Ini Dia Aturan Minum Air Putih saat Puasa

0
5539
aturan minum air putih

Aturan minum air putih saat puasa ternyata menjadi hal yang penting. Apalagi, di bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan untuk menahan haus dan lapar. Tentunya, hal ini tidak mudah dilakukan mengingat kekuatan fisik manusia didukung oleh kedua hal tersebut.

Meski sedang puasa, tubuh tetap mengeluarkan cairan melalui urin dan keringat. Inilah yang membuat tubuh mudah kekurangan cairan dan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, kita tetap perlu minum air putih selama menjalankan puasa. 

Ruparupa Banner

Lantas, Seperti Apa Aturan Minum Air Putih saat Puasa?

Air putih memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh karena hampir seluruh aktivitas sel memerlukan air. Pada umumnya, manusia perlu minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Lalu, kapan kamu dapat memenuhi kebutuhan air putih selama menjalankan ibadah puasa? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menerapkan pola minum 2-4-2, seperti berikut ini. 

aturan minum saat puasa
Kels Sahara Dispenser Air Bottom Load

Dua Gelas saat Berbuka

Setelah seharian berpuasa, kamu perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih. Kamu bisa langsung minum dua gelas air putih untuk memenuhi kondisi tersebut dan menghilangkan rasa haus.

Kamu bisa buka puasa dengan air putih sebelum menyantap takjil atau menu buka puasa lainnya. 

Empat Gelas saat Malam

Nah, empat gelas air putih selanjutnya dapat kamu minum pada malam hari, dari setelah azan Isya hingga sebelum tidur. 

Kamu bisa minum air putih dengan membagi satu gelas sebelum makan malam, satu gelas setelah makan malam, satu gelas setelah melaksanakan tarawih, dan satu gelas lagi ketika akan beranjak tidur.

Baca Juga:   7 Tips Meninggalkan Kucing di Rumah Agar Tidak Stres

Dua Gelas saat Sahur

Sebelum memulai puasa, pastikan kamu menyantap makanan yang bergizi dan minum air minimal dua gelas saat sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan. 

Tidak perlu langsung minum dua gelas sekaligus, melainkan kamu bisa membaginya menjadi satu gelas sebelum makan dan satu gelas lagi setelah makan.

minum air putih saat sahur
Krischef Pompa Air Galon Rechargeable – Putih

Apa Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Air?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa akibatnya kalau kurang minum air? Menurut ahli gizi, kekurangan air 2% dari kebutuhan tubuh saja bisa menyebabkan gangguan konsentrasi.

Selain itu, ada pula sejumlah permasalahan lain yang dapat kita alami jika kekurangan air saat puasa, seperti berikut ini. 

1. Gangguan Pencernaan

Kurangnya air dalam sistem pencernaan dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Hal tersebut dikarenakan feses menjadi lebih kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Tentu, kondisi ini akan menyebabkan sejumlah permasalahan lainnya, seperti wasir.

2. Metabolisme Melambat

Air sangat berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka metabolisme pun akan ikut melambat, yang menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan.

3. Penurunan Tekanan Darah

Saat seseorang mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh, volume darah pada arteri dan vena akan menurun.

Hal ini yang menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Bila ini terjadi, bisa-bisa seseorang jadi mudah pusing dan lemas.

tekanan darah menurun
Sumber: Unsplash.com

4. Risiko Batu Ginjal dan Infeksi Kemih

Kekurangan air putih dapat menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri pada kemih, yang tidak dikeluarkan melalui urin. Akibatnya, kamu lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih.

Baca Juga:   Ini Tanggal THR Cair Bagi Pekerja dan Cara Menghitungnya

Selain itu, air juga dapat membantu proses peluruhan mineral pembentuk batu pada ginjal. Jika kebutuhan air tidak terpenuhi, maka kamu bisa mengalami batu ginjal.

5. Gangguan Mood

Kurang minum air putih rupanya juga dapat memengaruhi kondisi mood seseorang, lho! Ketika kamu mengalami dehidrasi, kamu akan lebih murung dan mudah tersinggung. Jadi, pastikan kebutuhan air minum kamu tercukupi, ya.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui aturan minum air putih saat puasa dan akibatnya jika tidak memenuhi.

Agar lebih praktis dan aman, pastikan kamu selalu membawa botol minum dan memiliki dispenser di rumah.

Tenang saja, kamu bisa beli perlengkapan air minum hanya dari ruparupa.

miliki dispenser air hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan kebutuhan gaya hidup dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, ATARU, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya nih beberapa rekomendasi dispenser air berkualitas dan botol minum yang bisa kamu beli.

dispenser air minum
Kris Dispenser Air Bottom Loading Electric – Hitam

Beli di sini

dispenser
Kels Savero Dispenser Air Top Loading – Putih

Beli di sini

dispenser air minum bottom load
Kels Sahara Dispenser Air Bottom Load

Beli di sini

dispenser air putih
Kels Savero Dispenser Air Top Loading – Hitam

Beli di sini

botol air minum
Ataru 1.1 Ltr Wide Botol Minum Tritan – Putih

Beli di sini

botol air putih
Kris 2 Ltr Botol Minum – Biru

Beli di sini

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.