Akibat adanya lonjakan pasien Covid-19 yang sangat signifikan dalam waktu dekat ini, ternyata memicu langkanya tabung oksigen di tanah air.  Sehingga muncullah berbagai macam alternatif yang memiliki fungsi hampir sama yaitu Oksigen Konsentrator.

Bahkan menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR menjelaskan, alat yang memiliki bentuk dengan mesin generator oksigen ini merupakan salah satu alat penopang yang sangat penting, karena dapat meningkatkan kadar oksigen hingga 90-95 persen.

Mengetahui fakta inilah tidak mengherankan kalau saat ini oksigen konsentrator masuk dalam pencarian populer. Namun sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya ada baiknya kamu mengetahui fakta penting dari alat pernafasan ini.

Keuntungan Memiliki Oksigen Konsentrator 

Keuntungan Memiliki Oksigen Konsentrator
Source: Industri kontan

Dengan memiliki alat medis ini setiap orang dapat melakukan terapi oksigen meskipun dari rumah saja. Akan tetapi di samping itu ternyata ada juga sepuluh keuntungan lainnya yang perlu kamu ketahui.

Alternatif tabung oksigen dengan banyak keunggulan

Jika kamu bertanya apakah benar oksigen konsentrator dapat menggantikan tabung oksigen,  maka jawabannya adalah tentu saja bisa.  Untuk penjelasannya sendiri yang bersumber dari web medicalogy, mengungkapkan kalau  jenis alat medis oksigen ini sudah banyak digunakan pada klinik dan rumah sakit.

Bekerja mengubah oksigen lebih murni dan bebas bakteri hingga 95 %

Seperti yang kita tahu saat ini udara yang kita hirup tidak sepenuhnya bersih akibat polusi, virus yang ada pada udara namun tidak terlihat. Sehingga untuk bisa tetap menikmati udara yang  murni dan bebas dari bakteri,  kamu bisa menggunakan Oksigen Konsentrator yang dapat memurnikan udara hingga 95%, wow!

Oksigen konsentrator itu sendiri adalah alat yang berfungsi untuk menyediakan oksigen yang ada pada sekitarnya 21% dan memisahkan kandungan negatif dalam udara, sehingga menghasilkan oksigen yang murni di atas 90%

Kelebihan lainnya dari alat ini adalah dapat mengeluarkan nitrogen serta gas negatif lainnya yang terkandung di dalam oksigen secara menyeluruh. Dengan begini kamu dapat memberikan suplai oksigen terbaik untuk seluruh anggota keluarga.

Siapa saja dapat melakukan terapi oksigen secara mandiri

Menurut web kesehatan Alodok, orang yang mengalami masalah pernafasan akan membutuhkan terapi oksigen untuk mengembalikan saturasi oksigen dalam darah. Karena udara bebas tidak mampu mencukupi kebutuhan tersebut.

Tujuan utama dari terapi oksigen ini sendiri adalah sebagai pengobatan dan mengatasi berbagai penyakit atau kondisi kesehatan  suplai oksigen lebih seperti:

  1. Gagal jantung
  2. Pneumonia atau paru paru basah
  3. Asma
  4. Penyakit paru obstruktif kronis
  5. Sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur.
  6. Trauma pada sistem pernapasan.
  7. Bronchopulmonary dysplasia, keadaan paru paru yang belum sempurna pada bayi baru lahir.

Akan tetapi selain kegunaan yang telah disebutkan di atas, alat oksigen ini juga mampu meredakan migrain, stres, jet lag serta kelelahan . Dapat terbayang dong, banyaknya keuntungan yang akan kamu bisa rasakan dari satu alat saja.

Menikmati udara segar tanpa batas

Keuntungan lainnya dari Oksigen Konsentrator adalah adanya suplai udara yang bersih dari kuman dan bakteri tanpa batas. Pasalnya selama alat kesehatan ini masih terus hubung dengan aliran sumber daya atau waktu pemakaian masih berjalan, maka kamu bisa menikmatinya kapan saja. Sehingga tidak perlu lagi khawatir persediaan udara bersih akan habis atau kebingungan mencari isi mengisi ulang

Keunggulan inilah yang tidak ada pada tabung oksigen, yang biasanya memiliki volume tetap dan terbatas sehingga ketika sudah habis harus refill kembali secara berkala. 

