10 Desain Ruang Tamu Terbuka yang Nyaman

0
283
ruang tamu terbuka
sumber: unsplash.com

Banyak orang berbondong-bondong mencari ide untuk membuat desain ruang tamunya semenarik mungkin. Bila kamu merasa bosan dengan desain ruang tamu yang hanya itu-itu saja, bagaimana kalau mencoba ide desain ruang tamu terbuka?

Promo 12 12 Ruparupa

Dengan ruang tamu terbuka, kamu juga bisa menghemat energi, lho. Pencahayaan dan udara segar dari luar bisa mengurangi penggunaan lampu dan berbagai alat pendingin seperti AC dan kipas angin.

10 Desain Ruang Tamu Terbuka yang Nyaman

Yuk, tanpa berlama-lama lagi mari langsung kita mulai berbagai ide desain yang bisa kamu jadikan referensi untuk ruang tamu terbuka yang nyaman milik kamu:

Ruang Tamu di Teras Rumah

ruang tamu terbuka
sumber: ninawilliamsblog.com

Bila kamu memiliki teras di belakang, samping, maupun depan rumah yang cukup luas, kamu bisa mencoba ide ini untuk membuatnya menjadi ruang tamu kamu. Kamu bisa mencoba memasang beberapa sofa yang nyaman, dan meja kecil di teras tersebut. Menikmati teh atau kopi di sore hari, sepertinya akan sangat menyenangkan di ruang tamu teras ini.

Pendopo atau Gazebo Bisa Jadi Ide

ruang tamu pendopo
sumber: unsplash.com

Buat pendopo dengan yang memberi suasana menghangatkan menjadi ruang tamu. Kamu bisa bersantai dan berbincang dengan lebih asik bersama keluarga dan teman. Suasana akan semakin terasa nyaman terlebih bila kamu menggunakannya pada sore menjelang malam hari.

Ruang Tamu dengan Pintu Kaca Geser

ruang tamu pinctu kaca geser
sumber: unsplash.com

Ruang tamu tipe ini sebenarnya tidak benar-benar terbuka secara keseluruhan. Kamu bisa memasang pintu kaca geser yang mengarah ke luar ruangan, sehingga ruangan terbuka bisa kamu hadirkan sesuka hati sesuai dengan keinginan.

Bila kamu sedang ingin ruang tamu yang tertutup, kamu bisa langsung menutup pintu kaca geser tersebut. Ini adalah cara yang paling mudah untuk menghadirkan dua suasana dan kesan berbeda secara sekaligus.

Penuhi dengan Berbagai Tanaman

ruang tamu banyak tanaman
sumber: blesserhouse.com

Apakah rumah kamu memiliki halaman yang luas? Jika iya, kamu bisa memasang beberapa kursi di taman dan membuatnya menjadi tempat untuk duduk bersama. Cobalah untuk menanam berbagai tumbuhan, seperti bunga misalnya. Dengan kehadiran berbagai warna di taman, suasana pastinya akan sangat menyenangkan.

Memanfaatkan Bagian Rooftop

ruang tamu rooftop
sumber: unsplash.com

Sebagian orang mungkin memiliki rooftop di rumahnya. Apakah kamu adalah salah satunya? Bila iya, kamu bisa mencoba menyulap rooftop menjadi area ruang tamu. Memiliki tempat berkumpul pada bagian teratas rumah, pastinya akan memberi pengalaman yang menyenangkan.

Ruang Tamu dengan Atap Teras Datar

ruang tamu atap rata
sumber: unsplash.com

Ide kali ini bisa kamu gunakan bila kamu memiliki area halaman atau teras yang cukup luas. Cobalah untuk membuat ruang tamu pada area tersebut, dengan menaruh beberapa kursi atau sofa yang nyaman. Kamu bisa membuat atap bermodel datar dengan kayu dan lapisan  kaca pada bagian atas untuk membuat suasana terbuka tetap terasa.

Ruang Setengah Terbuka untuk Ruang Tamu

ruang tamu setengah terbuka
sumber: thespruce.com

Konsep ruangan ini hampir mirip dengan pendopo atau teras, namun ruangan ini dibuat dengan model kekar seperti ruangan indoor.  Pembeda pada ruangan model ini adalah bagian depan yang memang terbuka ke arah luar.

Tempat BBQ dan Ruang Tamu

ruang tamu dan tempat BBQ
sumber: unsplash.com

Apakah kamu suka melakukan pesta BBQ bersama teman atau keluarga? Bila iya, kamu bisa mencoba menyatukan ruang tamu dengan tempat BBQ. Ruang tamu akan terasa sangat nyaman bila kamu gunakan sebagai tempat berkumpul di malam hari. Menikmati hidangan makan malam bersama juga rasanya akan sangat menyenangkan. Kamu bisa menambahkan meja makan pada area ruang tamu.

Ruang Tamu pada Area Balkon

ruang tamu balkon
sumber: unsplash.com

Kamu memiliki balkon di lantai atas yang cukup luas dan tidak terpakai? Kamu bisa mencoba menjadikannya sebagai area ruang tamu sekaligus tempat bersantai. Berikan sedikit sentuhan tanaman, entah dedaunan hijau atau bebungaan yang bisa membuat balkon terlihat semakin cantik dan menarik.

Desain English Country Garden yang Unik

ruang tamu terbuka
sumber: thespruce.com

Dengan menjadikan area terbuka pada rumah sebagai ruang tamu, kamu bisa mencoba desain ala English Country Garden. Cobalah untuk menggunakan gazebo ala Eropa dengan tampilan sedikit vintage. Kamu bisa menambahkan lampu taman antik, untuk membuatnya terasa berada di taman pedesaan Inggris.

Yuk, buat ruang tamu terbuka ala kamu dengan berbagai barang berkualitas di ruparupa.com. Dapatkan berbagai promo dan potongan menarik pada berbagai furniture outdoor!

kursi teras
Shonai Kursi Teras Panjang – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Dapatkan bangku ini, dengan desain klasik yang cantik untuk menambah kenyamanan pada ruang tamu terbuka milik kamu.
set kursi dan meja teras
Soleil Kingston Set Kursi & Meja Makan Teras 7 Pcs – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Set kursi dan meja ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk makan bersama, juga bersantai. Dapatkan set kursi dan meja teras yang multifungsi.
lampu taman
Eglo Midway Laterna-iv Lampu Taman – bisa ada dapatkan di ruparupa.com.
Buat ruang tamu ala English County Garden semakin menawan dengan lampu taman ini.