7 Makanan Rendah Kalori Buat Musim Hujan

0
783
makanan rendah kalori untuk musim hujan
Sumber: freepik.com

Musim hujan sering kali menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan, seperti flu, batuk, demam, dan masuk angin. Hal ini dikarenakan adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrim dari musim panas ke hujan.

Berbagai penyakit ini dapat timbul jika tubuh tidak berada dalam kondisi prima. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi saat musim hujan sangat penting.

Ruparupa Banner

Selain minuman hangat, ada juga makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tenang saja, makanan hangat rendah kalori ini juga cukup lezat dan nikmat disantap saat musim hujan. 

Lantas, Apa Saja Makanan Rendah Kalori yang Nikmat Saat Musim Hujan?

Kali ini, kami sudah membuat daftar pilihan makanan rendah kalori yang cocok untuk musim hujan. Simak, yuk!

1. Sup Ayam

makanan rendah kalori sup ayam
Sumber: freepik.com

Makanan rendah kalori satu ini pasti sering menjadi menu andalan, khususnya saattubuh merasa kurang sehat.  Sup ayam mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh di tengah musim hujan.

Dengan menambahkan berbagai jenis sayuran, seperti kentang, wortel, dan brokoli, kamu juga akan mencukupi kebutuhan serat maupun vitamin dalam tubuh.  Bahkan,  mengonsumsi sup ayam hangat juga dapat meredakan gejala flu ataupun iritasi lambung. 

2. Bubur Oat

Mengonsumsi bubur oat di pagi hari jauh lebih sehat bagi tubuh, terutama bagi orang yang memiliki penyakit lambung atau gerd.  Selain baik untuk lambung, bubur oat juga mengandung sedikit kalori karena tidak mengandung glukosa setinggi nasi.

Baca Juga:   9 Makanan Tinggi Kolesterol yang Perlu Kamu Perhatikan

Bubur oat juga cocok bisa menjadi makanan saat musim hujan karena kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya mampu menjaga imun tubuh. Tidak hanya itu, bubur oat juga ternyata bisa menjadi makanan penurun kolesterol, lho. 

3. Sup Labu sebagai makanan rendah kalori

makanan rendah kalori sup labu
Sumber: freepik.com

Sup labu mengandung vitamin E baik untuk kecantikan kulit, serta lutein dan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh.  Selain kaya vitamin, sup labu juga merupakan makanan rendah kalori yang cocok kamu konsumsi saat musim hujan.

Kandungan serat yang tinggi pada labu juga mampu membuat kamu kenyang sepanjang hari.  Jadi, jika sedang diet, sup labu juga bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu, lho. 

4. Dada Ayam

Kamu bisa menjadikan dada ayam sebagian variasi menu untuk disantap selama musim hujan, lho. 

Selain rendah kalori, dada ayam bisa mencukupi kebutuhan protein pada tubuh untuk membantu pembentukan otot. Kamu bisa mengolahnya dengan merebus atau memanggangnya.

5. Telur sebagai makanan rendah kalori

makanan rendah kalori telur
Sumber: pexels.com

Tahukah kamu kalau ternyata telur juga termasuk makanan rendah kalori yang baik bagi tubuh, lho. Nyatanya, mengonsumsi 2 butir telur rebus di pagi hari mampu meningkatkan stamina dan tenaga sehingga kamu bisa lebih kuat seharian.

Hal ini dikarenakan telur kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kekebalan dan ketahanan tubuh, apalagi saat musim hujan. Jadi, telur bisa menjadi pilihan tepat, bukan?

6. Sup Jagung Telur

Jagung merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang cukup populer di kalangan pencinta makanan sehat. Makanan satu ini mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk menangkal berbagai macam penyakit bagi tubuh. 

Baca Juga:   4 Cemilan Enak Untuk Menemani Diet

Dengan mengonsumsi jagung, kamu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit, seperti pilek dan batuk. Agar nikmat untuk kamu santap saat musim hujan, cobalah mengolahnya menjadi sup jagung.

7. Sayur Bayam

makanan rendah kalori bayam
Sumber: pexels.com

Memakan sayur bayam dengan kuah hangat saat cuaca hujan tentunya akan menghangatkan tubuh kamu. Sayuran hijau satu ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, lho.

Beberapa nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari sayur bayam adalah zat besi, asam folat nabati, dan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

***

Itulah beberapa makanan rendah kalori yang bisa kamu konsumsi saat musim hujan untuk menghangatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh.  

Agar makanan jauh lebih enak, kamu perlu menggunakan alat masak berkualitas sehingga tidak mengurangi atau merusak nutrisi dari bahan masakan.

Berikut ini beberapa rekomendasi alat masak yang bisa kamu gunakan. 

Kels 1.8 Ltr Rice Cooker Low Sugar - Silver
Kels 1.8 Ltr Rice Cooker Low Sugar – Silver

Beli di sini

Cooking Color 30 Cm Hoshiko Wajan Wok
Cooking Color 30 Cm Hoshiko Wajan Wok

Beli di sini

Ataru Spatula Scraper Silikon - Biru
Ataru Spatula Scraper Silikon – Biru

Beli di sini

Kamu bisa menyediakan alat kesehatan di rumah, sepeerti alat cek gula darah dan pengukur tekanan darah. Jadinya, kita bisa mengontrol kesehatan tubuh secara mandiri di rumah.

Sowell Alat Pengukur Gula Darah Dengan Strip Sdg-561
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561

Beli di sini

Sowell 2.35 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah
Sowell 2.35 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah

Beli di sini

Semua peralatan masak dan alat kesehatan tersebut, bisa kamu beli melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.