Menghindari resiko kebakaran & kebocoran

Keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan lainnya yaitu pemakaian jangka panjang, serta tidak mempunyai resiko mengalami kebocoran yang mana biasanya sering terjadi pada tabung oksigen. 

Kebocoran dari tabung oksigen inilah yang dapat menyebabkan ruangan tempat penyimpanan mengalami kebakaran beserta benda-benda yang ada di sekitarnya. Karena Risiko ini juga yang menunjukkan kalau memiliki Oksigen Konsentrator  jauh lebih aman dan menguntungkan.

Alat mungil dengan manfaat yang besar

Saat memiliki tabung oksigen pemiliknya akan mengalami kesulitan untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat lain akibat ukuran dan beratnya yang cukup besar.

Berbeda dengan alat oksigen konsentrator yang memiliki ukuran lebih kecil, compact dan ringkas, yang mana dapat diletakkan pada  ruangan berukuran mungil, serta lebih mudah jika ingin memindahkan-nya sewaktu-waktu.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak produk yang tersedia di website belanja online yang menyediakan dengan kualitas juga desain yang minimalis. Salah satunya adalah So well, produk kesehatan yang sudah teruji klinik untuk melakukan terapi oksigen secara mandiri, dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Harga yang jauh ekonomis 

Sekilas harga oksigen konsentrator memang lebih mahal jika dibandingkan dengan tabung oksigen.  Tapi coba deh dihitung kembali, jika kamu harus mengisi ulang tabung oksigen secara terus menerus. Maka uang yang harus kamu keluarkan sangat jauh lebih mahal ketimbang alat medis yang  cukup kamu beli hanya sekali saja loh!

Dari fakta inilah dapat disimpulkan kalau membeli oksigen konsentrator jauh lebih ekonomis ketimbang tabung oksigen. 

Mudah Dioperasikan 

Faktanya tidak semua orang bisa menggunakan tabung oksigen dengan cara yang benar, sangat berbeda dengan oksigen konsentrator yang jauh lebih mudah dipahami dalam penggunaanya.

Memang setiap produk memiliki yang berbeda dalam pengoperasiannya, namun masih tergolong mudah untuk dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Cara penggunaannya sangat mudah cukup dengan masukan  4o ml air destilasi pada alat konsentrator,  pasang selang oksigen, nyalakan tombol on kemudian set waktu penggunaan serta volume udara yang kamu butuhkan, lalu alat siap digunakan.

Untuk lama pengoperasiannya berbeda, ada yang memiliki waktu pemakaian dari 99 menit hingga 2 jam. Namun jika membutuhkan terapi jangka panjang kamu harus memiliki 2 buah alat ini sekaligus.

Perawatan yang mudah

Untuk menjaga Kebersihan oksigen konsentrator, kamu dapat mencucinya dengan larutan air deterjen kemudian bilas pada air mengalir. Cara lainnya kamu dapat menggunakan vacuum cleaner lalu keringkan sebelum penggunaan

Lakukan pengecekan secara berkala serta bersihkan secara teratur. Namun setelah penggunaan selama 100 jam kamu harus mengecek kembali apakah  filter hanya perlu dicuci atau diganti dengan yang baru.

Menikmati fitur canggih 

Pasti penasaran kan, alat yang berguna untuk menaikan kadar saturasi oksigen dalam darah ini memiliki fitur apa saja sih?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu akan muncul jawaban yang beragam, namun umumnya produk yang baik dan berkualitas dapat terlihat dari fiturnya seperti 

  • Memiliki tekanan maksimum hingga 20~50 kPa
  • Mampu menyaring bakteri  udara 93% – 95%.
  • Sound level yang rendah yaitu sekitar ≤46 dB (A)
  • Mudah dalam penggunaan.
  • Memiliki pressure swing adsorption

Untuk menemukan produk dengan fitur unggulan kamu dapat menjatuhkan pilihan pada Oksigen Konsentrator persembahan So well yang sudah teruji secara klinis. Produk ini sangat aman untuk digunakan, tanpa menimbulkan suara yang berisik. 

Keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari alat ini adalah dapat digunakan kapanpun termasuk pada malam hari, sekaligus bagi mereka yang sedang mengalami stres, migrain dan jet lag.

Rekomendasi Produk oksigen konsentrator

Buat kamu yang sedang mencari alat medis terbaik maka kamu dapat memilih produk unggulan berikut ini

Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 150va Src3-650

Alat medis persembahan So well ini memiliki desain yang modern dan compact, serta lengkap dengan sistem penyaringan udara yang hening. Cocok untuk mengalirkan udara yang bersih dan segar untuk orang-orang yang menderita kardiovaskular, serebrovaskular yang biasa terjadi pada lansia. Sebagai saran penggunaan pakai alat ini selama satu jam tiga kali sehari, masing-masing saat pagi, siang dan sore hari.

Detail produk:

  • Dimensi produk : 9.4 x 31.5 x 38 cm
  • Rentang aliran : 0.5-3L / menit
  • Oxygen Concentration: 93%±3%
  • Maximum Outlet Pressure: 20~ 50kPa
  • Sound Level: ≤46 dB (A)
  • Daya input rata-rata : 230 volt
  • Waktu pengoperasian minimum: 30 menit
  • Penggunaan mudah dan praktis

Sowell Oksigen Konsentrator 3 Ltr 150va Src3-650

Produk kesehatan terbaik yang berguna untuk menyuplai oksigen murni dan memiliki berbagai fungsi lainnya seperti memberikan ekstra udara untuk ibu hamil, maupun orang yang mengalami Hipoksia.

Saran penggunaan untuk ibu yang sedang mengandung, ada baiknya menggunakan alat besutan so well selama satu jam dua kali sehari saat pagi dan sore. Sementara itu bagi mereka yang sedang mengalami Hipoksia dapat menghirup 3-60 menit selama 1-2x setiap hari.

Detail Produk:

  • Dimensi produk : 17 x 28.5 x 38 cm
  • Rentang aliran : 1-3L / menit
  • Konsentrasi oksigen : 9070
  • Tingkat suara : 48 dB A
  • Daya input rata-rata : 150 volt amper
  • Waktu pengoperasian minimum: 30 menit
  • Penggunaan mudah dan praktis
  • Oxygen concentration : 90%~70%
  • Sound Level: 48 dB (A)(Average)
  • Daya input = 150VA

Sowell Oksigen Konsentrator 5 Ltr 400va Src5-650

Berbeda dengan produk sebelumnya, oksigen konsentrator yang satu ini memiliki volume yang lebih besar, yang biasanya banyak digunakan oleh orang-orang yang mengalami Hipoksemia yaitu kondisi oksigen dalam darah yang rendah.

Selain itu alat medis ini juga bisa membantu penderita penyakit paru obstruktif kronik, serta asma bronkial. Untuk mendapatkan asupan udara bersih yang cukup kamu harus menghirup oksigen minimal 15 jam dalam sehari.

Detail Produk:

 

  • Dimensi produk : 51 x 21 x 64 cm
  • Rentang aliran : 0.5-5L / menit
  • Konsentrasi oksigen : 93%±3%;
  • Tekanan outlet maksimum: 40~70kPa
  • Tingkat suara : 49.5 dB (A)
  • Daya input rata-rata : 400 volt / 1 volt / 0.8 watt
  • Waktu pengoperasian minimum: 30 menit
  • Realtime detection
  • Infrared remote control system
  • Mengusung teknologi Jerman
  • Medical grade

Temukan oksigen konsentrator terbaik ini hanya di Ruparupa, platform belanja yang menyediakan aneka perlengkapan kesehatan seperti oximeter, alat pengecek gula darah, dan masih banyak lagi. Dapatkan dengan harga terbaik yang setara dengan kualitasnya dengan bergabung menjadi Ruppers sekarang juga melalui web atau aplikasi yang tersedia pada ios atau Android kamu!