12 Resolusi Kesehatan Tahun Baru Anti Wacana

0
3044
Resolusi kesehatan
Sumber : https://www.freepik.com/

Menjelang tahun baru, banyak orang membuat resolusi kesehatan, mulai dari kesehatan fisik, mental, maupun spiritual.Bukan tanpa alasan, resolusi kesehatan ini bertujuan untuk menciptakan energi positif untuk melanjutkan hari-hari di tahun yang baru.

Dengan begitu, kita juga bisa  mengurangi kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan.

Ruparupa Banner

Daftar Resolusi Kesehatan di Tahun Baru

Tidak perlu langsung membuat terobosan baru yang ekstrem, kita bisa mulai dari hal sederhana. Nah, berikut kami punya beberapa ide resolusi kesehatan yang bisa kamu jalani di tahun baru, demi memiliki tubuh dan jiwa yang sehat.

1. Rutin Makan Sayur

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Louis Hansel

Selain bisa menurunkan berat badan, rutin memakan sayur bisa mengurangi tampilan kulit kusam, lho.

Jadi, awali resolusi kesehatan kamu dengan rajin mengonsumsi sayuran. Namun, pastikan makanan tersebut tetap seimbang dengan gizi lainnya, seperti buah-buahan.

2. Berhenti Merokok

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Andres Siimon

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, dari yang ringgan hingga berat, seperti penyakit jantung. Yuk, coba buat resolusi untuk berhenti merokok.

Tidak perlu langsung berhenti, kamu bisa mengurangi kebiasaan ini secara perlahan-lahan. Hal yang paling penting adalah konsistensi dalam melakukannya.

3. Kurangi Minum Alkohol

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/CHUTTERSNAP

Alkohol memang tidak selamanya buruk. Namun, kamu harus bisa membuat batasan dalam mengonsumsi alkohol. Apalagi, minum alkohol secara berlebihan bisa membuat kamu kecanduan dan akhirnya merusak beberapa sistem di dalam tubuh.

4. Rutin Olahraga

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Kike Vega

Resolusi tahun baru yang wajib kamu mulai adalah rutin berolahraga. Kamu bisa mengajak pasangan, teman, sahabat, atau keluarga sebagai partner olahrga agar bisa komitmen dalam menjalani aktivitas satu ini.

Tidak harus langsung melakukan olahraga berat, kamu bisa mulai dari aktivitas yang ringan, seperti jogging pagi, yoga, dan pilates. Apalagi, kita sudah bisa membeli alat olahraga di mana saja, termasuk di ruparupa. 

5. Banyak Minum Air Putih

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Engin Akyurt

Selain mengonsumsi makanan sehat, minum air putih juga bisa membuat tubuh semakin bugar. Selain itu, kamu juga bisa mulai mengurangi minuman manis, bersoda, dan kafein.

Baca Juga:   5 Warna Keberuntungan Tahun Kelinci Air 2023, Bawa Hoki!

Pastikan kamu minum air putih sebanyak 8-9 gelas per hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan.

6.Kurangi Makanan dan Minuman yang Manis

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Luis Aguila

Mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit diabetes. Jadi, resolusi kesehatan yang perlu kamu capai ini adalah mengurangi asupan gula berlebihan. Kamu bisa mengganti camilan manis dengan makanan rendah kalori.

7. Jauhi Toxic Relationship

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Oziel Gomez

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu harus mulai menata hubungan dengan seseorang yang lebih mengerti diri kamu sendiri. Hindari hubungan yang tidak sehat karena hanya menimbulkan luka dan sakit hati.

Buatlah resolusi kesehatan mental, seperti melakukan komunikasi mendalam dengan pasangan. Namun, jika tidak bisa terselamatkan, lebih baik kamu mengakhiri hubungan tersebut. Soalnya, kesehatan mental lebih berharga dari apa pun.

8. Rajinlah Beribadah

Resolusi tahun baru berikutnya yang bisa kamu jalani adalah memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Sang Pencipta. Dengan rajin beribadah, hati kita pun bisa lebih tenang dan kesehatan spiritual pun akan tetap terjaga.

