Promo Hunaian Cantik penuh Gaya

Pohon ketapang adalah sejenis pohon yang tumbuh pada tepi pantai rindang, dan membentuk tajuk secara bertingkat-tingkat. Setelah bertumbuh tumbuhan ini menjadi pohon peneduh untuk taman maupun pinggir jalan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap manfaat, ciri-ciri, jenis hingga harga tumbuhan ini. Untuk mengetahuinya pastikan untuk membacanya sampai kahir.

Taksonomi Pohon Ketapang

Gambar pohon ketapang
Source: Pixabay

Nama latin pohon ketapang adalah Terminalia catappa serta sebutan lainnya seperti tarisei, talisei, kalis, kris (Papua Barat), salrisé (Sulut); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.), lisa (Rote); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara)

Sementara itu dalam bahasa asing umumnya memiliki nama Sea almond, Beach almond, Bengal almond, almondTalisay treeUmbrella tree, Singapore almondIndian almondMalabar Tropical almond.

Ekologi

Tumbuhan asli Asia Tenggara maupun Polinesia hingga Australia bagian utara. Selain itu poon ini juga bisa ditemui pada Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika Timur, Afrika Barat, Pakistan, India, juga Madagaskar.

Dapat bertumbuh secara optimal pada dataran rendah ketinggian 400 m dengan curah hujan 1000-3500 mm pertahun. Dalam setahun tumbuhan ini menggugurkan daunnya dua kali. Sementara itu buahnya memiliki lapisan gabus sehingga mampu terapung di air.

Morfologi atau Ciri-ciri pohon Ketapang

Ketapang pohon mampu mencapai ketinggian hingga 40 m dan ketebalan batang hingga 1,5 m. Tumbuh sangat rindang secara mendatar juga bertingkat hingga memiiki penampakan seperti pagoda.

# Daun

Ciri ciri daun ketapang biasanya sangat bervariasi seperti yang berikut ini:

1 . Bentuk daun pohon ketapang yang lebih lebar dan umumnya mencapai 3 cm- 9 cm setiap helainya.

2 . Daun ketapang dengan bentuk oval dan memanjang, serta lancip pada bagian ujungnya. Karakter lainnya yang menonjol adalah bagian ujun daun lebar juga sirip dan tulang daun yang kuat.

3 . Memiliki warna daun yang segar dan muda seperti pohon manggis. Namunakan berubah warna menjadi merah atau kuning saat musim gugur tiba.

# Buah

Buah ketapang sendiri seperti almond yang berukuran 4 hingga 5.5 cm. Biasanya berwarna hijau saat masih mudah dan menjadi merah kecoklatan setelah matang

# Bunga

Berukuran kecil dan seperti lonceng. Memiliki ukurannya 4 – 8 mm dengan variasi warna kuning, krem dan putih. Cenderung tumbuh pada ujung ranting dengan panjang 8 – 25 cm dengan jumlah kelopak 5 helai

# Akar

Kelompok tanaman peneduh yang memiliki akar tunggang bercabang. Berbentuk kerucut lurus ke bawah dengan banyak cabang akar ke samping sebagai penopang.

# Batang

Mampu tumbuh mencapai ketinggian sekitar 35 meter, dengan tekstur batang yang kasar atau sulcatus pada permukaan kulit batang. Berbentuk bundar dan tegak lurus.

Manfaat Pohon Ketapang

Manfaat pohon ketapang
Source: Pixabay

Tumbuhan ini memiliki asam Tanin, yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit manusia hingga baik untuk merawat ikan cupang.

# 9 Manfaat pohon Ketapang Untuk Ikan Cupang

1 . Meningkatkan daya tahan tubuh ikan sehingga tidak mudah terkena penyakit

2 . Memperkuat juga menyehatkan bagian sirip dan sisik

3 . Menurunkan pH air akuarium

4 . Memberikan efek anti bakteri dan anti jamur

5 . Menjadi sumber makanan alami bagi ikan

6 . Obat alami bagi ikan

7 . Menurunkan stress ikan

8 . Membantu perkembangbiakan cupang liar, tetra berlian, rawa merah

9 . Memperpanjang umur ikan cupang

# 12 Manfaat pohon Ketapang Untuk Kesehatan Manusia

1 . Menurut web kesehatan air rebusan daun ketapang sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan, karena memiki kandungan asam folat yang tinggi. Namun tidak semua kondisi kehamilan bisa mengonsumsi ramuan herbal ini.

2 . Mampu menurunkan diabetes dari 25 – 62 %, namun efeknya sendiri baru terlihat setelah 15 hari pengobatan

3 . Menghambat Pertumbuhan Kanker sebesar 2,6 kali setelah 30 hari dipaparkan ramuan tersebut. Ini terjadi karena adanya sifat antikarsinogenik yang disinyalir mampu menurunkan sel kanker dalam tubuh.

4 . Mengobati Hepatitis atau liver hati yang mana bisa dilakukan dengan menggunakan daun ketapang yang sudah berwarna kuning kecoklatan.

5 . Kulit batang ketapang sendiri ternyata bermanfaat untuk mengobati sariawan jika mengonsumsinya secara teratur.

