10 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok di Kamar Mandi

0
4271
Sumber: unsplash.com/@abelycosta

Tanaman hias memang dapat menyejukkan ruangan, termasuk pada area kamar mandi. Kehadiran tanaman hias bukan hanya sekedar elemen dekorasi, tetapi juga bermanfaat mengontrol tingkat kelembapan di dalam kamar mandi, lho.

Jenis Tanaman Hias Buat Area Kamar Mandi

Lalu, kira-kira tanaman apa yang cocok untuk di kamar mandi, ya? Penasaran, bukan?

Yuk, mari simak jenis tanaman hias yang bisa kamu gunakan untuk kamar mandi, seperti berikut ini.

1. Tanaman Hias Bambu

Jika kamu mencari tanaman hias berukuran kecil, ini dia jawabannya. Biasanya, tanaman hias bambu berukuran kecil dan sudah disusun rapi. Kamu bisa coba letakkan di sudut bath tub, wastafel, dan juga bak mandi.

Voila! Kamar mandi pun jadi lebih cantik.

2. Lidah Buaya

Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman abadi. Hal inilah yang membuat lidah buaya sangat cocok diletakkan di area kamar mandi.

Tidak hanya cocok sebagai dekorasi, tanaman lidah buaya juga memiliki berbagai macam khasiat, mulai dari penyaring polutan udara hingga obat-obatan.

Selain itu, kamu juga bisa sesekali memanfaatkan gelnya untuk perawatan kecantikan kulit dan juga rambut.

Tenang, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, pastikan kamu letakkan di dekat jendela kamar mandi agar tetap terkena sinar matahari, ya.

Sumber: unsplash.com/@eniolah

3. Sirih Gading

Tanaman merambat yang satu ini ternyata sangat menyukai suhu yang lembab. Daunnya yang cantik berbentuk hati ditambah gradiasi warna hijau dan kuning, bisa membuat  kamar mandi tampak asri dan segar.

Baca Juga:   5 Tips Membuat Teras Rumah minimalis

Tidak perlu khawatir, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit karena hanya membutuhkan sedikit cahaya dan matahari, Ruppers.

Untuk penempatannya sendiri, kamu bisa gantungkan atau tempatkan di tempat yang tinggi di area kamar mandi.

4. Begonia

Bunga begonia memang selalu memikat siapapun yang melihatnya. Jenis tanaman begonia juga cukup beragam sehingga dapat kamu sesuaikan dengan warna dan model favoritmu.

Dijamin deh, kamar mandi akan terlihat semakin cantik dan berwarna.

Sumber: pixabay.com

5. Lidah Mertua

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang satu ini. Tanaman hias lidah mertua ini dapat tumbuh subur, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Jadi, tidak masalah bila kamu tempatkan di kamar mandi dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan ekstra.

Selain itu, tanaman hias lidah mertua juga bisa menjadi filter alami dalam membasmi racun-racun dan bau tidak sedap yang ada di kamar mandi.

6. Peace Lily

Siapa pun tidak akan menampik kecantikan khas bunga putih cerah dan daun mengkilap dari Peace Lily.

Karakter tanaman ini sangat sensitif dengan sinar matahari sehingga cocok ditempatkan di area kamar mandi yang minim cahaya.

Perawatannya juga tergolong mudah karena tanaman ini bisa menampung banyak air di dalam akarnya. Jadi, kamu tidak perlu sering menyiram ai,r yang justru bisa membuatnya jadi cepat layu.

Sumber: unsplash.com/@langao

7. Bunga Anggrek

Tanaman anggrek termasuk salah satu tanaman wajib yang ada di dalam koleksi tanaman kamar mandimu. Memiliki keunikan tersendiri, tanaman ini bisa berkembangbiak dengan menggunakan kulit layu.

Baca Juga:   8 Tanaman Hias Gantung Tercantik

Selain itu, tanaman hias bunga anggrek juga menyukai kelembapan sehingga sangat aman bila ditempatkan di area wastafel dan dekat bak mandi.

Sumber: unsplash.com/@dimhou

8. Monstera

Tanaman hias cantik lainnya adalah monstera. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni setiap helaian daunnya berbentuk layaknya jari, berlubang, hati, dan lain sebagainya.

Selain itu, tanaman ini juga tidak membutuhkan cahaya matahari yang instens. Jadi, kamu tidak perluh khawatir lagi dengan perawatannya.

Sumber: unsplash.com/@michaelazakopcanikova

9. Spinder plant

Seperti namanya, tanaman spinder plant atau laba-laba memiliki bentuk yang unik, mirip sarang laba-laba.

Selain itu, tanaman ini juga bisa mentolerir cahaya rendah dan menikmati ruangan dengan kelembapan yang berlebihan.

Uniknya lagi, tanaman ini bisa bertahan hingga dua minggu tanpa asupan minuman sama sekali. Wah, bagaimana? Apakah kamu tertarik menempatkan tanaman satu ini di kamar mandi?

Sumber: unsplash.com/@abelycosta

10. Philodendron heartleaf

Tanaman berbentuk hati ini tidak membutuhkan banyak cahaya untuk bertahan hidup. Semasa tanahnya tetap lembab, maka tanaman ini tetap bisa tumbuh sempurna di kamar mandi dengan intensitas pencahayaan yang rendah.

Ketika tanaman ini telah merambat panjang, maka kamu dapat menghiasinya menjalar di sepanjang ambang jendela dan rak.

Sumber: unsplash.com/@feeypflanzen

Nah, itu dia 10 jenis tanaman hias yang cocok ditempatkan di area kamar mandi.

Bila kamu ingin memakan tanaman hias artifisial seperti di atas, kamu punya rekomendasinya yang bisa kamu dapatkan hanya di Ruparupa.com, seperti berikut ini.

Tanaman hias artifisial monstera albino yang tidak memerlukan perawatan khusus dan menyerupai tanaman asli
Tanaman artifisial aloe vera yang cocok sebagai dekorasi indoor dan juga outdoor
Tanaman artifisial anggrek/orchids yang sudah dilengkapi dengan pot cantik