20 Contoh Resolusi Tahun Baru yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

0
18029
Resolusi Tahun Baru

Banyak yang bertanya apa itu resolusi tahun baru? Sebenarnya, resolusi merupakan sebuah tradisi untuk melakukan hal baru, baik mengubah yang lama maupun menjalankan sesuatu yang baru.

Resolusi dijadikan sebagai perbaikan dari hal-hal buruk yang terjadi di tahun sebelumnya. Jadi, kita bisa melalui tahun baru dengan lebih baik lagi.

Ruparupa Banner

Apakah kamu salah satu yang suka membuat resolusi?  Bila ya, tidak perlu khawatir mencari resolusi tahun baru. Kami punya beberapa contoh resolusi tahun baru yang bisa jadi inspirasi buat kamu. 

Lantas, Apa Saja Contoh Resolusi Tahun Baru?

Berikut beberapa resolusi tahun baru 2023 yang bisa kamu lakukan. 

1. Menjalani Gaya Hidup Lebih Sehat

Resolusi tahun baru
Source: Pixabay

Mengubah gaya hidup memang tidak mudah. Namun, bisa kita lakukan dengan baik di tahun baru mendatangnya. Kamu bisa membuat daftar perubahan gaya hidup yang ingin dilakukan. Lalu, centang satu per satu perubahan tersebut bila berhasil dijalankan.

Mulailah dari hal yang terkecil dahulu, seperti bangun lebih awal, luangkan waktu 15 menit untuk olahraga, dan mengurangi makanan berminyak.

2. Membuat Anggaran Belanja yang Lebih Baik

Budget Keuangan
Source: Pixabay

Membuat anggaran belanja akan memberikan banya keuntungan buat kita, seperti lebih mudah menabung, tidak boros, dan bisa mengontrol diri.

Supaya lebih mudah, buatlah bujet pengeluaran untuk beberapa pos, dari belanja bulanan, belanja pakaian, dan lain-lain. Lalu, pastikan untuk menabung terlebih dahulu sebelum membelanjakan anggaran tersebut.

3. Mencoba Memasak Satu Hal Baru Setiap Minggunya

 resolusi tahun baru
Belajar membuat resep baru.

Jika ingin mencoba hidup lebih sehat, maka tidak ada salahnya untuk memasak makanan sendiri. Agar tidak bosan,  coba buat resep masakan baru setidaknya seminggu sekali.

Kamu bisa membuat dari yang paling mudah terlebih dahulu, lalu berikan tantangan untuk diri sendiri buat update skill masak kamu.

4. Baca Buku Lebih Banyak

rak buku
Gunakan rak untuk mengatur koleksi buku yang kamu miliki.

Resolusi tahun baru 2023 yang wajib kita lakukan adalah menambah pengetahuan dengan memiliki buku baru dan membacanya dengan rutin. Mulailah dari buku favorit dengan meluangkan waktu membaca sekitar 15-30 menit sehari.

Baca Juga:   Tren Olahraga Yang Akan Populer di Tahun 2020

5. Bergabung di dalam Komunitas

Social Media
Source: Pixabay

Memiliki hobi baru memang menyenangkan. Begitu pula kalau bertemu dengan lebih banyak teman baru. Salah satu caranya adalah bergabung di dalam komunitas, seperti komunitas film, komunitas baca buku, komunitas masak, dan komunitas beauty. 

Pilih komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Jadinya, kamu bisa lebih senang mengikuti setiap kegiatan yang diadakan. 

6. Membuat Jadwal Membersihkan Rumah

resolusi tahun baru
Buat jadwal bersih-bersih rumah seminggu sekali. Kamu bisa memakai alat pembersih yang praktis seperti vacuum cleaner

Saat membacanya kamu mungkin mengreyitkan dahi, dan bertanya-tanya. Ya, membuat jadwal membersihkan rumah merupakan salah satu resolusi yang sangat baik.

Pasalnya, menjaga rumah tetap rapi tanpa melakukan apa pun rasanya tidak mungkin. Cukup lakukan bersih-bersih rumah seminggu sekali, mulai dari menyapu lantai, mengepel, hingga mengelap kaa jendela. 

7. Makan Sayuran Secara Teratur

Hidup Sehat sebagai resolusi tahun baru
Source: Pixabay

Tidak ada salahnya untuk memulai hidup lebih sehat di tahun baru, terutama jika kamu tidak menyukai sayuran. Cobalah mencicipi menu sayuran baru setiap seminggu sekali. Lama kelamaan, kamu bisa mengetahui sayuran yang paling kamu suka.

8. Cobalah Rencana Diet Baru

Source: Pixabay

Ada banyak program diet yang bagus untuk dicoba pada tahun baru ini, misalnya diet paleo yang dapat mengurangi karbohidrat. Namun, pastikan melakukan diet dengan tepat dan sesuai aturan supaya tubuh tetap sehat. 

9. Lakukan Check-up Kesehatan

oximeter dan tensimeter
Sowell Set Pengukur Tekanan Darah Sdp184 & Oximeter Sdo-720
 

Jika kamu memiliki resolusi untuk kesehatan yang lebih baik di tahun ini, maka cobalah untuk membuat janji dengan dokter. 

Selain itu, siapkan alat kesehatan di rumah supaya kamu lebih mudah mengontrol kondisi tubuh setiap hari. 

10. Naik Turun Tangga

Source: Pixabay

Agar tubuh lebih aktif bergerak, cobalah untuk meluangkan waktu 10 menit untuk menaiki tangga di kantor atau rumah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menaiki tangga selama 10 menit mendapat dorongan energi yang lebih besar daripada mengonsumsi segelas kopi.