6 . Baik untuk menjaga imunitas tubuh karena ada kandungan antioksidan yang membuat kamu tidak mudah terserang penyakit.

7 . Meningkatkan fungsi kelenjar susu untuk ibu yang sedang menyusui.

8 . Meredakan penyakit Rheumatoid artritis alias radang sendi

9 . Mampu menenangkan dan melemaskan sistem saraf. 

10 . Sifat antioksidan yang terdapat pada daun ketapang dapat mencegah kerusakan kromosom dan memberikan efek antiklastogenik.

11 . Mengobati sakit perut karena mampu membunuh parasit yang terdapat dalam usus.

12 . Menyembuhkan sakit kepala secara alami

# Salah Satu Alternatif Minyak Nabati Selain Minyak Kelapa Sawit

Ternyata biji ketapang memiliki kemiripan dengan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Hal ini dapat terjadi karena berdasarkan sifat fisika kimia dan kandungan lemak total yang berfungsi sebagai metil ester

# Bahan Pewarna Alami

Pepagan adalah jaringan paling luar pada pohon ketapang yang melindungi batang kayu dan daun-daun pohon. Dari bagian inilah menghasilkan warna kuning kecoklatan hingga warna zaitun. Sehingga tidak mengherankan jika pepagan pohon ini sering menjadi bahan tinta.

5 Jenis Pohon Ketapang

Terdiri dari banyak jenis yang mana dapat dipilih sesuai selera

1. Ketapang Sentani

Pohon Ketapang Sintani
Source:stewartflowers

Jenis pertama adalah pohon ketapang kencana sentani, memiliki daun yang lembut dan sulit untuk dibedakan dengan jenis lainnya. Umumnya berfungsi sebagai penghias taman dan bukan sebagai perindang.

2 . Ketapang Laut (Beach Almond Tree)

Pohon Ketapang Laut
Source: Agromaret

Cocok sebagai peneduh pada kawasan laut karena bentuknya yang rimbun, bahkan cenderung berlapis. Ukurannya sendiri sangat beragam mulai dari 50-60 cm, sementara itu untuk usia terbaik adalah 8-10 bulan. Dari antara jenis lainnya pertumbuhan pohon ini cukup cepat, karena mampu mencapai 1 meter – 5 meter dalam waktu 2-3 tahun.

3. Ketapang Biola

Pohon Ketapang Biola
Source:Portaljember.pikiranrakyat

Salah satu jenis pohon yang mudah untuk dikontrol, maka tidak mengherankan jika mudah untuk memangkasnya menjadi tanaman hias berukuran kerdil. Memiliki ciri khas daun yang lebar dan menghadap ke atas layaknya mangkok.

4 . Ketapang Mini

Gambar pohon ketapang mini
Source: tridrian.wordpress

Cocok sebagai tanaman hias maupun peneduh yang menyerupai seperti pohon. Bentuknya sendiri mendatar dan berlapis. Memiliki nama lain sebagai ketapang kencana karena ukuran daunnya yang lebih kecil. Cocok untuk rumah yang memiliki lahan terbatas, karena tidak akan memberikan kesan sesak

5 . Ketapang Kencana Lhokseumawe

Pohon Ketapang Kencana Lhokseumawe
Source: Stewartflowers

Seperti namanya tumbuhan ini berasal dari salah satu daerah di Aceh. Jika ingin mengetahui perbedaannya tentu agak sulit karena rupanya mirip dengan kencana sentani. Namun yang pasti jenis ini cocok menjadi tanaman hias.

Cara Merawat Pohon Ketapang

Untuk mendapatkan hasil tumbuhan yang berkembang optimal, lakukan langkah perawatan berikut ini

#Menyiram Rutin

Sama seperti pohon lainnya, agar tumbuh maksimal tanaman ini memerlukan penyiraman secara rutin namun tidak setiap hari. Pasalnya memberi air berlebihan dapat membuatnya menjadi gersang.

# Memberikan Nutrisi

Beli disini

Agar tumbuhan dapat bertumbuh maksimal, berikan pupuk dengan kadar yang selalu sama. Untuk jenisnya sendiri boleh organik maupun buatan. Namun jika ingin lebih mudah memberikan pupuk anorganik adalah pilhan tepat, karena memiliki takaran yang sudah pas.

Beri pupuk dengan rentang waktu 2-3 bulan, hindari pemberian yang berlebihan karena dapat membuat tanaman menjadi kurus dan menghambat perkembangan.

# Semprot Pestisida

Jangan lupa untuk menyemprot pestisida untuk menghilangkan hama penggangu. Akan tetapi perhatikan kadarnya agar tidak terlalu sering ya! Agar tanaman tidak mati

Itulah penjelasan lengkap mengenai pohon ketapang, untuk memenuhi semua kebutuhan hobi berkebun Ruppers pastikan untuk memiliki produk berkualitas seperti Rak Tanaman, Aksesoris Taman dan Peralatan & Kebutuhan Taman.

Dapatkan dengan harga terbaik serta penawaran eksklsif dengan berbelanja melalui e-commerce yang merupakan gabungan dari beberapa brand terpercaya dari Kawan Lama Group.