20 Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat Pemula

0
1441
tanaman aquascape

Kamu tertarik untuk memelihara ikan hias di akuarium ? Tentunya agar ikan-ikan dapat lebih nyaman dan akuarium lebih cantik, kamu harus menambahkan beberapa tanaman aquascape di dalamnya. Ikan hias kamu juga akan berkembangbiak dengan baik loh.

20 Tanaman Aquascape bagi Pemula

Berikut 20 tanaman aquascape yang cocok untuk pemula dan dapat mempercantik akuarium kamu :

Amazon Sword

tanaman aquascape Amazon Sword
Sumber : everythingaquatic.net

Sama seperti namanya, Amazon sword berbentuk satu batang dengan daun yang menjulur ke atas seperti pedang. Tanaman aquascape ini dapat hidup pada suhu 22-28°C dengan bantuan pencahayaan yang moderat. Amazon sword akan mempercantik aquascape kamu jika ditempatkan di bagian belakang. 

Aponogeton Ulvaceus

Aponogeton Ulvaceus
Sumber : modestfish.com

Kamu juga dapat memilih tanaman Aponogeton Ulvaceus untuk diletakkan pada akuarium karena mudah untuk merawatnya. Aponogeton Ulvaceus memiliki bentuk daun yang indah dan unik. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sampai 60 cm, sehingga akan sangat cocok jika diletakkan pada bagian belakang akuarium. 

Ceratophyllum Demersum

Ceratophyllum Demersum
Sumber : plantas.florpedia.com

Nama lain dari tanaman ini adalah CoonTail karena bentuknya yang menyerupai ekor rakun. Coontail ini tidak memiliki akar seperti tanaman aquascape lainnya. Ceratophyllum Demersum mudah dirawat oleh pemula karena tidak terlalu memedulikan kondisi lingkungannya. 

Bacopa SP Colorata

Bacopa SP Colorata
Sumber : aquarium-planten.com

Kamu dapat menempatkan tanaman ini di bagian tengah akuarium. Bacoba SP Colorata memiliki tampilan yang akan sangat mencolok diantara kerumunan hijau pada akuarium kamu. 

Perawatan dari Bacopa SP Colorata ini tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu menyediakan cahaya dan karbon dioksida dengan intensitas sedang untuk merawatnya. 

Dwarf Baby Tears

tanaman aquascape Dwarf Baby Tears
Sumber : fpsbutest.wordpress.com

Tanaman aquascape satu ini termasuk yang paling kecil. Dwarf baby tears ini tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit. Kamu hanya perlu memberikan pencahayaan tinggi agar tanaman ini tidak tumbuh ke atas untuk mencari cahaya sendiri. 

Hygrophila Polysperma

Hygrophila Polysperma
Sumber : acuamanus.com.ar

Hygrophila Polysperma juga menjadi salah satu tanaman aquascape pilihan untuk mempercantik akuarium. Bagi para pemula, kamu dapat merawat tanaman ini dengan mudah karena tidak memerlukan intensitas cahaya, asalkan cahaya itu tetap ada. Hygrophila Polysperma juga dapat hidup sebagian di atas permukaan air dan juga sebagian lainnya terendam di dalam. 

Java Moss

Java Moss
Sumber : aquasabi.com

Java Moss atau Lumut Jawa sangat mudah tumbuh dan juga kuat, sehingga paling sering digunakan untuk menghiasi akuarium. 

Selain untuk mempercantik akuarium, Java Moss juga dapat melindungi telur atau benih ikan, menyediakan makanan untuk perkembangbiakan ikan, dan juga dapat meningkatkan kualitas air di dalam akuarium. 

Monte Carlo

Monte Carlo
Sumber : etsy.com

Tanaman Monte Carlo dapat digunakan sebagai karpet dari akuarium karena laju pertumbuhannya sangat cepat. Jika mendapatkan cahaya yang kuat, Monte Carlo dapat semakin cepat bertumbuh. 

Bucephalandra Black Phantom

Bucephalandra Black Phantom
Sumber : shopify.com

Tanaman aquascape satu ini diperkirakan berasal dari Kalimantan, Indonesia. Bucephalandra Black Phantom ini tidak membutuhkan cahaya dan karbon dioksida yang tinggi, sehingga akan sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula. Kamu dapat menempatkan tanaman ini di bagian depan akuarium.

Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne Pontederiifolia
Sumber : bioaquatix.com

Jika masih pemula, kamu dapat memelihara tanaman Cryptocoryne Pontederiifolia ini karena perawatannya sangat mudah. Cryptocoryne Pontederiifolia dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan hidupnya dan tidak terlalu memedulikan kondisi pH air. 

