rak buku besi

5 Tips Memilih Rak Buku Besi yang Berkualitas dan Awet

Bila kamu termasuk orang suka membaca buku, memiliki rak besi tentu merupakan suatu hal yang sangat penting. Apalagi, rak besi tidak hanya kokoh dan tahan lama, tetapi juga dapat melindungi buku agar tidak mudah rusak dan berdebu.

Selain itu, rak ini juga akan menambah estetika ruangan dengan desain yang modern dan minimalis. Tenang saja, model rak besi cukup beragam, ada yang terbuka dan juga dilengkapi dengan laci dan pintu.

Lantas, bagaimana cara memilih rak buku?


Rak buku hadir dalam berbagai desain, ukuran, dan bahan yang berbeda. Agar kamu tidak salah pilih, kami telah menyediakan beberapa panduan mencari rak buku dari besi yang tepat seperti berikut ini.

1. Sesuaikan dengan ukuran ruangan


Pertama-tama, kamu harus memperhatikan ukuran rak dan luas ruangan terlebih dahulu. Soalnya, jika ukuran rak buku lebih besar dibandingkan dengan kapasitas ruangan dapat membuat ruangan tersebut terlihat sempit dan berantakan.


Sebaliknya, bila kamu menempatkan rak buku kecil dalam ruangan yang luas, tentunya akan terlihat aneh karena tidak seimbang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tata letak rak buku dalam ruangan agar estetika dan fungsionalitasnya tetap terjaga.

rak buku besi hitam

Nah, berikut beberapa rekomendasi rak buku besi yang bisa kamu gunakan di rumah.

2. Perhatikan kapasitas atau jumlah buku


Sesuaikan juga tingkatan rak dengan banyaknya koleksi buku yang ingin disimpan. Apabila kamu tidak memiliki terlalu banyak buku, maka rak berukuran sedang merupakan pilihan yang tepat. Jadi, tidak terlalu banyak ruang kosong di sekar rak.


Lain halnya bila kamu adalah seseorang yang gemar membaca dan memiliki banyak koleksi buku. Kamu bisa menggunakan rak buku dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki lebih dari 3 tingkat, seperti inspirasi berikut.


rak buku besar
banner

3. Perhatikan desain rak buku


Pada umumnya, rak buku dapat digunakan untuk menyimpan secara vertikal, horizontal, ataupun perpaduan antara keduanya. Jadi, kamu tetap harus memastikan desain rak sesuai dengan kebutuhan agar koleksi buku bisa tersusun lebih rapi.


Sebagai contoh, jika kamu banyak mengoleksi buku hard cover, maka kamu bisa memilih rak dengan tipe penyimpanan buku vertikal, sehingga buku lebih mudah diambil. Cara ini juga dapat menjaga cover buku agar tidak rusak. Selain itu, rak vertikal juga bisa membuat ruangan lebih lega.


Namun, jika buku kamu lebih banyak didominasi oleh buku soft cover, kamu bisa memilih rak buku dengan posisi penyimpanan horizontal atau 'tidur'. Jadi, buku-buku tidak mudah bengkok dan rusak.


rak buku mewah

4. Pilih warna rak sesuai tema ruangan


Pastikan warna rak serasi dengan suasana dan konsep ruangan kamu agar terlihat lebih senada. Bila kamu mencari rak yang mudah dipadukan dengan apa pun, pilih warna coklat. Tidak hanya itu, warna coklat bisa memberikan kesan hangat dan nyaman.


Selain warna cokelat, rak besi hitam dan putih juga bisa menciptakan kesan elegan di dalam ruangan. Rak ini cocok untuk menciptakan ruangan bergaya industrial modern.


Nah, kami punya berbagai pilihan warna rak besi yang bisa kamu gunakan di rumah.

5. Sesuaikan harga rak buku dengan kebutuhan


Pastikan harga rak buku besi tidak melebihi bujet yang kamu miliki. Membeli produk yang melebihi batas anggaran bisa saja akan memberatkan keuangan kamu di masa yang akan datang.


rak besi tingkat

Kamu tetap bisa mendapatkan rak buku berkualitas dengan harga terjangkau, lho. Berikut rekomendasi rak buku besi mulai dari Rp200 ribuan saja.

Itu dia beberapa tips memilih rak buku dari besi yang bisa kamu terapkan sebelum membeli. Kamu bisa membeli berbagai model rak buku besi hanya di ruparupa yang pasti #BikinBeres semua urusan rumah.