24 Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut, Tidak Mudah Mati

0
20765

Ikan hias – dengan pilihan ikan yang tepat dan perawatan yang baik, ikan hias yang cantik ini tidak akan mudah mati loh. Berbicara mengenai ikan, kehadirannya dalam ruangan juga dapat berdampak baik pada kesehatan. Hal ini dikarenakan gerak gerik ikan dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.

Ikan hias terbagi menjadi 2 yaitu ikan hias air tawar dan air laut. Masing – masing ikan pun memiliki keunggulannya masing – masing. Tenang Ruppers, Ruparupa akan mengupas tuntas mengenai ikan – ikan yang cantik ini nih.

Simak yuk, 12 ikan hias air tawar yang tidak mudah mati.

Ikan Hias Guppy

aquaticstoyourdoor.co.uk

Guppy adalah salah satu jenis ikanyang terkenal di Indonesia. Guppy juga memiliki jenis dengan corak dan warna yang berbeda – beda. Ikan guppy mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga ikan guppy menjadi salah satu ikan yang tidak mudah mati.

Ikan Hias Cupang

i.pinimg.com

Ikan yang satu ini sudah pasti populer di Indonesia. Memiliki ekor dan sirip yang cantik serta perawatannya yang mudah membuat ikan yang satu ini sangat laku dipasaran. Untuk ikan yang satu ini tidak membutuhkan filter sehingga sangat mudah merawat dan membudidayakannya.

Ikan Hias Louhan

djoglofish.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Ikan ini memiliki ciri khas benjolan pada jidatnya dan memiliki corak yang beragam. Harga ikan yang satu ini juga tentunya sangat fantastis. Namun untuk ikan yang satu ini, tidak bisa digabungkan dengan ikan yang lain yah Ruppers karena ikan yang satu ini sangat agresif.

Ikan Hias Molly

fishplace.eu

Ikan molly memiliki sifat yang sangat adaptif atau cinta damai sehingga dapat digabungkan dengan jenis ikan lainnya. Biasanya ikan molly memiliki perut yang bulat.

Ikan Hias Koi

i.pinimg.com

Ikan koi menjadi ikan yang sangat populer di Indonesia maupun di Jepang. Tidak perlu ribet mengurusnya, ikan koi yang satu ini cukup membutuhkan kolam yang besar dan perlengkapan kolam lainnya.

Ikan Hias Platy

aquasnack.co.uk

Ikan platy memiliki tubuh yang sangat mungil dan memiliki beragam jenis. Ikan yang satu ini juga mudah bergaul dengan ikan lain dan kebal terhadap penyakit.

Ikan Hias Komet

pixabay.com

Ikan komet disebut juga sebagai ikan slayer. Hal ini dikarenakan sirip dan ekornya seperti slayer. Selain itu, warnanya yang mengkilap serta ekornya yang merambai membuat ikan ini banyak dicari pecinta ikan.

Ikan Hias Koki

id.pinterest.com/pin/296463587945879190

Siapa yang tidak gemas dengan ikan yang satu ini? ikan koki memiliki jenis yang berbeda – beda mulai dari oranda, mutiara, atau lainnya. Ikan koki ini juga dapat digabungkan dengan ikan lainnya.

Ikan Hias Botia

id.pinterest.com/pin/40884309096068535

Ikan botia adalah ikan nokturnal, hal ini dikarenakan ia aktif dimalam hari. Ikan botia menjadi ikan yang sering dipakai untuk menghiasi akuarium. Ikan jenis ini juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda- beda.

Ikan Hias Neon Tetra

id.pinterest.com/pin/269441990187580455

Ikan ini memiliki ciri khas warna biru terang dan putih perak. Ikan neon tetra sangat cocok untuk mengisi aquarium karena sifatnya yang bergerombol.

Ikan Hias Discus

id.pinterest.com/pin/595178907002614159

Ikan discus berasal dari Amazon, Brazil. Garis pada tubuh ikan discus berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan yang akan memangsanya atau predator. Untuk harga ikan ini dibandrol cukup mahal karena ikan ini termasuk high class.

Ikan Black Ghost

liveaquaria.com

Ikan black ghost disebut juga sebagai ikan penari balet. Hal ini dikarenakan gerak ikan yang lentur seperti penari balet.

Selain 12 ikan tawar diatas, simak juga yuk 12 ikan air laut yang cantik cantik berikut ini.

Ikan badut

id.pinterest.com/pin/269441990187340858

Pasti ikan badut yang menggemaskan ini tidak asing lagi karena terdapat di film. Perawatannya pun cukup mudah, tambahkan terumbu karang untuk ikan badut ini. Hal ini dikarenakan habitat aslinya yang didalam laut.

Ikan Botana Blue Tank

phys.org

Teman ikan badut yang di film itu tentu tidak lain adalah ikan botana blue tank ini. Makanan ikan Blue Tang ketika berusia masih kecil adalah plankton. Ketika sudah dewasa, ikan ini menjadi omnivora yang memakan algae.

Ikan Kupu – Kupu

flickr.com

Ikan ini memiliki sayap menyerupai kupu – kupu, maka itu dinamakan ikan kupu – kupu atau butterfly fish. Ikan ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara ikan air laut karena sangat mudah di pelihara.

Ikan Dotty Back

id.pinterest.com/pin/445504588141300163

Ikan dotty back sangat direkomendasikan untuk dipelihara dirumah, hal ini dikarenakan ikan ini banyak berada di perairan laut Indonesia. Biasanya memiliki sirip yang transparan dan terdapat 2 warna pada tubuhnya.

IkanYellow Tank

flickr.com

Sama dengan blue tank, yang membedakan adlah bentuk mulutnya dan warna ikan yellow tank. Ikan ini juga sangat direkomendasikan bagi para pemula.

Ikan Watchman Goby

liveaquaria.com

Memiliki banyak varian warna seperti ikan air asin satu ini cocok dipelihara bagi pemula karena daya tahannya yang baik.

Ikan Blue Devil

isurepro.com

Warnaa kebiruan dengan corak bintik – bintik menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan air laut yang satu ini.  Ikan yang satu ini lebih baik dipelihara di aquarium berukuran besar dengan ornamen karang. Hal ini dikarenakan habitat aslinya di dasar laut berkarang.

Ikan Lion

flickr.com

Ikan yang satu ini memiliki bentuk yang unik pada tubuhnya yaitu menyerupai duri – duri. Namun, dalam memilih teman untuk lion fish ini perlu diperhatikan yah Ruppers.

Ikan Dokter

id.pinterest.com/pin/495747871454510560

Tidak heran jika namanya ikan dokter, ikan air laut yang satu ini berfungsi untuk membantu menyembuhkan ikan air asin lain yang terserang jamur. Ikan air asin ini juga ramah dengan ikan jenis lainnya sehingga cocok dipelihara pemula.

Ikan Fire

id.pinterest.com/pin/270216046381916536

Ikan fire dengan warna mencolok ini terkenal dengan sifatnya yang gesit dan aktif. Sifatnya juga tidak konfrontatif sehingga ikan ini dapat digabung dengan ikan air laut lainnya. Ikan ini mengonsumsi alga dan juga zooplankton.

Ikan Mandarin

id.pinterest.com/pin/501799583485787829

Ikan mandarin atau naga cina ini memiliki keistimewaan pada warna nya. Ikan ini juga memiliki fisik yang kuat dan daya tahan yang sangat kuat. Namun, diperlukan perhatian lebih dalam memilih makanan untuk ikan ini.

Ikan Angel

id.pinterest.com/pin/501799583485787829

Angel fish ini terkenal karena siripnya yang panjang dan anggun. Ikan yang satu ini sangat menyukai tumbuh – tumbuhan.

Diatas adalah 24 jenis ikan hias air tawar dan air laut yang tidak mudah mati. Selain jenis ikan, Ruparupa punya beberapa referensi barang untuk keperluan Anda saat memelihara ikan. Simak yuk berikut ini.

Aquarium

Filter

Pembersih Aquarium

Lengkapi kebutuhan akuarium lainnya untuk ikan kesayangan Anda hanya di Ruparupa.