Cabomba Caroliniana

Cabomba Caroliniana
Sumber : m6.i.pbase.com

Tanaman selanjutnya yang mudah untuk dirawat adalah Cabomba Caroliniana. Tanaman aquascape satu ini dapat tumbuh dengan cukup cepat pada suhu 15-26°C. Kebutuhan cahaya dari tanaman ini cenderung sedang ke tinggi, sedangkan untuk karbon dioksida hanya memerlukan sedikit. 

Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenellus
Sumber : allegro.pl

Tanaman Echinodorus Tenellus cocok untuk dijadikan karpet akuarium yang cantik. Echinodorus Tenellus akan tumbuh menyebar menyerupai rumput. Pertumbuhan dari tanaman ini dapat kamu percepat dengan memberikan intensitas cahaya yang tinggi dan juga injeksi karbon dioksida. 

Hydrocotyle Leucocephala

Hydrocotyle Leucocephala
Sumber : rybicky.net

Tanaman aquascape ini tergolong memiliki daya tahan yang sangat kuat. Hydrocotyle Leucocephala dapat menghasilkan daun hijau yang bulat dan indah sehingga dapat menambah nilai estetika dari akuarium kamu.

Windelov

tanaman aquascape Windelov
Sumber : theaquaticplantsociety.org

Windelov memiliki bentuk yang unik dengan ujung bercabang dan menjadikannya tanaman aquascape tercantik. Tanaman ini memiliki daya tahan diri yang kuat, apalagi jika diikat pada kayu, akar, atau ditempel di batu. 

Marsilea Hirsuta

tanaman aquascape Marsilea Hirsuta
Sumber : tropica.com

Kamu dapat menjadikan tanaman ini sebagai karpet akuarium. Marsilea Hirsuta dapat tumbuh menyebar dengan indah mengelilingi akuarium kamu. Kamu harus memberi pencahayaan yang tinggi agar tanaman ini dapat memperoleh daun yang sempurna. 

Echinodorus x Subulatus Lucanas

Echinodorus x Subulatus Lucanas
Sumber : berkahaquascape.blogspot.com

Sebagian besar aquascaper memilih tanaman ini karena mudah untuk dirawat. Selain sangat cantik, Echinodorus x Subulatus Lucanas dapat hidup pada segala macam kondisi air, cahaya yang minim, dan tanpa injeksi karbon dioksida.

Blepharostoma Trichophyllum

Blepharostoma Trichophyllum
Sumber : berkahaquascape.blogspot.com

Tanaman satu ini dapat tumbuh dengan mudah di atas batu atau kayu karena tergolong sebagai lumut. Blepharostoma Trichophyllum memiliki daya tahan yang cukup kuat karena dapat tumbuh di area yang minim pencahayaan, sehingga dapat dirawat dengan mudah. 

Echinodorus Vesuvius

tanaman aquascape Echinodorus Vesuvius
Sumber : tropica.com

Bentuk spiral dan sempit yang unik dari Echinodorus Vesuvius ini menjadikannya sangat cantik untuk diletakkan pada bagian tengah atau belakang akuarium. Echinodorus Vesuvius sangat mudah dirawat oleh pemula karena tidak menuntut kondisi terbaik bagi akuarium kamu. 

Hygrophila Difformis atau Water Wisteria

tanaman aquascape water wisteria
Sumber : tropica.com

Tanaman ini dapat tumbuh pada suhu 23-28°C dengan intensitas cahaya yang sedang. Bagi kamu yang masih pemula, tanaman ini akan cocok untuk kamu gunakan pada akuarium kamu. Selain itu, Water Wisteria ini dapat tumbuh tanpa bantuan karbon dioksida tambahan loh

Egeria Densa

tanaman aquascape Egeria Densa
Sumber : tropica.com

Tanaman aquascape ini menjadi pilihan banyak orang untuk ditanam di dalam akuarium. Egeria Densa ini dapat hidup secara bergerombol dan menghasilkan hamparan hijau yang luas dan cantik. Cara merawatnya pun sangat mudah sehingga akan sangat cocok bagi para pemula.

Nah, jadi itu tadi 20 tanaman aquascape yang dapat digunakan untuk mempercantik akuarium. Selain tanaman tersebut, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain seperti pencahayaan, filtrasi, dan lain-lain agar dapat membuat aquascape menarik. Berikut rekomendasi produk aquascape yang dapat kamu beli di Ruparupa.com :

Haiyang 26 Ltr Akuarium Dengan Filter dan Lampu
Haiyang 26 Ltr Akuarium Dengan Filter dan Lampu beli di Ruparupa.com