Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang, termasuk Anda bukan? Ribuan cara sudah coba dikembangkan dan dipraktekan, dari menjaga pola makan, menjaga pola tidur sampai meminum ekstrak tumbuhan dan buah-buahan. Ya, memang semuanya penting. Di awal tahun ini, menjadi saat yang tepat untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga

Olahraga adalah salah satu yang tak boleh Anda tinggalkan jika ingin tubuh tetap sehat dan bugar.

Berolahraga tidak hanya berguna untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh, tetapi juga bisa menghilangkan stress, memompa jantung agar bekerja lebih baik, melawan penyakit dan meningkatkan kapasitas pada otak Anda. Sayangnya, sebagian orang memilih untuk menghindari olahraga karena berbagai alasan. Mulai dari anggaran biaya pusat kebugaran yang mahal, malas pergi keluar rumah, hingga tidak adanya waktu untuk berolahraga. Tentu saja alasan-alasan tersebut tidak dapat menunda Anda untuk berolahraga. Ingin olahraga di rumah yang sehat, mudah dan murah? Tentu saja bisa.

Berikut, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk olahraga di rumah:

1. Yoga

olahraga di rumah yoga

Tak dipungkiri olahraga jenis ini sangat digemari dan diminati oleh sebagian besar orang. Ternyata ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menekuni yoga secara teratur. Karena yoga merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi serta ketenangan, maka olahraga jenis ini bisa membuat tubuh Anda rileks dan santai. Yoga sangat cocok bagi Anda yang mengalami kepenatan di kantor, disibukkan dengan berbagai pekerjaan dan masalah. Ketika Anda melakukan gerakan yoga, seluruh pikiran Anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negatif akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress.

Selain itu manfaat lainnya adalah meningkatkan penguasaan emosi, melancarkan peredaran darah, membakar lemak, detoksifikasi dan pengeluaran racun dalam tubuh serta meningkatkan fungsi pernapasan dan kerja jantung. Wah, bisa Anda bayangkan betapa banyak manfaat yang dihasilkan hanya dengan menekuni yoga? Pagi hari adalah waktu paling baik untuk melakukan yoga. Usahakan untuk melakukan yoga di ruangan yang jauh dari keramaian, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan lupa siapkan yoga mat (matras yoga) dan alunan musik yang menenangkan seperti lagu-lagu instrumental. Cukup melakukan yoga selama beberapa menit, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

2. Aerobik

Anda tak harus memiliki instruktur khusus atau menjadi anggota klub kebugaran untuk bisa melakukan latihan aerobik. Anda cukup membeli DVD atau mencari di YouTube jenis gerakan aerobik yang dapat dilakukan di rumah. Sebaiknya disarankan untuk melakukan kegiatan ini selama 60 menit dalam sekali seminggu. Namun, bagi pemula cobalah untuk melakukannya tahap demi tahap. Cobalah dengan 15 menit, kemudian secara bertahap naik menjadi 30 menit sampai 1 jam. Jika dilakukan dengan rutin, ini akan melatih daya tahan dan koordinasi antara kaki, perut, lengan dan tangan.

3. Naik Turun Tangga

Jika Anda memiliki rumah bertingkat, tangga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk Anda berolahraga. Jika Anda melakukannya dengan berulang-ulang, Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan aliran darah dan detak jantung serta membakar kalori. Sangat mudah dan murah, bukan?

4. Body Weight Training

olahraga di rumah angkat beban

Bodyweight training merupakan latihan beban dengan menggunakan berat tubuh sebagai bebannya. Karena menggunakan beban tubuh, maka olahraga jenis ini sangat minim menggunakan alat fitness atau peralatan olahraga lainnya. Gerakannya beragam seperti sit up, push up, back up, plank, dan masih banyak lagi. Olahraga ini sangat bisa dilakukan di rumah. Jika Anda membutuhkan panduan, sekarang banyak apps yang menawarkan program bodyweight training. Unduh apps-nya ke dalam smart phone Anda, gunakan sepatu olahraga yang nyaman, dan siapkan matras, lalu Anda siap berolahraga tanpa perlu menggunakan peralatan olahraga.

Ternyata banyak bukan jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Kini yang Anda perlukan adalah niat dan tekad untuk mulai berolahraga. Jangan langsung pasang target untuk segera langsing atau turun sekian kilo, lebih baik berniat untuk menjaga stamina tubuh. Jika Anda rajin dan terus berkomitmen melakukan olahraga rutin, tubuh yang langsing adalah bonus dari tubuh yang semakin kuat dan sehat.

Tahun baru menjadi saat yang tepat untuk memulai hidup sehat. Pilih olahraga yang Anda sukai dan mulai lakukan olahraga di rumah.

Yuk mulai olahraga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here