Selama masa stay at home, banyak kalangan yang berusaha mencari kesibukan dengan melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah dengan mengoleksi tanaman. Tidak heran bila banyak orang yang mulai tertarik memiliki tanaman hias di rumah.

Terlebih pada kota-kota besar seperti Jakarta, tanaman hias ramai dicari untuk meredakan kejenuhan selama berdiam diri di dalam rumah.

Ruparupa Banner

Lalu, apa saja sih tanaman hias yang sedang populer saat ini dan mudah untuk dirawat, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan?

Berikut 14 Tanaman Hias yang Paling Populer

Monstera Deliciosa

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Pasti Anda sudah sering melihat tanaman pertama ini. Belakangan ini, Monstera Deliciosa menjadi tanaman yang paling dicari.

Monstera adalah jenis tanaman tropis yang masuk kedalam keluarga Araceae. Nama tanaman ini berasal dari bahasa Latin, dengan arti “tidak normal”.

Lubang pada daun membuat tanaman ini terlihat menarik dan khas. 

Dracaena trifasciata

Dracaena trifasciata adalah tipe tanaman yang tahan lama, mudah tumbuh, dan sulit mati. Jadi, cocok bila Anda baru mulai memelihara tanaman hias di rumah.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Kunci merawat tanaman satu ini adalah jangan menyiram air terlalu banyak agar akar tanaman tidak membusuk.

Selain sebagai hiasan rumah, Dracaena trifasciata juga bisa meningkatkan kualitas udara di rumah, lho. Soalnya, tanaman ini mampu menghilangkan polutan, seperti formaldehida, benzena, dan amonia dalam suatu ruangan. 

Bunny Ear Cactus

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Kaktus yang berasal dari Meksiko ini, biasa tinggal di daerah yang gersang seperti gurun. Selain cantik sebagai hiasan, kaktus ini juga mudah dirawat, lho.

Bunny Ear Cactus berbentuk menyerupai telinga kelinci, yang ditutupi oleh bulu-bulu kasar. Biasa dikenal dengan sebutan glochids. Bila telah dewasa, tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 40-60 cm.

Sansevieria Moonshine

Tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan tanaman Lidah Mertua. Bentuknya hampir sama dengan Dracaena trifasciata karena punya ujung daun yang tajam.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Namun, tanaman lidah mertua emiliki warna daun hijau keperakan dan berdiri tegak ke atas.

Biasanya, Sansevieria Moonshine lebih senang berada pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Jadi, bila Anda meletakkanya pada tempat yang lebih redup, daun dapat berubah menjadi hijau gelap. Namun, tetap punya kilau berwarna keperakan. 

Fishbone Cactus

Kaktus ini memiliki beberapa nama populer, seperti Kaktus Anggrek RicRac, ZigZag, dan Fishbone. Namun, biasanya banyak orang mengenal kaktus ini dengan sebutan Fishboe karena punya bentuk daun yang menyerupai tulang ikan.

fishbone cactus
sumber: unsplash.com

Kaktus ini terkenal karena batangnya yang panjang dan melengkung, serta memiliki daun yang terlihat bergerigi. Meksiko adalah tempat asal kaktus fishbone, tepatnya pada hutan hujan tropis, yang memiliki lingkungan lembab.

Chinese Money Plant

Tanaman dengan daun bulat berwarna hijau mirip koin ini, dikenal dengan sebutan Chinese Money Plant. Selain mudah untuk dirawat, tanaman ini juga bisa memurnikan udara di dalam ruangan, lho.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Bagi sebagian kalangan, tanaman ini dipercaya mampu membawa keberuntungan untuk rumah tangga. Anda bisa meletakkannya di dalam ruang keluarga agar terlihat lebih menarik.

Velvet Calathea

Daun tanaman ini memiliki bentuk seperti beludru dan memanjang, serta bagian bawah daun berwarna ungu tua. Tidak heran bila Velvet Calathea disukai banyak orang. 

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Tanaman hias ini juga tidak hanya membuat udara di dalam rumah lebih berkualitas, tetapi bisa membuat dekorasi interior semakin menarik.

Keunikan lain dari tanaman ini adalah daunnya yang akan menutup pada malam hari dan keesokan paginya akan terbuka kembali.

