3 Tips Buka Puasa Di Hari Pertama yang Tepat

0
672
Sumber: Unsplash.com

Hari pertama puasa di bulan ramadan sudah di depan mata. Banyak persiapan yang perlu kita lakukan, termasuk menjalani hari pertama puasa dengan tubuh yang sehat. Nah, kali ini, kami punya beberapa tips buka puasa yang bisa kita lakukan.

Tentunya, saat buka puasa di hari pertama, tubuh kita membutuhkan persiapan. Selain perubahan pola waktu tidur, waktu kita untuk mengonsumsi makanan pun akan mengalami perubahan.

Ruparupa Banner

Bila tidak melakukan persiapan yang benar, bisa-bisa tubuh jadi mudah lemas, mengantuk, dan jadi tidak bertenaga.

tips buka puasa
Sumber: Unsplash.com

Cara Buka Puasa di Hari Pertama

Lalu, apa saja yang perlu kamu perhatikan saat berbuka puasa di hari pertama? Intip tips berikut ini.

1. Tidak Langsung Menyantap Makanan Berat

Siapa yang dapat menahan godaan makanan lezat di atas meja saat buka puasa?Memang cukup sulit, tetapi sebaiknya kita tidak langsung makan makanan dalam jumlah yang banyak saat perut kosong.

Hal ini justru akan membuat perut kita merasa begah, sakit perut, dan banyak gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, jika makan berlebihan, bisa-bisa kamu malah akan muntah.

Baca Juga:   Asal Usul Ketupat, Sajian Wajib Saat Lebaran

Oleh karena itu, disarankan untuk berbuka dengan menu takjil yang manis dan ringan terlebih dahulu. Menu takjil bisa berupa puding, kolak, kue, atau makanan ringan lainnya. Setelah itu, baru dilanjutkan ke makanan berat.

2. Makanan yang Wajib Ada Waktu Buka Puasa

Untuk memulihkan energi kamu setelah berpuasa seharian, pastikan 3 jenis makanan ini ada di meja makan kamu, ya.

  • Buah dan Sayur

Pertama-tama adalah buah dan sayur karena mengandung banyak air, yang bisa menghidrasi tubuh kembali setelah kekurangan cairan seharian. Nah, salah satu buah yang bisa kamu konsumsi adalah buah kurma.

Selain rasanya yang manis dan bikin nagih, buah kurma juga bisa menjadi sumber energi dan kaya potasium, mineral yang penting untuk membantu otot dan saraf tubuh berfungsi dengan baik.

Selain makan kurma dan buah-buahan, makan sayur yang kaya serat saat buka puas juga penting. Contoh sayur yang mudah diolah untuk berbuka adalah bayam, brokoli, atau lobak. Pilih sayur yang mengandung banyak vitamin, serat, dan antioksidan.

  • Makanan Berkarbohidrat

Nasi, roti gandum, beras merah, serta mie adalah makanan karbohidrat kompleks yang menyediakan banyak energi dan serat untuk tubuh. Pastikan kamu memenuhi tubuh dengan makanan berkarbohidrat untuk mendapatkan energi.

  • Makanan Kaya Protein

Selain karbohidrat, tubuh kita juga membutuhkan protein, yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Baca Juga:   15 Resep Es Cincau Segar Untuk Buka Puasa

Protein bisa diperoleh melalui daging, seperti daging ayam atau ikan. Jika kamu vegetarian, kamu bisa mendapatkan sumber protein dari kacang-kacangan.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan Harian

Menurut sebuah studi dari Journal of Sports Sciences mengungkapkan bahwa tubuh kita bisa kehilangan cairan sebanyak 1% selama berpuasa.

Maka dari itu, kita perlu memennuhi kebutuhan cairan saat berbuka puasa. Supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi, kamu bisa minum sebanyak 1-2 gelas air saat buka puasa.

Tambahan cairan pun bisa kamu dapatkan dari buah, sayur, atau menu takjil. Namun, kamu tetap harus menghindari minuman yang tinggi gula, ya.

tips buka puasa
Sumber: Unsplash.compuasa

Itu dia beberapa tips buka puasa di hari pertama. Bila kamu bingung untuk menentukan menu buka puasa dan sahur, kamu bisa cek resep menarik  di sini.

Lengkapi juga dapur di rumah dengan peralatan masak terbaik dari Ruparupa.com. Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga semunya berjalan dengan lancar dan baik.