8 Tips Menabung Membeli Rumah Baru

0
902

Memiliki tempat tinggal sendiri merupakan impian setiap orang. Namun, harga properti yang semakin naik, kerap membuat orang sulit untuk mendapatkan rumah baru. Tenang, bila Anda menabung dengan benar, pasti Anda bisa memiliki rumah baru. Yuk, ikuti tips menabung membeli rumah berikut ini.

Cara Jitu Menabung Buat Beli Rumah

Masih banyak orang yang belum bisa memahami cara menabung yang paling efektif untuk membeli rumah impian masa depan. Apalagi, di usia muda kita sering menerapkan pola dan gaya hidup konsumtif.

Nah, bila Anda ingin memiliki rumah baru, simak beberapa tips menabung dari usia muda, walau gaji kecil di bawah ini.

1. Menyusun rencana anggaran

Sumber: unsplash.com/@craftedbygc

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai menyusun rencana anggaran dengan detail. Anda bisa mulai mencatat dan membatasi pemasukan serta pengeluaran setiap bulan.

Rencana anggaran ini juga akan menjadi gambaran kemampuan kondisi finansial Anda saat ini dan beberapa tahun ke depan. Cara ini bisa membantu Anda untuk mewujudkan impian memiliki rumah baru.

2. Menyusun skala prioritas

Sumber: unsplash.com/@brettjordan

Membeli rumah tidak hanya sekedar model dan luas dari bangunan. Namun, Anda harus mulai mempertimbangkan beberapa pengeluaran, seperti renovasi dan membeli perabot.

Jadi, pastikan Anda terbiasa membuat skala prioritas untuk mengetahui apa saja yang paling dibutuhkan setelah memiliki rumah. Cara ini juga membiasakan Anda untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga:   Pindah Ke Rumah Baru? 12 Alat Masak Ini Wajib Punya!

3. Lunasi semua utang

Sumber: unsplash.com/@towfiqu barbhuiya

Jangan membeli rumah ketika Anda masih memiliki utang. Pasalnya, dengan memiliki utang lain, Anda tidak akan bisa menabung uang secara maksimal.

Jika kebiasaan mengutang masih terus Anda terapkan, maka besar kemungkinan Anda tidak akan memiliki rumah hingga jangka waktu yang lama. Impian untuk membeli rumah pun akan semakin berat akibat adanya kewajiban lain di setiap bulannya.

Tentu saja Anda tidak ingin hal ini sampai terjadi bukan? Maka dari itu, pastikan Anda telah membereskan semua utang terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli secara tunai ataupun dengan mengambil KPR rumah, ya.

4. Membuka rekening khusus tabungan

Tips selanjutnya adalah membedakan tabungan khusus untuk membeli rumah dan yang untuk transaksi sehari-hari.

Saat ini, beberapa bank sudah menawarkan rekening khusus menabung. Jadinya, Anda bisa menyetor sejumlah uang setiap bulannya tanpa perlu merasa khawatir uang tersebut akan terpakai.

5. Mencoba investasi

Sumber: unsplash.com/@precondo

Berinvestasi tidak harus selalu dalam skala besar, loh. Anda bisa mencoba menggunakan ‘uang dingin’ untuk menambahkan keuntungan di masa depan.

Misalnya, deposito, investasi emas ataupun reksadana yang sedang naik daun sekarang ini. Tidak ada salahnya mencoba daripada membiarkan tabungan Anda nganggur begitu saja di dalam rekening.

Untuk tahap awal, Anda bisa memulainya dengan dana dalam jumlah sedikit. Anda juga bisa melakukan investasi dengan cara dollar cost averaging, yaitu menabung sedikit demi sedikit secara rutin setiap bulannya.

6. Belanja dengan cerdas

Hilangi rasa gengsi! Jangan menghamburkan setiap lembar ‘keringat’ Anda untuk keperluan ‘prestige‘. Mengapa begitu? Jika diperhitungkan, sebagian besar barang-barang mewah ini lambat laun akan turun harga.

Baca Juga:   5 Tips Mudah Capai Resolusi Keuangan Anti Gagal

Maka dari itu, pastikan Anda berbelanja dnegan bijak dan sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Tanamkan tekad pada diri sendiri untuk membeli kebutuhan dengan harga promosi yang jauh lebih menguntungkan. Dengan begitu, target untuk membeli rumah juga akan semakin cepat tercapai.

7. Pertimbangkan rumah subsidi

tips menabung membeli rumah paling jitu
Sumber: unsplash.com/@tierramallorca

Jika Anda memiliki gaji yang tidak besar, jangan pesimis terlebih dahulu. Sebab, kini telah hadir rumah subsidi dengan harga yang lebih terjangkau sehingga impian memiliki rumah pribadi juga akan cepat tercapai.

Anda bisa memilih kualitas dan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa perlahan renovasi dan menambahkan dekorasi untuk mempercantik hunian Anda tersebut.

8. Hidup hemat dengan bijak

Hidup hemat memang bukan perkara yang mudah, terlebih bila Anda yang sudah terbiasa dengan gaya hidup konsumtif. Namun, kini sudah saatnya bagi Anda untuk memanfaatkan kesempatan belanja dengan lebih bijak.

Misalnya, dengan berbelanja di situs belanja online yang kerap menawarkan beragam promo spesial di setiap bulannya.

Seperti di ruparupa.com yang selalu memberikan berbagai penawaran khusus, mulai dari gratis ongkir, buy 1 get 1, hingga potongan harga up to 70%.

Apalagi, situs belanja satu ini menawarkan berbagai furnitur dan keperluan rumah tangga dengan harga terjangkau dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Itu dia tips menabung membeli rumah yang bisa Anda lakukan sejak dari sekarang. Yuk, mulai sisihkan gaji dan raih impian memiliki rumah baru sekarang!