9. Lakukan Hobi Baru

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Matias North

Jika kamu sering mengalami hal-hal yang membosankan di tahun ini, maka saatnya  memulai hobi baru yang bisa menenangkan pikiran. Dengan melakukan kegiatan baru, kita bisa merasakan pengalaman di luar zona nyaman, lho.

10. Tidur yang Cukup

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Kinga Cichewiz

Tinggalkan kebiasaan tidur larut malam. Ingatlah, tubuh kamu juga membutuhkan istirahat yang cukup minimal 7 jam sehari. Dengan menjaga kualitas tidur, tubuh bisa lebih segar dan pikiran pun akan lebih jernih.

11. Kurangi Berselancar di Dunia Maya

resolusi kesehatan tahun baru
Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri atau insecure setelah berselancar di dunia maya terlalu lama. Apalagi, bila teralalu sering melihat posting-an milik orang lain.

Jika kamu salah satunya, maka harus membuat resolusi kesehatan dengan mengurangi aktivitas di dunia maya. Lalu, belajar untuk menjalani realita hidup saat ini dengan mencintai diri sendiri dan tidak iri pada kesuksesan orang lain.

Baca Juga:   6 Tips Membuat Pesta Tahun Baru di Rumah yang Aman

12. Rutin Jalan Pagi atau Sore

resolusi kesehatan
Sumber: Unsplash/Arek Adeoye

Berjalan kaki bisa memperlanjar peredaran darah di kaki, lho. Yuk, mulai rutin jalan kaki untuk sekedar melepas penat dan menggerakkan tubuh yang kaku setelah bekerja.

Itu dia beberapa resolusi tahun baru demi kesehatan yang bisa kamu lakukan. Jadinya, kehidupan di tahun baru pun akan terasa lebih menyenangkan.

Rekomendasi alat kesehatan

Tenang saja, kami juga punya rekomendasikan alat-alat kesehatan  yang bisa membantu  kamu untuk mendapatkan gaya hidup yang lebih baik lagi, seperti berikut ini.

1. Matras Yoga

resolusi kesehatan
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Abu Abu

Beli di sini

Kamu membutuhkan matras yoga buat berolahraga dari rumah supaya lebih nyaman saat melakukan aktivitas kardio, seperti push up. Matras ini berukuran 173x61x0.4 cm dengan bahan dari PVC atau plastik dengan daya tahan tinggi.

2. Dumbbell

resolusi kesehatan tahun baru
Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg – Hitam

Beli di sini

Salah satu aktivitas kardio yang paling mudah buat kamu lakukan adalah melatih otot lengan dengan dumbbell. Situs ini menyediakan dumbbell dari berbagai ukuran, salah satunya yaitu 5 kg. Dumbbell satu ini sudah dilengkapi lapisan antislip yang nyaman buat digenggam.

3. Botol Minum

resolusi kesehatan tahun baru
Quokka 730 Ml Splash Indigo Botol Minum Tritan

Beli di sini

Penuhi kebutuhan air minum harian dengan memiliki botol minum khusus. Botol ini memiliki kapasitas 730 ml dan terbuat dari bahan plastik tritan. Meskipun demikian, botolnya sudah bebas BPA dan aman buat dipakai sehari-hari.

4. Set Peralatan Makan

resolusi kesehatan tahun baru
Delicia Set 16 Pcs Jaden Peralatan Makan – Cokelat

Beli di sini

Peralatan makan yang cantik bisa membuat kita lebih semangat saat mengonsumsi makanan sehat. Apalagi, alat makan ini terbuat dari keramik stoneware yang estetik dan sudah berkualitas food grade. Dalam satu setnya, kamu bisa mendapatkan piring besar, kecil, mangkuk, dan mug.

Situs ini juga menyediakan peralatan kebersihan dan perabot rumah tangga terbaik dari merek-merek milik Kawan Lama Group, seperti ACE Hardware, Informa, Pet Kingdom, Toy Kingdom, dan masih banyak lagi.