Air Purifier vs Air Humidifier, Apa Bedanya?

3
37866

Setiap hari kita menghirup 13,5 kg udara dalam sehari. Sayangnya, udara di sekeliling kita semakin tercemar oleh berbagai polusi yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Alhasil, menghirup udara bersih di rumah pun jadi semakin sulit.

Namun, kamu tidak usah khawatir. Soalnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat khusus.

Ruparupa Banner

Ada beberapa alat yang mampu memperbaiki kualitas udara di rumah, yaitu air purifier, air humidifier, dan dehumidifier.

Meski begitu, ketiga alat tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, lho. Jadi, kamu harus mengetahuinya terlebih dulu untuk memilih alat yang tepat.

Lantas, Apa Perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier?

Daripada bingung, cari tahu cara kerja dan kegunaannya berikut ini.

1. Air Purifier Menjernihkan Udara

Air purifier atau alat penjernih udara bekerja dengan cara menghisap udara di sekitar. Kemudian, udara tersebut disalurkan kembali melalui filter yang berfungsi untuk menangkap virus dan bakteri di udara.

Baca Juga:   10 Rekomendasi Air Purifier Mulai Dari Harga Rp200 Ribuan

Dengan begitu, udara yang keluar dari air purifier pun menjadi lebih bersih dan sehat. Alat satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu meningkatkan kualitas tidur, menyaring virus dan bakteri, meringankan alergi, dan juga meredakan gejala asma.

Tenang saja, ukuran air purifier bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Jadi, kamu bisa meletakkannya sebagai hiasan. Apalagi, desain alat penjernih udara ini cukup modern.

air purifier vs air humidifier

2. Air Humidifier Melembabkan Udara

Pelembab udara atau air humidifier bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap air yang dilepaskan akan mengikat bakteri, virus, dan radikal bebas. Alat satu ini membantu untuk melembabkan udara pada ruangan yang kering.

Kebalikan dari air humidifier,  Air Dehumidifier berfungsi untuk menyerap kelembaban udara.

Soalnya, udara yang terlalu lembab juga dapat berbahaya bagi tubuh. Biasanya, udara yang lembab ini sering kali terjadi saat musim hujan.

Nah, kita membutuhkan air dehumidifier untuk mengurangi kelembaban udara. Alat ini bekerja dengan cara menyedot uap air yang ada di udara. Uap air tersebut kemudian mengalami proses pengembunan sehingga berubah menjadi air.

kegunaan dehumidifier

Kegunaan Air Purifier dan Air Humidifier 

Air purifier yang baik dapat menghilangkan debu, polusi asap, bakteri serta zat-zat alergi, seperti bulu binatang dan serbuk sari.

Baca Juga:   7 Manfaat Air Purifier, Si Penjernih Udara

Di sisi lain, air humidifier berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban di udara, tapi bukan untuk membersihkannya. Soalnya, kadar kelembaban yang rendah dapat menyebabkan kulit kering, mata merah karena gatal, dan bibir pecah-pecah.

Kadar kelembaban yang baik untuk kesehatan adalah 30%-50%. Jadi, dalam kondisi ekstrem, seperti panas kering, peranan air humidifier tentu dibutuhkan.

Sedangkan air dehumidifier berfungsi untuk menurunkan kadar kelembaban yang lebih dari 50%. Udara yang terlampau lembab dapat menyebabkan tumbuhnya spora jamur, bakteri, dan tungau debu.

rekomendasi air purifier

Itu dia ketiga cara kerja dari alat penjernih udara tersebut. Bila kamu membutuhkan salah satu di antaranya, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya melalui ruparupa.com.

Selain alat-alat tersebut, kamu bisa menemukan alat elektronik dan perabot rumah tangga lainnya dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Nah, kami juga mempunyai rekomendasi penjernih udara, humidifier, dan dehumidifier buat rumah, seperti berikut ini.

alat elektronik air purifier
Kels Air Purifier 2 In 1 – Putih
Udara rumah lebih bersih dengan air purifier berikut ini.

Beli di sini

alat elektronik air purifier miro
Kels Miro Penjernih Udara Uv – Putih
Hadirkan udara lebih jernih dan sehat dengan air purifier

Beli di sini

dehumidifier
Kris Dehumidifier 20 Ltr
Buat rumah lebih sehat dengan mengatur kadar kelembaban.

Beli di sini

humidifier
Kels Sapphire Humidifier Usb – Putih
Atasi udara panas dan kering dengan humidifier berikut ini.

Beli di sini

3 KOMENTAR

  1. Ah tapi kan air purifier belum tentu efektif, mana mahal lagi. Mungkin pikiran itu sempat terlintas atau bahkan sedang kamu pikirkan sekarang. Wah, jangan salah. Air purifier dinyatakan 99% ampuh menangkap partikel hingga ukuran 0,3 micron. Ini mencakup bakteri, alergi, dan virus. Jika kamu memiliki alergi atau asma, kamu akan benar-benar merasakan betapa leganya menghirup udara setelah memasang air purifier.