Selama masa Stay at Home, banyak kalangan yang berusaha mencari kesibukan dengan melakukan berbagai aktivitas. Hal ini membuat tanaman hias menjadi ramai dipasaran, dan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Terlebih pada kota-kota besar seperti Jakarta, tanaman hias ramai dicari untuk meredakan kejenuhan karena terlalu lama diam di rumah.

Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, dan pemerintah menghimbau untuk bekerja dan belajar, serta melakukan berbagai aktivitas dari rumah, tanaman hias mulai kembali populer.

Lalu, apa saja sih tanaman hias yang sedang populer saat ini serta mudah untuk kamu rawat, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan?

Berikut, 14 Tanaman Hias yang Sedang Populer

Monstera Deliciosa

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Tanaman yang pertama, pastinya kamu sudah pernah atau bahkan sering melihatnya. Belakangan ini, Monstera Deliciosa adalah tanaman yang ramai peminat. Lubang alami yang ada pada bagian daun, menjadi ciri khas dari tanaman ini.

Monstera adalah jenis tanaman tropis yang masuk kedalam keluarga Araceae. Nama tanaman ini berasal dari bahasa Latin, dengan arti “tidak normal”. Lubang pada daun yang berbeda dengan daun tumbuhan lainnya lah yang membuat tanaman memiliki nama dengan arti “tidak normal”.

Dracaena trifasciata

Tanaman kedua juga merupakan tanaman yang sudah populer sedari dulu. Tanaman ini populer karena terkenal dengan kemudahan merawatnya. Dracaena trifasciata adalah tipe tanaman yang tahan lama, mudah tumbuh dan sulit mati.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Saran untuk kamu yang tertarik merawat tanaman ini, atau bahkan sudah merawatnya, adalah jangan menyiram terlalu banyak. Bila kamu terlalu banyak menyiram tanaman ini, akar tanaman dapat membusuk.

Dracaena trifasciata juga memiliki fungsi lain selain sebagai hiasan pada rumah. Tanaman ini mampu meningkatkan kualitas udara pada rumah kamu. Hal ini telah dibuktikan mampu menghilangkan polutan, seperti formaldehida, benzena, dan amonia pada suatu ruangan. 

Bunny Ear Cactus

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Kaktus jenis ini berasal dari Meksiko, dan mereka biasa tinggal pada daerah yang gersang seperti gurun. Selain cantik untuk hiasan, kaktus juga mudah untuk kamu rawat. Kamu hanya perlu merawatnya sebagaimana ia tumbuh di tempat asalnya.

Bunny Ear Cactus mudah kamu kenali karena tumbuhan ini berbentuk menyerupai telinga kelinci yang ditutupi oleh bulu-bulu kasar, yang biasa dikenal dengan sebutan glochids. Bila telah dewasa, tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 16 hingga 24 inchi.

Sansevieria Moonshine

Mungkin kamu biasa mengenal tanaman ini dengan sebutan tanaman Lidah Mertua. Tanaman ini, memiliki bentuk yang hampir sama dengan Dracaena trifasciata karena memiliki bentuk ujung daun yang tajam.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Tanaman ini memiliki warna daun yang hijau keperakan dan berdiri tegak ke atas. Sansevieria Moonshine lebih senang berada pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Bila kamu menempatkannya pada tempat yang lebih redup, daun dapat berubah menjadi hijau gelap, namun masih tetap memiliki kilau yang berwarna keperakan. Tanaman ini mudah untuk kamu rawat, karena ia cukup tahan dengan kekeringan.

Fishbone Cactus

Kaktus jenis ini memiliki beberapa nama populer, seperti Kaktus Anggrek RicRac, ZigZag, dan Fishbone. Bentuk daun yang menyerupai tulang ikan membuat kaktus ini memiliki sebutan Fishbone.

fishbone cactus
sumber: unsplash.com

Kaktus ini terkenal karena batangnya yang panjang dan melengkung dengan daun yang terlihat bergerigi. Meksiko adalah tempat asal kaktus ini, tepatnya pada hutan hujan tropis yang memiliki lingkungan lembab.

Chinese Money Plant

Warna hijau pada tanaman inilah yang menarik perhatian banyak orang, dan membuat tanaman ini menjadi populer. Chinese Money Plant adalah salah satu tanaman yang paling dicintai di seluruh dunia.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Tanaman ini, sangat mudah untuk kamu rawat. Maka dari itu, ia menjadi tanaman yang cukup populer. Tanaman ini juga bermanfaat untuk memurnikan udara pada ruangan.

Daun yang menumpuk antara satu dengan yang lainnya, membuat daun ini terlihat seperti koin hijau berukuran besar. Maka dari itu, tanaman ini memiliki nama Chinese Money Plant. Bagi sebagian kalangan, tanaman ini dipercaya mampu membawa keberuntungan untuk rumah tangga. 