Alocasia Plant

Tanaman hias ini punya bentuk daun berukuran besar menyerupai telinga dan terlihat seperti hati. Keunikan dari Alocasia adalah bisa tumbuh subur dengan cepat.

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Namun, bila Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, berhati-hatilah bila hendak merawat tanaman ini. Soalnya, daun pada tanaman ini mengandung racun.

Areca Palm

tanaman hias yang sedang populer
sumber: unsplash.com

Areca Palm adalah pohon palem yang dapat Anda rawat dari dalam ruangan. Batang yang panjang dari tanaman Areca Palm, menghasilkan daun yang melengkung.

Tanaman yang sekilas terlihat seperti bambu ini, berasal dari daerah tropis Madagaskar. Selain bisa Anda jadikan tanaman hias, Areca Palm juga dapat membuat udara menjadi lebih lembab dan bersih karena bisa menghilangkan racun dan polutan pada udara.

Aglaonema

Aglaonema juga terkenal dengan sebutan tanaman Sri Rejeki. Tanaman ini memiliki warna daun dengan berbagai campuran warna. Daun dengan warna hijau pucat adalah jenis yang paling terkenal dari tanaman ini.

aglaonema
sumber: unsplash.com

Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani, yang mengacu pada benang sari dari kilau bunganya.

Variegated Swiss Cheese Plant

variegated swiss cheese plant
sumber: unsplash.com

Variegation berarti suatu tanaman memiliki percikan berwarna putih atau kuning pada daun, batang, dan tangkai daun. Karena variegation jarang terjadi pada tanaman, tidak heran bila Variegated Swiss Cheese Plant memiliki banyak peminat.

Variegated Swiss Cheese Plant sebenarnya merupakan tanaman Monstera. Namun, yang membuat tanaman ini jadi unik adalah percampuran warna putih atau kuning pada daun yang hijau.

Fiddle Leaf Fig

Fiddle Leaf adalah tumbuhan yang berasal dari Afrika Barat dan biasa terdapat di hutan hujan dataran rendah. Daun tanaman ini berbentuk menyerupai biola atau gitar dengan ukuran yang cukup besar.

fiddle leaf fig
sumber: unsplash.com

Sebenarnya, tanaman ini memulai hidupnya pada cabang-cabang pohon lain, kemudian perlahan-lahan menurunkan akarnya ke tanah.  Secara perlahan, mereka akan mencekik pohon inangnya sampai mati.

Bila Anda memiliki tanaman ini, usahakan untuk tidak menyiramnya terlalu banyak. Selain itu, pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Spider Plant

Tanaman hias satu ini paling mudah beradaptasi dan tumbuh dalam berbagai kondisi. Bentuk daunnya yang seperti laba-laba, membuat tanaman ini dijuluki sebagai Spider Plant.

spider plant
sumber: unsplash.com

Bila Anda ingin menyiram tanaman ini, pastikan tidak terlalu basah karena bisa membuat akar tanaman menjadi busuk. 

Pothos

Berasal dari Asia Tenggara, Pothos memiliki daun yang tebal dan berwarna hijau dengan bentuk hati, sertai percikan kuning pada daunnya. 

pothos
sumber: unsplash.com

Tanaman hias ini cocok buat Anda yang masih pemula dalam merawat tanaman. Selain perawatannya mudah, tanaman hijau ini juga bisa membuat rumah terasa lebih hidup.

Jadi, bila Anda  sudah merasa jenuh karena sudah terlalu lama berada di rumah, Anda bisa mulai mencoba aktivitas bertanam. Selain meredakan stress, Anda bisa membuat waktu luang menjadi lebih berkesan.

Anda bisa melengkapi berbagai kebutuhan bertanam, serta melengkapi pot-pot cantik di ruparupa.com.

Kami juga punya beberapa rekomendasi produk untuk tanaman hias Anda, seperti berikut ini.

pot tanaman
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Faustina 14 Cm – bisa anda dapatkan di Ruparupa.com

Beli di sini

pot tanaman
Pot Tanaman Square Monokrom 13.2×13.2×21.2 Cm – bisa anda dapatkan di Ruparupa.com

Beli di sini

pot bunga
Kris Garden Pot Tanaman Keramik Luisa Square 12 Cm – bisa anda dapatkan di Ruparupa.com

Beli di sini

sekop
Sekop Taman Hand Transplanter Nylon – bisa anda dapatkan di Ruparupa.com

Beli di sini