11. Menanam Tanaman hijau

jenis monstera
Mulai menanam tanaman hias di rumah supaya ada kesegaran baru.

Salah satu resolusi tahun baru yang bisa kamu lakkukan adalah mencoba merawat tanaman di rumah. Apalagi, kehadiran tanaman di dalam ruangan dapat menurunkan tingkat stres, menenangkan sistem saraf otonom, dan menurunkan tekanan darah.

12. Hidrasi Tubuh

resolusi tahun baru
Selalu bawa botol minum ke mana saja kita pergi supaya tidak dehidrasi.

Terlihat sederhana tapi sangat penting bagi tubuh, dan saat ini banyak orang yang sulit untuk memenuhi kebutuhan air dalam keseharian mereka. Sehingga dapat diaktakan menjadi resolusi yang terlihat simple. tapi perlu konsistensi dalam melakukannya. Yuk coba resolusi yang satu ini.

13. Menjadi Sukarelawan

Source: Pixabay

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menjadi sukarelawan bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, cara sederhana ini juga dapat meningkatkan empati dalam diri.

Baca Juga:   Ingin Pesta Barbeque di Rumah? Alat Panggang dari Weber Solusinya!

14. Melakukan Gerakan Olahraga Sederhana

Lakukan olahraga sederhana secara rutin di rumah.

Dengan meakukan satu gerakan latihan baru setiap hari, kamu sudah bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Cobalah berlatih aerobic, push-up , maupun gerakan kecil seperti berikut ini.

  1.  Burpee: Berdiri lalu jongkok dan letakkan tangan di lantai.
  2. Tuck Jump: Melompat dengan kaki diangkat tinggi, hampir menyentuh bagain  atas tubuh. Lakukan ini sebanyak 25-30 kali.
  3. Push-up: Jatuhkan dada ke lantai, tekuk siku, lalu angkat tubuh.  Lakukan gerakan ini selama 5-10 menit setiap hari. 
  4. Squat & Jump: Ambil posisi jongkok, lalu lompat ke depan dan lakukan gerakan ini secara berulang. Cukup selama 5-10 menit.
  5.  Jumping Jack: Melompatlah, sambil meraih tangan di atas kepala, dan ulangi urutan selama 1 menit. Lakukan sebanyak 3 set.

15. Buat Memori Baru Dengan Keluarga

Source: Pixabay

Memori kebersamaan dengan keluarga bisa menjadi kenangan terindah. Agar tetap segar dalam ingatan, kamu dapat berfoto bersama mereka setiap kali pergi liburan atau dalam acara khusus.

Lalu, cetak foto tersebut dan letakkan di dalam bingkai. Terakhir, susun bingkai tersebut di atas rak supaya momen tersebut selalu bisa kita ingat. 

16. Donasikan Pakaian Lama

resolusi tahun baru
Pisahkan pakaian lama yang sudah tidak digunakan lagi untuk disumbangkan.

Menyimpan barang-barang yang kamu sukai memang menyenangkan. Namun, lama kelamaan barang tersebut akan menumpuk, termasuk pakaian. 

Yuk, mulai pisahkan pakaian lama yang sudah tidak digunakan lagi untuk disumbangkan. Supaya pakaian di rumah tidak menumpuk, kamu juga bisa menjalankan metode membuang 1 pakaian setiap kali membeli 1 baju baru.

17. Jelajahi Hobi baru

Source: Pixabay

Jika kamu merasa hidupmu monoton, maka cobalah untuk melakukan hobi baru.  Misalnya, mengikuti kelas menulis atau mengikuti kelas melukis. Cara ini juga bisa menambah pengetahuan dan membuat hidup terasa lebih menyenangkan, lho.

18. Ubah Penampilan Diri

Resolusi awal tahun
Source: Pixabay

Resolusi tahun baru berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah penampilan. Jangan ragu untuk mulai belajar dandan atau merias wajah. Hal yang paling penting adalah selalu menjadi diri sendiri. 

19. Menulis Diary atau Jurnal

buku jurnal
Gunakan notebook untuk menulis jurnal atau mencatat hal-hal penting.

Agar setiap momen di tahun baru selalu terkenang dengan baik, kamu bisa menuliskannya di dalam sebuah buku jurnal. Catatan dari hari ke hari yang kamu lalui ini juga dapat menjadi pelajaran untuk kehidupan yang lebih baik, lho.

20. Rapikan Dapur

scan and shop kitchen set
Mulai rapikan dapur supaya terlihat lebih menyenangkan.

Area dapur memang menjadi salah satu tempat yang mudah berantakan. Untuk itu, kita perlu mulai merapikannya. Jadi, kamu bisa memasak dengan lebih menyenangkan. 

Caranya dengan memisahkan alat masak dan perlengkapan dapur sesuai kategori. Untuk barang-barang kecil, kamu bisa memasukkannya di dalam kotak penyimpanan. Gunakan rak tambahan bila memang dibutuhkan.

miliki perlengkapan rumah tangga
hemat hingga 50% klik di sini

Itu dia beberapa resolusi yang bisa kamu jalankan di tahun baru mendatang. Nah, kamu juga dapat mendekorasi ulang rumah supaya terlihat lebih segar dan menawan. 

Tenang saja, kamu bisa membeli peralatan rumah tangga dan perabot terbaik hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan kebutuhan rumah atau produk home living terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Ataru, Pendopo, dan Toys Kingdom.