Velvet Calathea

Terkenal karena bulu-bulu kecil yang menutupi daun hingga batangnya yang berlilin, serta memberikan efek seperti beludru pada tanaman tersebut. Tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya yang tumbuh memanjang dan bagian bawah daun yang memiliki warna ungu tua.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Tanaman hias ini juga mampu membuat udara dalam rumah menjadi lebih berkualitas, serta mampu menarik perhatian sebagai penghias interior ruangan yang kamu miliki. Keunikan lain dari tanaman ini adalah daunnya yang menutup pada malam hari dan kembali membuka pada keesokan paginya.

Alocasia Plant

Daun yang berukuran besar menyerupai telinga berbentuk hati membuat tanaman ini menjadi populer pada kalangan pecinta tanaman hias. Alocasia adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Namun bila kamu memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, berhati-hatilah bila hendak merawat tanaman ini, karena daun pada tanaman ini memiliki racun baik bagi manusia maupun hewan.

Areca Palm

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Areca Palm adalah pohon palem yang dapat kamu rawat dari dalam ruangan. Dengan merawat tanaman ini, kamu dapat menghadirkan sentuhan elegan pada ruangan milikmu. Batang yang panjang menghasilkan daun yang melengkung.

Tanaman ini juga sekilas, terlihat seperti bambu. Ia berasal dari daerah tropis Madagaskar. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, Areca Palm juga bermanfaat untuk membuat udara menjadi lebih lembab dan membuat udara menjadi lebih bersih. Ia mampu menghilangkan racun serta polutan pada udara.

Aglaonema

Aglaonema juga terkenal dengan sebutan tanaman Sri Rejeki. Tanaman ini memiliki warna daun yang sangat unik, dengan berbagai campuran warna pada bagian daun tersebut. Daun dengan warna hijau pucat adalah jenis yang paling terkenal dari tanaman ini.

aglaonema
sumber: unsplash.com

Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani. Tumbuhan bernama Aglaonema karena mengacu pada benang sari dari bunganya yang berkilau.

Variegated Swiss Cheese Plant

variegated swiss cheese plant
sumber: unsplash.com

Variegation memiliki arti bahwa suatu tanaman memiliki percikan berwarna putih atau kuning pada daun, batang dan tangkai daun. Karena variegation jarang terjadi pada tanaman, maka dari itu Variegated Swiss Cheese Plant menjadi populer dan memiliki banyak peminat.

Variegated Swiss Cheese Plant sebenarnya merupakan tanaman Monstera, namun yang menjadi pembeda adalah warna pada tanaman Monstera. Karena daunnya telah terveriegasi sehingga memiliki percampuran warna putih atau kuning pada daun yang hijau.

Fiddle Leaf Fig

Fiddle Leaf adalah tumbuhan yang berasal dari Afrika Barat, mereka tumbuh secara alami pada hutan hujan dataran rendah. Daun tanaman ini berbentuk menyerupai biola atau gitar dengan ukuran daun cukup besar.

fiddle leaf fig
sumber: unsplash.com

Sebenarnya, tumbuhan ini memulai hidupnya pada cabang-cabang pohon lain, kemudian perlahan-lahan menurunkan akarnya ke tanah. Tanaman ini perlahan mencekik pohon inang, hingga akhirnya pohon inang mati.

Bila kamu memiliki tanaman ini, atau berniat untuk merawatnya, usahakan untuk tidak menyiramnya terlalu banyak, serta pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Spider Plant

Banyak orang menganggap tanaman ini sebagai tanaman hias yang paling mudah beradaptasi dan paling mudah tumbuh. Tanaman hias ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi.

spider plant
sumber: unsplash.com

Bernama Spider Plant karena daun-daun pada tanaman ini seperti laba-laba. Bila kamu ingin menyiram tanaman ini, pastikan untuk membuatnya tidak terlalu basah setelah menyiramnya. Bila menyiram terlalu basah, kamu bisa membuat akar tanaman menjadi busuk.

Pothos

Berasal dari Asia Tenggara, Pothos memiliki daun yang tebal, berwarna hijau dengan bentuk hati sertai percikan berwarna kuning pada daunnya. Tanaman ini bisa kamu jadikan tanaman dalam ruangan.

pothos
sumber: unsplash.com

Tanaman ini menjadi rekomendasi untuk kamu yang masih pemula dalam merawat tanaman. Karena, perawatannya mudah serta warna hijau pada tanaman ini akan membuat rumah kamu menjadi terasa lebih hidup.

Bila kamu merasa jenuh karena sudah terlalu lama berada di rumah, kamu bisa mulai mencoba aktivitas bertanam. Selain meredakan stress, kamu bisa membuat waktu luang yang kamu miliki menjadi lebih berkesan.

Kamu bisa melengkapi berbagai kebutuhan bertanam, serta melengkapi pot-pot cantik di ruparupa.com 

pot tanaman
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Faustina 14 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
pot tanaman
Pot Tanaman Square Monokrom 13.2×13.2×21.2 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
pot bunga
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Luisa Square 12 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
sekop
Sekop Taman Hand Transplanter Nylon – bisa anda dapatkan di ruparupa.com