5 Tips Mudah Capai Resolusi Keuangan Anti Gagal

0
698
Sumber : https://unsplash.com/photos/jpqyfK7GB4w

Sebentar lagi, kita akan menyambut tahun baru. Ini merupakan waktu yang tepat untuk  membuat perubahan positif dalam kehidupan, termasuk soal finansial. Salah satunya adalah mencapai finansial freedom. Yuk, simak resolusi keuangan tahun 2022 berikut ini.

Tips Mencapai Finansial Freedom

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan rencana keuangan. Lalu, pastikan Anda berkomitmen untuk mencapai finansial goals Anda.

Apalagi, bila Anda sempat menghadapi periode kuangan buruk selama dua tahun ini di  masa pandemi virus korona. Kini, saatnya bangkit dan wujudkan resolusi tersebut dengan beberapa tips berikut ini.

1. Mulai menyiapkan catatan keuangan

Sumber: unsplash.com/@firmbee

Jangan hanya fokus mengumpulkan pundi-pundi rupiah saja, melainkan Anda juga perlu  membuat catatan keuangan bulanan.

Mulailah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan agar dapat melacak alur keluar masuk uang sehari-hari dan mengatur anggaran bulanan.

Selanjutnya, Anda bisa membuat rencana skala prioritas selama satu tahun kedepan. Misalnya, mencatat pembagian tabungan belanja, investasi, dan lain sebagainya. Catatan ini juga harus dilakukan secara rutin agar Anda bisa meningkatkan nilai tabungan Anda.

Baca Juga:   Belanja Online Sudah Pasti Murah, Mitos atau Fakta?

2. Membagi anggaran bulanan

Tidak perlu membuat resolusi yang berlebihan, Anda bisa memulai dari hal-hal kecil, kok. Seperti membagi anggaran setiap bulan terlebih dahulu.

Idealnya, anggaran akan terbagi menjadi 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk keinginan pribadi, dan 20 persen untuk tabungan, investasi, dan cicilan.

3. Bijak menggunakan dana darurat

Penting bagi Anda untuk konsisten menjaga keuangan di dana darurat. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya.

Dana darurat bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari cicilan pinjaman saat situasi terburuk menimpa. Jadi, pastikan Anda menggunakan dana darurat saat keadaan mendesak saja, ya.

4. Hindari pola hidup konsumtif

Sumber: unsplash.com/@freestocks

Buang jauh-jauh pola hidup yang satu ini. Perilaku konsumtif bisa mengganggu dan cenderung membahayakan kondisi finansial di masa depan. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif sebelum memutuskan untuk berbelanja.

5. Disiplin dan konsisten

Ini dia aspek yang paling penting diperhatikan, yakni disiplin. Pastikan Anda selalu konsisten dalam mengatur pengeluaran serta catatan anggaran bulanan. Jadinya, Anda bisa melakukan evaluasi keuangan di setiap tahunnya.

Baca Juga:   5 Tips Jitu Bayar Cicilan Agar Tidak Bengkak

Selain itu, Anda juga perlu membayar tagihan bulanan tepat waktu. Hindari keterlambatan karena bisa berujung pada bunga dan denda yang tidak kecil nominalnya. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto debet agar tidak melewatkan tagihan ini.

***

Nah, itu dia tips yang dapat membantu meningkatkan prospek keuangan Anda di tahun depan. Selain itu, penting juga untuk Anda membuat strategi agar prospek kuangan bisa lebih baik, seperti memanfaatkan promo belanja agar tujuan resolusi keuangan bisa tercapai dengan baik.

Misalnya, dengan belanja di situs belanja online Ruparupa.com dan menggunakan promo yang tersedia, mulai gratis ongkir, potongan harga hingga 70%, buy 1 get 1, hingga cicilan 0% untuk berbagai produk kebutuhan rumah tangga.

Dengan ini, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran dan cash flow keuangan juga akan lebih terjaga. Mari segera wujudkan resolusi finansial tahun baru. Ingat, kesehatan finansial merupakan fundamental kesuksesan keuangan.