Profil Kucing Ragdoll yang Harus Anda Tahu

0
863

Jika Anda sedang mencari kucing besar dan memiliki sifat penyayang yang bisa mengikuti arus, Anda bisa memilih kucing Ragdoll. Kucing ini menjadi lemas karena senang saat dielus. Jenis kucing ini adalah salah satu yang terbesar di luar sana, tetapi jangan biarkan hal itu mengintimidasi Anda.

ragdoll
Sumber: piqsels.com

Mata birunya yang besar dan dengkurannya yang keras dan serak membuat Anda tahu bahwa kucing-kucing ini hanya berukuran besar. Kucing ini terkenal suka bersosialisasi, membuatnya cocok untuk rumah yang ramai dengan banyak aktivitas.

Profil Fisik

Berat badan: Jantan memiliki berat hingga 9 kilogram dan betina memiliki berat antara 4.5 dan 7 kilogram.

Tinggi badan: 28 hingga 33 sentimeter di bahu

Panjang bulu: Sedang dan bertekstur halus

Warna bulu: Berbagai warna dan pola

Warna mata: Mata biru

Masa umur: 13 hingga 15 tahun atau lebih

Sejarah Kucing Ragdoll

Kucing ini sangat baru dibandingkan dengan banyak ras lainnya. Jenis kucing Ragdoll diciptakan di California pada 1960-an. Seorang peternak kucing bernama Ann Baker ingin menciptakan kucing cantik yang berkepribadian penyayang. Ann mulai menggunakan kucing domestik berambut sedang yang tidak diketahui asalnya. Josephine, induk kucing ras asli, berkulit putih.

Meskipun butuh beberapa generasi, Baker akhirnya menghasilkan kucing pertama yang disebut Ragdolls. Kucing-kucing ini dihargai karena bulunya yang tidak berbulu, ukurannya yang besar, dan kepribadiannya yang ramah.

Sayangnya, drama meletus antara Baker dan beberapa penggemar Ragdoll lainnya di tahun 1970-an. Akhirnya, banyak pecinta awal ras Ragdoll dan Baker sendiri yang berpisah. Jenis Ragdoll tetap populer saat ini meskipun terjadi pergolakan ini.

Asosiasi Peternak Kucing (CFA) mulai mendaftarkan Ragdolls pada tahun 1993. Saat ini, Ragdolls adalah jenis kucing terpopuler kelima yang didaftarkan oleh CFA.

Perawatan Kucing Ragdoll

Ragdoll memiliki bulu tunggal yang halus (artinya tidak memiliki lapisan bulu di bawahnya). Ini dimaksudkan untuk menjadi lebih rendah daripada bulu kucing berambut sedang lainnya. Meski begitu, jenis ini masih perlu disikat setidaknya dua kali seminggu untuk membantu menghindari kekusutan.

Baca Juga:   Cara Merawat Kucing Kecil yang Perlu Kalian Perhatikan!

Telinga ragdolls juga perlu Anda bersihkan secara teratur. Teteskan beberapa tetes pembersih telinga kucing yang hangat ke telinga kucing, lalu pijat bagian luar telinganya. Anda mungkin harus menyediakan camilan kucing yang enak untuk membantu kucing Anda tetap tenang selama perawatan ini. Setelah sekitar lima menit, gunakan bola kapas untuk menyeka bagian dalam telinga kucing Anda. Ini adalah camilan kucing rekomendasinya:

Cattyman Camilan Makanan Kucing Crab & Chicken Slice 38 Gr

Seperti semua kucing lainnya, Ragdolls juga umumnya perlu memotong kuku kakinya. Ingatlah bahwa kucing Anda mungkin ingin mengasah cakarnya lebih dari biasanya setelah pedikur, jadi pastikan untuk menyediakan beberapa tiang garukan yang bagus!

Ragdoll juga merupakan kucing sosial yang energik. Mereka membutuhkan waktu bermain yang teratur menggunakan mainan tongkat atau mainan kucing interaktif lainnya.

Jangan hanya meninggalkan mainan untuk kucing Anda, bangun dan bermainlah dengannya! Ini akan membantu menurunkan berat badan kucing Anda, menghindari masalah perilaku yang tersebabkan oleh kebosanan, dan membangun ikatan dalam keluarga.

Masalah Kesehatan

Semua ras memiliki potensi masalah kesehatan genetik. Bahkan hewan ras campuran pun bisa terkena penyakit genetik! Penting untuk mengetahui kecenderungan ras yang Anda pilih, sehingga Anda dapat bertanya kepada peternak tentang pengujian yang sesuai. Hindari peternak yang bersikeras bahwa anak kucingnya tidak memerlukan tes kesehatan atau jaminan kesehatan.

Seperti kebanyakan kucing ras besar, Ragdolls rentan terhadap masalah berat badan. Memberi makan kucing Anda dari mainan puzzle dan membagi makanan hariannya dapat membantu kucing Anda tetap bugar dan langsing. Memberi kucing Anda permainan yang teratur juga penting untuk manajemen berat badan. Meskipun kucing gemuk “berbulu halus” mungkin lucu, mereka tidak sehat!

Baca Juga:   Makan Minum Lancar, Hewan Kesayangan Sehat Terawat

Ragdolls ras murni yang tidak memiliki banyak keragaman genetik. Mereka rentan terhadap batu kandung kemih dan kardiomiopati hipertrofik. Batu kandung kemih menyakitkan dan dapat menyebabkan masalah kantong kotoran kucing.

Anda dapat membantu kucing Anda menghindari batu kandung kemih dan infeksi saluran kencing lainnya dengan mendorongnya untuk minum banyak air bersih dan memberinya makanan berkualitas tinggi.

Kardiomiopati hipertrofik lebih sulit terhindari, karena bersifat genetik. HCM adalah penyakit jantung yang menyebabkan penebalan otot jantung. Kardiogram dapat membantu mendiagnosis masalahnya, tetapi hanya setelah kucing mengembangkan HCM. Pengujian genetik juga dapat membantu peternak menghindari pembiakan kucing dengan HCM, tetapi selalu berisiko.

Diet dan Nutrisi

Bekerja samalah dengan dokter hewan Anda untuk membuat diet yang sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas Ragdoll Anda. Secara umum, makanan basah membantu memberikan kelembapan yang dapat membantu mencegah masalah saluran kencing. Pastikan untuk menjatah makanannya, dan jangan biarkan pada dalam mangkuk kucing Anda sepanjang hari. Ini adalah makanan basah kucing rekomendasinya:

Sheba Makanan Kucing Tuna & Salmon Gravy 85 Gr

Meninggalkan makanan telah terkait dengan diabetes pada kucing karena insulin melonjak setiap kali kucing makan, tidak peduli seberapa tinggi kualitas makanannya. Karena kucing menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berbaring, cara terbaik untuk membuat jangka hidup kucing Anda lebih menarik adalah dengan menggunakan mainan puzzle untuk memberi makan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui profil kucing Ragdoll. Apakah Anda tertarik untuk memelihara kucing jenis ini? Atau bagi kalian yang sudah memelihara kucing, apakah ingin membeli atau mengadopsi kucing lainnya?

Yuk, jangan lupa untuk membeli, mempersediakan dan melengkapi kebutuhan peralatan perawatan untuk kucing kesayangan Anda!

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!