10 Tanaman Rambat Berbunga dan Cara Merawatnya

0
5310

Tanaman rambat berbunga – percantik suatu hunian tidak hanya terletak pada interior ruangan, namun eksterior nya juga. Kehadiran tanaman pada hunian akan mempercantik tampilan rumah Anda, ditambah lagi dengan bunga merambat pada tampilan rumah akan menambah aksen tersendiri loh Ruppers.

Lalu tanaman rambat apa yah yang cocok dan tentunya mempercantik tampilan rumah? Simak yuk, 10 tanaman rambat berbunga.

Petrea Volubilis

davesgarden.com

Tumbuhan yang mirip dengan lavender ini berasal dari Amerika Tengah, namun tanaman rambat yang cantik ini dapat tumbuh di Indonesia loh Ruppers. Ciri khas dari tanaman ini adalah setelah bunganya mekar, warna ungu ceraha pada bunga akan berubah perlahan menjadi warna hijau sebelum gugur.

White Clematis

pithandvigor.com

White clematis atau dikenal juga sebagai janggut orang tua berasal dari Amerika Utara. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki bunga merambat berwarna putih yang sekilas mirip dengan melati. Tanaman ini lebih cocok ditanam di dataran tinggi yang memiliki suhu udara sejuk.

Alamanda

flickr.com

Tidak hanya memiliki bunga berwarna kuning, alamanda ini juga memiliki bunga dengan warna cerah lainnya seperti merah muda. Bentuk bunga alamanda ini menyerupai terompet dan berukuran cukup besar sehingga cocok untuk memberi aksen dekorasi pada hunian Anda.

Flame of Irian

id.pinterest.com/pin/544443042430560423

Tidak hanya dari luar negara, ternyata Indonesia juga mempunyai tanaman rambat yang tidak kalah indah. Tanamanan ini berasal dari Papua. Memiliki ciri khas bunga merambat berwarna merah jingga sehingga sangat cantik dijadikan sebagai penghias hunian. Bunga ini juga tahan akan cuaca panas loh Ruppers.

Begonia

pikist.com

Sifatnya yang tahan akan panas, sehingga begonia ini sangat cocok ditanam di Indonesia. Memiliki warna kemerahan yang cantik dan merambat membuat tampilan rumah lebih indah dan cantik. Begonia ini memiliki 1.700 jenis di dunia loh, banyak banget yah Ruppers.

Soapwort

id.pinterest.com/pin/42150946501205825

Bingung yah Ruppers mengapa ada kata “soap” pada nama bunga ini? Hal ini dikarenakan bunga ini menjadi salah satu bahan dalam pembuatan sabun. Tanaman hias ini mampu tumbuh dengan subur dalam waktu yang lumayan cepat dan menyebar sampai menutupi permukaan area yang cukup luas.  Cantik banget yah warna pink nya.

Dipladenia

en.wikipedia.org

Dipladenia ini merupakan bunga yang mudah berkembang banyak dengan cepat. Sekilas bentuk bunga ini mirip dengan adenium. Biasanya dipladenia ditempatkan ditempat yang terkena matahari agar pertumbuhannya lebih baik.

Air Mata Pengantin

pikist.com

Selain namanya yang cukup unik, tanaman rambat yang satu ini memiliki kombinasi dua warna yang tentunya menambah kecantikan pada tanaman ini. Air mata pengantin merupakan tanaman rambat yang sangat familiar di Indonesia. Perawatan nya yang mudah menjadikan tanaman ini favorit para pecinta tanaman rambat.

Morning Glory

pixabay.com

Sebagian besar bunga morning glory terurai menjadi mekar penuh di pagi hari maka itu tanaman ini disebut sebagai morning glory. Bunga-bunga biasanya mulai memudar beberapa jam sebelum kelopak keriting. Tanaman ini lebih suka paparan sinar matahari penuh sepanjang hari.

Mandevilla

pikist.com

Mandevilla mudah tumbuh di daerah tropis, maka itu sangat cocok jika ditanam di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari agar bunga dapat bertumbuh lebih banyak. Selain termasuk tanaman yang tidak merusak dinding, akar tanaman ini sangat lemas dan lebih cocok ditanam melilit pagar besi.

Jadi gak sabar yah Ruppers untuk punya tanaman rambat berbunga seperti diatas. Namun, setiap tanaman pasti mempunyai cara merawatnya masing – masing. Simak yuk, cara merawat tanaman rambat berikut ini.

Mengenal Karakteristik Tanaman

Bagian ini menjadi bagian terpenting dalam menanam tanaman. Mulai dari apakah tanaman tersebut mampu menerima sinar matahari langsung atau tidak dan bagaimana media tanam dan media rambat yang diperlukan tanaman tersebut. Kurangnya pemahaman akan karakteristik tanamandapat menyebabkan tanaman kurang subur loh.

Pemangkasan Rutin

Semakin sering dipangkas, maka semakin lebat juga tanaman rambat ini tumbuh. Anda harus rutin memangkas agar tanaman rambat menjadi lebih terawat dan terlihat cantik.

Media Tanam

Dalam hal ini, Anda harus mengetahui media tanam yang cocok untuk tumbuhan rambat Anda. Seperti apakah tanaman tersebut cocok diletakan pada pot atau tidak, atau memerlukan media tanam lainnya.

Penyiraman

Perawat tanaman rambat terakhir adalah lakukan penyiraman, pemupukan dan pembasmian hama. Penyiraman bisa dilakukan sekali hingga dua kali dalam sehari, untuk pemupukan dan pembasmian hama bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi dari tanaman itu sendiri. Umumnya dilakukan sekali dalam sebulan.