara di ruangan. Apalagi, tanaman ini cukup mudah untuk kita rawat karena bisa tumbuh subur di dalam ruangan yang minim cahaya.

Ruparupa Banner

Keuntungan Punya Tanaman Hias Monstera

Lalu, apa saja keuntungan lain bila merawat tanaman hias Monstera di rumah? Yuk, simak berikut ini.

1.  Menjernihkan Udara

Sebuah penelitian dari NASA tentang udara bersih, ternyata menemukan kalau tanaman berdaun hijau dan lebar seperti Monstera, ternyata efektif menyingkirkan zat-zat beracun dari udara. 

Meskipun Monstera tidak bisa menghilangkan semua zat beracun, tetapi setidaknya tanaman ini dapat mengurangi bahaya udara kotor di rumah. 

Selain itu, Monstera juga bisa menyerap kandungan bahan kimia di rumah, yang bisa menyebabkan berbagai gangguan, seperti pusing, reaksi alergi, gangguan pernapasan, dan lain-lain.

Sumber: Unsplash.com

2. Mengurangi Stres

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan ternyata efektif untuk mengurangi stres dan depersi, baik secara mental maupun fisik. Warna daun monstera yang berwarna hijau dapat meningkatkan mood dan memberi suasana sejuk dan nyaman.

Baca Juga:   12 Contoh Tanaman Stek Batang Terbaik

Tanaman ini pun cukup memanjakan mata ketika sedang jenuh bekerja. Dengan melihat keindahannya selama beberapa detik, kita pun bisa kembali bersemangat lagi.

Sumber: Unsplash.com

3. Menghasilkan Udara Bersih

Salah satu keunikan monstera adalah menghasilkan oksigen pada malam hari. Oleh karena itu, kamu bisa meletakkan tanaman ini di ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar tidur. 

Dengan meletakkan monstera di ruangan, udara akan lebih segar karena oksigen lebih banyak dan zat berbahaya diserap.

Jadi, tidak hanya bentuknya yang cantik, tanaman ini jelas dapat meningkatkan kualitas udara di rumahmu.

Sumber: Unsplash.com

4. Menjaga Kelembaban Ruangan

Monstera memiliki sistem akar dan daun tanaman epifit, yang hidup dengan menumpang pada tanaman lain. 

Di alam terbuka, biasanya tanaman Monstera akan menyerap kelembaban dan nutrisi dari udara atau puing-puing di sekitarnya. Tidak heran bila tanaman monstera bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol tingkat kelembaban dan suhu di dalam rumah. 

Sumber: Unsplash.com

5. Simbol Panjang Umur dan Kemakmuran

Tanaman Monstera sangat cocok diberikan sebagai kado untuk orang tua dan juga sahabat terdekat. Apalagi, tanaman ini memiliki simbol panjang umur, kesehatan, serta kemakmuran.

Selain itu, dalam tradisi China, tanaman ini pun bisa menjadi tanda hormat kita terhadap seseorang, termasuk orang yang lebih tua.

Baca Juga:   10 Tanaman Hias Spesies Perwakilan

Secara feng shui, tanaman Monstera biasanya tumbuh cepat ke atas dan ke arah luar. Pertumbuhan ini dipercaya dapat memberikan energi positif untuk kehidupan kita.

Sumber: Unsplash.com

6. Bisa Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Selain bisa menghilangkan racun di udara dan menyerap lembap, tanaman Monstera juga ampuh untuk mengatasi bau tidak sedap.

Tidak hanya itu, tanaman hias satu ini dapat mencegah bau apek di dalam rumah, yang sering terjadi karena adanya jamur dan lumut akibat kelembapan di dalam ruangan.

7. Meningkatkan Estetika di Dalam Rumah

Di balik semua manfaat dan simbol monstera tersebut, tanaman ini tentunya dapat meningkatkan estetika rumahmu.

Daun yang lebar dan bentuknya unik akan membuat ruangan terlihat lebih mewah dan menciptakan kesan elegan.

Tanaman Monstera juga memiliki daun berwarn ahijau pekat yang mengkilap. Bila kamu meletakkannya di area ruang tamu, tentu bisa menjadi pusat perhatian banyak orang. 

Sumber: Unsplash.com

Itu dia 6 manfaat dari tanaman hias  satu ini. Jadi, apalagi yang membuat kamu ragu untuk menanam monstera di rumah?

Tenang, kami memiliki beberapa rekomendasi alat berkebun dan merawat tanaman hias kesayangan kamu di rumah dari Ruparupa.com yang berkualitas tinggi. Yuk, simak berikut ini.

Pot bunga dari plastik yang awet dan kokoh ini siap membuat rumahmu tampak lebih alami. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Penyangga pot yang kokoh ini dapat mempercantik ruangan dengan desiannya yang minimalis dan betnuknya yang unik. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Rak tanaman ini dapat membantu kamu menata tanaman kesayangan menjadi lebih menarik. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Media tanam ini dijamin membuat tanamanmu tumbuh subur. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini