5 Tips Merawat Kaktus Mini Kesayangan Di Rumah

0
15696
Sumber: Pixabay.com

Memiliki tanaman hias tak hanya dapat meningkatkan estetika rumah, tetapi juga banyak kegunaannya.

Salah satu contohnya adalah kaktus mini. Tanaman berwarna hijau ini punya model yang lucu dan unik, dari bulat sampai memiliki bunga yang cantik. 

Ruparupa Banner

Selain bisa menjadi dekorasi rumah, tanaman kaktus disebut-sebut dapat membersihkan udara, meningkatkan fokus, dan masih banyak lagi.

Apalagi, merawat tanaman kaktus mini tidak sulit. Namun,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sedikit berbeda dari tanaman lainnya. 

Tips Mudah Merawat Kaktus Mini

Agar kaktus mini bisa tumbuh dengan subur di rumah, berikut ini langkah untuk merawatnya dengan tepat.

1. Berikan Pencahayaan yang Cukup

Kaktus biasanya berasal dari wilayah gurun yang panas. Tentu, kondisi yang disukainya adalah tempat kering dengan banyak cahaya matahari. Namun, berhati-hatilah agar tidak langsung terkena sinar matahari karena kaktus pun bisa terbakar. 

Tempat untuk meletakan kaktus yang paling ideal adalah di jendela yang menghadap ke selatan dan barat.

Dengan posisi ini, kaktus bisa menerima cahaya matahari dengan cukup. 

Sumber: unsplash.com

 

2. Rutin Menyiram Kaktus dengan Benar

Tanaman hias satu ini memang mampu beradaptasi di lingkungan kering dengan menyimpan cadangan air di batangnya.

Baca Juga:   8 Jenis Bunga Keladi Beracun dan Bahayanya

Namun, sama seperti tanaman lainnya, kaktus juga butuh air. Jika kamu meletakkan kaktus mini di jendela saat musim kemarau, maka kamu harus lebih sering menyiramnya.

Sebaliknya, saat musim hujan, hindari  terlalu sering menyiram kaktus. Pastikan kamu tidak memberikan kaktus terlalu banyak air karena bisa membuat batangnya membusuk.

Cara mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram kaktus adalah dengan menyentuh atau menusukkan lidi kedalam media tanam.

Jika sudah kering dan tidak ada tanah yang tertinggal di lidi, maka sudah waktunya untuk menyiram kaktus kesayangan kamu di rumah.

Sumber: pixabay.com

3. Pilih Media Tanam yang Tepat

Tanaman seperti kaktus mini membutuhkan media tanam yang mudah mengalirkan air.

Jika air mengendap di tanah, maka kaktus akan mengalami pembusukan batang. Kamu pasti tidak mau hal itu terjadi pada kaktus kesayanganmu, bukan?

Tipsnya adalah menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 sebagai media tanam. 

Nah, berikut ini rekomendasi media tanam yang bisa kamu gunakan.

Media tanam serba guna, tidak berbau dan anti rayap akan membuat kaktus mini kesayanganmu tumbuh subur. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

4. Pastikan Pot Memiliki Lubang

Untuk merawat kaktus mini, pastikan kamu memakai pot yang memiliki lubang. Fungsinya adalah untuk mengalirkan air berlebih dan mencegah pembusukan batang kaktus. Jadinya, tidak ada air berlebihan yang mengendap di dalam tanah.

Baca Juga:   8 Tanaman Hias Gantung Tercantik

Namun, tanaman kaktus mini tidak menyukai tanah yang lembab dan terlalu banyak air. Nah, berikut ini rekomendasi pot tanaman yang bisa kamu gunakan.

Pot tanaman dengan lubang drainase dan tidak mudah pecah cocok untuk mmepercantik indoor dan outdoor rumahmu. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

5. Memberi Pupuk Secara Berkala

Pastikan kaktus mini mendapatkan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, kamu harus memberi pupuk secara berkala.

Untuk tanaman kaktus mini, pupuk yang disarankan adalah pupuk NPK,  yang termasuk pupuk anorganik yang mengandung fosfor, hara nitrogen, dan kalium.

Kamu juga bisa memberikan pupuk kompos dan pupuk kandang, seperti rekomendasi pupuk berikut ini.

Pupuk dari kotoran kambing ini dapat dijamin membuat tenaman hiasmu subur. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Itu dia 5 tips untuk merawat kaktus mini di rumah. Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai peralatan untuk merawat tanaman hias dan berkebun hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai produk kebutuhanrumah tangga dan perabot dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi. 

Selamat merawat kaktus kesayangan kamu di rumah!