Agar Tidak Bikin Sempit, Cek 5 Tips Pilih Rak Buku Ini

0
2240
Sumber: Ruparupa.com

Rak buku adalah furnitur yang bisa digunakan untuk menyimpan buku, sekaligus meletakkan berbagai pajangan kekinian dan foto keluarga. Untuk itulah, kami punya tips pilih rak buku agar rumah tetap terlihat menawan.

Bila tidak memilih rak buku dengan tepat, bisa-bisa ruangan jadi terasa sempit. Selain model rak buku, perhatikan juga bahan dari rak tersebut agar tetap kuat dan tahan lama.

Ruparupa Banner

Rak buku ini juga bisa berfungsi untuk membuat perpustakaan mini di rumah agar terlihat lebih estetik dan menawan.

Tips Pilih Rak Buku yang Tepat

Lalu, bagaimana cara memilih rak buku yang tepat? Nah, kamu hanya perlu memerhatikan  5 hal berikut ini ketika membeli rak buku.

1. Bahan Pembuatan Rak Buku

Tips pertama dalam pilih rak buku yang tepat adalah melihat bahan yang digunakan. Bila kamu memilih rak buku dari bahan kayu, pastikan rak tersebut memakai kayu dari pohon ek, jati, dan meranti cenderung lebih tebal dan keras, sehingga lebih tahan lama.

Sementara itu, kayu dari pohon cemara atau pinus cocok untuk rumah dengan tema dekorasi cottage atau klasik.

Namun, ada juga rak yang terbuat dari papan partikel. Biasanya, bahan ini memiliki tampilan yang mirip dengan kayu, tetapi harganya lebih murah dan bobotnya lebih ringan.

Sayangnya, rak dari papan partikel pun tidak sekokoh rak dari kayu asli. Untuk itu, pastikan kamu tidak menyimpan terlalu banyak barang yang berat di lemari papan partikel.

Selain itu, ada juga rak buku yang terbuat dari bahan besi dan logam, yang lebih ringan. Rak besi cocok untuk tema rumah minimalis karena bisa membuat ruangan  terlihat bersih dan modern.

Baca Juga:   7 Perpaduan Warna Biru yang Memberikan Ketenangan Di Rumah

Berikut ini kami punya rekomendasi rak buku kayu yang bisa jadi pilihan buat rumah kamu.

Rak buku warna coklat ini bisa memberikan kesan nyaman dan hangat ke ruangan. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

2. Desain Rak Buku

Tips berikutnya dalam pilih rak buku yang perlu diperhatikan adalah desain rak buku tersebut. Agar rak buku tetap membuat ruangan terlihat menawan, pastikan desainnya sesuak dengan tema ruangan.

Umumnya, desain rak buku yang paling populer berbentuk rak sudut seperempat lingkaran. Bentuk rak buku ini tidak makan tempat dan tersedia dalam berbagai macam design.

Berikutnya, ada juga rak buku kubus, yang terbuat dari papan partikel yang tidak terlalu berat. Seperti namanya, rak buku kubus terdiri dari jajaran tempat penyimpanan berbentuk kubus. Biasanya terdiri dari 9-12 tempat penyimpanan.

Rak buku kubus cocok untuk meletakkan koleksi buku, dekorasi, atau bingkai foto. Rak buku kubus bisa diletakkan menempel ke dinding, atau digunakan sebagai pembatas ruangan.

Jenis rak buku yang tak kalah populer adalah rak buku yang berbentuk seperti tangga. Rak buku ini umumnya terbuat dari logam dan disusun berjenjang dari bawah ke atas secara bertahap, seperti tangga.

Rak buku tangga cocok kamu letakkan menempel ke dinding. Letakkan koleksi buku atau tanaman kamu. Dijamin, ruangan pasti terlihat lebih segar dan natural.

Nah, berikut ini kami punya rak buku dari bahan kayu dengan desain minimalis yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Rak buku tangga yang unik ini siap bikin ruangan kamu jadi lebih menarik. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

3. Ukuran Rak Buku

Salah satu hal paling penting yang wajib kamu perhatikan saat mau beli rak buku adalah ukuran. Mengapa? Karena hal tersebutlah yang akan memengaruhi tampilan dan proporsionalistas ruangan.

Jika kamu memilih rak buku yang terlalu besar, maka ruangan kamu akan terasa sempit dan sesak. Sebaliknya, jika rak buku terlalu kecil, maka ruangan kamu akan terasa kosong dan tak bernyawa.

Baca Juga:   7 Cara Membuat Ruang Tamu Serba Hitam Jadi Mewah

Oleh karena itu, pastikan kamu telah mengukur ruangan terlebih dahulu dan telah memikirkan letak rak buku. Hal ini juga akan memudahkan kamu dalam memilih rak buku.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi rak buku multifungsi yang bisa kamu letakkan ke dinding.

Rak buku serbaguna satu ini cocok kamu letakkan di dapur, kamar, maupun ruang tamu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

4. Fungsi Rak Buku

Tips pilih rak buku berikutnya yang perlu diperhatikan adalah fungsi dari rak buku tersebut. Bila kamu ingin membuat perpustakaan mini, maka pilihlah rak buku yang cukup tinggi dengan banyak ruang penyimpanan.

Namun, jika kamu mau rak buku menjadi pembatas ruangan, maka pertimbangkan rak buku berbentuk kubus dengan desain minimalis, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Rak buku dengan desian unik ini akan memberikan kesan mewah dan elegan ke ruangan. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

5. Warna Rak Buku

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan berikutnya adalah pemilihan warna.Tipsnya, pilih warna yang serasi dengan suasana dan konsep ruangan kamu agar telrihat lebih senada.

Selain itu, rak buku warna coklat juga bisa jadi andalan. Apalagi, warna coklat  merupakan warna bumi bisa memberikan kesan hangat dan nyaman.

Memadukan rak buku warna coklat pun lebih mudah. Ketika kamu memadukannya dengan dinding warna krem, putih, atau abu-abu, maka ruangan akan terlihat lebih estetik dan menawan.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi rak buku cokelat yang bisa jadi andalan kamu.

Rak buku coklat ini bisa menjadi pembatas ruangan yang membuat ruangan kamu tampak lebih indah. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Itu dia tips pilih rak buku yang tepat buat di rumah. Tenang, kamu bisa menemukan banyak pilihan rak buku dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai model desain, ukuran, dan bahan rak buku yang pas dengan selera dan kebutuhan kamu.

Kami juga punya beberapa rekomendasi rak buku, seperti berikut ini.

Rak buku dari papan partikel ini memiliki desain unik yang siap mempercantik ruangan kamu.

Beli di sini

Rak buku dari papan partikel yang kokoh ini bisa membawa suasana natural ke ruangan.

Beli di sini

 

Rak tingkat serbaguna ini terbuat dari logam dan papan partikel yang cocok untuk ruangan minimalis.

Beli di sini

Rak dari bahan besi dan kayu yang kokoh ini bisa menjadi tambahan furnitur yan fungsional dan praktis.

Beli di sini

Rak buku dengan desain minimalis ini siap mempercantik ruangan kamu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini