9 Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Perawatan Kelinci Agar Selalu Sehat

0
860
Merawat kelinci
Sumber: Pixabay/David Mark

Sama seperti hewan peliharaan lain, perawatan kelinci juga perlu dilakukan dengan baik. Apalagi, hewan peliharaan dengan bulu yang halus ini bisa menjadi teman baik yang menghibur kita di kala lelah menjalani hari yang panjang.

Selain kandang dan tempat tidur, makanan kelinci juga perlu diperhatikan.  Hal ini bertujan agar mereka bisa tumbuh besar dan kuat.  

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Merawat Kelinci?

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan dalam merawat kelinci dengan baik.

1. Kandang yang Luas

Kelinci membutuhkan tempat tinggal berupa kandang yang luas. Usahakan untuk memilih kandang yang memiliki penutup atau atap tertutup di atasnya agar mereka bisa terlindung dari sinar matahari dan air hujan. 

Menurut The Spruce Pets, kandang kelinci setidaknya harus empat kali lebih luas dari ukuran kelincinya. Lalu, letakkan kandang di bagian teras atau dalam rumah agar kelinci tidak mudah kedinginan atau kepanasan. 

Nah, kamu juga bisa memilih kandang yang memiliki dua lantai dengan tangga agar mereka bisa bermain, seperti di bawah ini.

Kandang kelinci
Ferplast Kandang Kelinci Grand Lodge 120 Plus – Abu Abu

Beli di sini

kandang kelinci
Ferplast Kandang Kelinci Rabbit 100 – Abu Abu

Beli di sini

2. Tempat Tidur

Selain kandang, kelinci juga membutuhkan tempat tidur yang empuk agar mereka bisa tidur dengan nyenyak. Kamu dapat membeli tempat tidur dari bahan polyester yang lembut dan awet.

Baca Juga:   5 Cara dan Waktu yang Tepat Grooming Anak Anjing

Namun, pastikan kamu selalu rutin membersihkan tempat tidur berbahan kain ini agar tidak mudah kotor dan bau. Berikut pilihan tempat tidur untuk kelinci kesayangan kamu di rumah.

tempat tidur untuk perawatan kelinci
Pawise 64.5×56.5×7.5 Cm

Beli di sini

tempat tidur untuk binatang
Pawise Tempat Tidur Hewan 3 In 1

Beli di sini

3. Kotak makanan

Letakkan makanan kelinci di sebuah kotak yang berbahan agak berat agar tidak mudah dimainkan. Soalnya, kelinci suka memainkan barang-barang yang ada di sekitarnya.

Jika kotak makan terlalu ringan, kemungkinan makanan di dalamnya bisa mudah tumpah. Ini dia rekomendasi tempat makanan kelinci yang bisa kamu gunakan.

siapkan mangkuk makan untuk binatang
Mangkuk Tempat Makan Binatang Stand 40.5x27x50 Cm – Hitam

Beli di sini

tempat makan binatang kelinci
All For Paws Tempat Makan Binatang

Beli di sini

4. Tempat Kotoran

Isilah tempat kotoran dengan pasir putih, lalu kamu bisa melatih kelinci untuk membuang kotorannya sendiri secara rutin. Dengan begitu, mereka akan  terbiasa mengaksesnya jika ingin buang air. 

5. Tempat Minum

Selain tempat makan, kamu juga pelu menyiapakan tempat minum. Gunakan tempat minum berbentuk botol yang bisa kamu tempel di sisi kandang agar mereka bisa meminumnya dengan mudah, seperti di bawah ini.

tempat minum praktis untuk binatang
M-pets 1.5 L Tempat Minum Hewan Nile Water

Beli di sini

tempat minum binatang
Pawise 30x40x20 Cm Dispenser Makanan Dan Minuman Binatang

Beli di sini

6. Makanan

Kelinci adalah hewan yang bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, dari pelet, sayuran, hingga buah-buahan. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan kandungan dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Utamakan untuk memberinya sayuran segar, seperti wortel, brokoli, sawi, lobak, selada, kangkung, bayam, dan sebagainya.

Hindari memberikan pelet setiap harinya karena mereka membutuhkan makanan yang mengandung serat larut di dalam tubuh. Tak apa jika kamu ingin memberikannya pelet sesekali, tetapi pastikan yang berkualitas tinggi, seperti pilihan di bawah ini.

7. Mainan Kelinci

Siapkan beberapa jenis mainan yang bisa diletakkan di dalam kandang agar kelinci bisa tetap aktif dan terstimulasi dengan baik. Pada dasarnya, mereka adalah hewan yang suka mengunyah.

Jadi, kamu bisa memberikan mainan terbaik yang terbuat dari bahan aman dan berkualitas serta bermanfaat untuk perawatan gigi kelinci, seperti yang ada di bawah ini.

Mainan untuk kelinci
Ferplast Mainan Kelinci Gigit Kayu – Kuning

Beli di sini

mainan perawatan gigi kelinci
Pawise Mainan Anjing Boneka Tali Bentuk Beruang & Kelinci

Beli di sini

8. Waktu dan Perhatian

Tidak hanya persiapan dari segi material, kamu juga perlu mempersiapkan diri sebelum merawat kelinci. Pastikan kamu selalu meluangkan waktu dan perhatian buat mengajak mereka bermain di luar kandang. 

Sama seperti hewan lainnya, kamu juga perlu memberikan suntikan vaksin agar kelinci bisa terlindungi dari virus. Selain itu, ketahuilah kalau mereka adalah hewan yang sangat sensitif terhadap suara keras, seperti kembang api, alat penyedot debu, dan sebagainya. 

9. Aksesoris Perawatan Kelinci

Potong kuku adalah rutinitas penting yang perlu kamu lakukan. Soalnya, kuku kelinci tumbuh dengan cepat dan bisa melukai kamu jika tidak dipotong. Jadi, kamu perlu menyiapkan alat perawatannya seperti gunting kuku.

gunting kuku binatang
Zen Clipper Gunting Kuku Hewan Ukuran Xxl

Beli di sini

perawatan kelinci dengan gunting kuku
Ferplast Gunting Kuku Hewan – Merah

Beli di sini

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum merawat kelinci di rumah. Kamu bisa mendapatkan semua kebutuhan untuk merawat kelinci di atas hanya melalui ruparupa.com.

Dapatkan potongan hingga 50% untuk pelengkapan hewan peliharaan KLIK DI SINI.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan peralatan elektronik dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Pet Kingdom, ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.