6 Tanaman Hias Untuk Teras Rumah, Salah Satunya Bisa Mengusir Nyamuk

0
8732
Sumber: Unsplash.com

Menambahkan tanaman hias bisa membuat teras rumah terasa lebih nyaman. Namun, apa saja tanaman hias yang cocok di teras rumah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya hampir semua jenis tanaman hias cocok buat menghias teras rumah. Meski begitu, ada beberapa tanaman hias yang lebih direkomendasikan untuk diletakkan pada area ini karena memberikan kesejukan.

Ruparupa Banner

Jenis Tanaman Hias Untuk Percantik Teras

Banyaknya jenis tanaman hias, mungkin membuat kita bingung memilih tanaman yang cocok untuk teras rumah. Tenang, kali ini kami memiliki beberapa rekomendasi tanaman yang bisa membuat teras lebih segar dan menarik. Simak berikut ini.

1. Tanaman Aglaonema

Jenis tanaman Aglaonema cukup beraneka ragam, mulai dari AglaonemaSilver Queen, Silver King, Harlequin, dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis Aglaonema yang bisa jadi pilihan adalah Aglaonema Super White dengan warna daun hampir putih semua dan goresan hijau halus. Warna putihnya yang terang bisa membuat teras rumah terlihat lebih estetik.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Aglaonema Red Valentine, yang daunnya berwarna merah muda atau merah dengan percikan warna hijau. Tanaman satu ini bisa membuat teras rumah terlihat lebih ceria dan menarik perhatian.

Tanaman satu ini cukup mudah dirawat sehingga cocok buat kamu yang masih pemula dalam merawat tanaman hias.

Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini ketika media tanam sudah kering,. Namun, pastikan menghindari tanaman ini dari cahaya matahari langsung, ya. Jangan lupa juga beri pupuk dan gunakan obat pembasmi hama secara rutin.

Sumber: Unsplash.com

 

2. Sirih Gading

Tanaman sirih gading termasuk tanaman yang tidak rewel. Sirih gading bisa tumbuh di media tanam tanah maupun air.

Biasanya, tanaman hias sirih gading tumbuh secara merambat. Jadinya, bisa kamu gantung untuk menghiasi teras rumah. Perpaduan warna daun putih dan hijau bisa membuat teras terlihat lebih minimalis.

Baca Juga:   4 Cara Ampuh Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Selain punya warna daun yang cantik, sirih gading dipercaya dapat menyerap polusi dan kotoran. Jadiny, udara di sekitar kamu bisa jadi lebih baik dan segar.

Untuk merawat sirih gading, kamu hanya perlu menyiramnya secara rutin tiap pagi hari atau ketika media tanam sudah kering. Pastikan tanaman ini  juga mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan diberi pupuk.

Sumber: Unsplash.com

3. Calathea

Ada banyak jenis tanaman Calathea yang cantik dan memanjakan mata. Salah satunya adalah Calathea Crimson.

Warna daun dari Calathea Crimson ini cukup unik. Biasanya, daun dari tanaman hias ini merupakan perpaduan warna hitam dan sentuhan pink atau ungu cerah.

Selain warna daunnya yang cantik, Calathea jenis ini memiliki keunikan lain. Saat menjelang malam, daunnya akan menguncup dan mekar lagi di pagi hari.

Cara merawat tanaman satu ini cukup mudah. Cukup berikan pencahayaan yang cukup karena Calathea menyukai cahaya matahari.

Selain itu, pastikan kamu menyiram tanaman ini sebelum media tanam kering seutuhnya. Biasanya setiap minggu atau dua minggu sekali.

Sumber: Unsplash.com

4. Kaktus

Tanaman berduri satu ini terdiri dari banyak jenis yang bentuk dan warnanya unik. Kaktus bisa membawa vintage vibes dan suasana ala middle east.

Salah satu jenis kaktus yang harus kamu miliki di teras rumah adalah kaktus koboi. Kaktus jenis ini memiliki postur yang lebih pendek dari kaktus pada umumnya.

Cara merawat kaktus Koboi juga cukup mudah. Kamu hanya perlu rajin menjemur kaktus di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, gunakan media tanam yang cepat meresap air sehingga kamu tidak perlu terlalu  sering menyiram kaktus.

Selain bisa mempercantik teras rumah kaktus juga bisa membersihkan udara, lho. Kaktus dipercaya dapat mengurangi paparan radiasi dari alat elektronik, seperti ponsel, TV, atau komputer.

Baca Juga:   6 Cara Menanam Bawang Putih di Rumah dengan Mudah

Tidak hanya cocok untuk area teras rumah, kamu juga bisa meletakkannya di dalam rumah, lho.

Sumber: Unsplash.com 

5. Peace lily

Selanjutnya adalah tanaman Peace Lily. Bentuk daunnya yang lebar dan warna hijau cerahnya dijamin bikin teras rumah terasa segar. Bunganya yang berwarna putih bersih juga sangat cantik.

Cara merawat Peace Lily tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memastikan tanaman ini terkena cahaya matahari secara tidak langsung. Jika terlalu banyak terpapar cahaya matahari, justru akan membuat daunnya jadi menguning.

Selain itu, kamu hanya perlu menyiram ketika media tanam Peace Lily sudah kering. Tanaman satu ini lebih toleran terhadap lingkungan yang agak kering daripada yang terlalu lembab.

Keuntungan memelihara tanaman hias Peace Lily adalah dapat meningkatkan kualitas udara di lingkungan sekitarnya dan membawa keberuntungan, lho.

Sumber: Unsplash.com

6. Lavender

Bunga Lavender dengan warna ungunya yang mencolok, cocok diletakkan di teras rumah minimalis.

Selain memiliki aroma yang harum dan dapat menenangkan, wangi bunga Lavender juga ampuh mengusir nyamuk. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk duduk di teras pada malam hari karena takut digigit nyamuk.

Namun, pastikan kamu meletakkan bunga Lavender di bagian teras yang terpapar cahaya matahari secara langsung. Selain itu, kamu hanya perlu menyiram bunga Lavender hanya saat media tanam mulai kering karena lavender tidak menyukai kondisi yang lembab.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia 6 jenis tanaman hias untuk mempercantik teras rumah kamu. Bila tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman, kamu juga bisa menggunakan tanaman artifisial yang menyerupai aslinya agar teras tetap terlihat segar.

Selain itu, kami juga memiliki beberapa rekomendasi pot bunga dan tanaman artifisial dari Ruparupa.com, yang dijamin bisa membuat teras rumah kamu semakin menarik, seperti berikut ini.

Pot bunga dengan desain elegan satu ini cocok untuk teras minimalis. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Pot bunga persegi panjang yang elegan ini cocok di teras atau perkarangan rumah kamu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Tanaman artifisial dalam pot gantung ini bisa mempercantik teras rumah kamu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Tanaman artifisial dalam pot gantung ini membuat teras kamu terasa lebih segar. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini