Apakah Boleh Minum Air Es Saat Cuaca Panas?

0
286
Sumber: Unsplash.com

Belakangan ini, cuaca panas melanda kota Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya. Suhu ibu kota pun sempat mencapai 36 derajat celcius. Tentu, saat cuaca panas, minum air es pasti terasa nikmat. Namun, apakah hal tersebut aman untuk kesehatan?

Melansir dari beberapa sumber,  minum air dingin sebenarnya tidak masalah bagi tubuh. Soalnya, sebelum air masuk ke dalam lambung, suhu air akan disesuaikan dengan suhu dalam tubuh.

Ruparupa Banner

Namun, bila kita memiliki alergi cuaca dingin, maka tidak disarankan untuk minum air es. Hal ini bisa membuat kita batuk-batuk karena air es akan mempengaruhi saluran pernapasan.

Meski boleh minum air es, beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari air yang sangat dingin. Lebih baik minum air dingin yang sejuk alias cukup cool. 

Lalu, apakah ada batasan minum air dingin saat cuaca panas?

Tenang, kamu bisa minum air dingin dengan bebas saat cuaca panas. Asalkan minuman dingin tersebut tidak mengandung gula alias terlalu manis.

Sebenarnya, minuman dingin yang berbahaya untuk kesehatan adalah air es yang mengandung gula berlebihan. Hindari terlalu banyak minum air soda, makan es krim, serta minuman manis lainnya.

Pastikan kandungan gula yang dikonsumsi  tidak lebih dari 4 sendok atau 50 gram per hari. Jadinya, tubuh tetap segar dan juga sehat.

Meskipun tidak ada batasan mengonsumsi air dingin, kita tetap perlu mengetahui dampak negatif dari minum air dingin terlalu banyak.

Baca Juga:   8 Tips Jitu Menghadapi Suhu Panas Indonesia

Apa dampak kebanyakan minum air es?

Sumber: Unsplash.com

Melansir dari Medical News Today, minum air dingin bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh dan memperlambat proses pencernaan. Soalnya, tubuh mengeluarkan energi tambahan untuk memulihkan suhu tubuh ketika kita minum air dingin.

Selain saluran pencernaan, minum air dingin juga bisa menyebabkan beberapa hal berikut ini.

1. Mengganggu Saluran Pernapasan

Minum air dingin terus-terusan bisa menyebabakan penumpukan lendir di hidung dan tenggorokkan.

Jika lendir ini sampai menutupi saluran masuknya oksigen, maka kita akan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, saat pilek dan flu, sangat tidak dianjurkan untuk minum air dingin.

2. Menyebabkan Sakit Kepala

Terlalu banyak minum air dingin juga bisa menyebabkan sakit kepala. Dalam hasil sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2001 terhadap 669 wanita, menemukan 7,6 persen dari partisipan mengalami sakit kepala setelah minum air dingin memakai sedotan.

Penelitian itu juga menemukan bahwa peserta yang punya migrain lebih mungkin merasakan sakit kepala dibandingkan yang tidak pernah migrain.

Sakit kepala yang disebut oleh brain freeze ini juga bisa terjadi ketika kita makan es krim berlebihan. Hal ini terjadi karena saraf sensitif tulang belakang menjadi dingin sehingga mempengaruhi otak.

3. Menurunkan detak jantung

Menurut penelitian medis, minum air dingin juga bisa menurunkan detak jantung dan merangsang saraf yang mengontrol fungsi tubuh secara tidak sengaja.

Saraf yang dikenal sebagai saraf vagus ini langsung terpengaruh oleh suhu air yang rendah, akibatnya detak jantung pun melambat hingga suhu tubuh mencapai normal. Tentu, ini bisa berisiko pada masalah jantung lainnya.

Baca Juga:   Resep Es Bunga Telang Lemon Madu, Segar dan Sehat!

4. Membuat Tubuh Bekerja Lebih Keras

Air dingin yang masuk ke dalam tubuh akan disesuaikan suhunya dengan suhu normal tubuh, yaitu 37 derajat celecius.

Jadi, waktu kamu minum air dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih untuk menyesuaikan suhu tersebut. Padahal, energi tersebut harus disimpan agar tubuh bisa menyerap nutrisi dan mencerna makanan dengan baik.

5. Menyebabkan Sembelit

Minum air dingin terlalu sering juga bisa membuat proses pencernaan makanan lebih lambat. Jadi, makanan yang masuk ke tubuh tidak dapat dicerna dengan baik. Akhirnya, nutrisi yang diserap pun tidak maksimal.

Sumber: Pixabay

Itu dia bahaya minum air dingin terlalu banyak saat cuaca panas. Sebenarnya, selain minum air es, kamu juga bisa menghadapi suhu panas dengan memperbanyak makan buah yang mengandung air, seperti semangka, timun, jeruk, nanas, dan lainnya.

Kamu juga bisa minum air kelapa untuk menyegarkan tubuh. Pasalnya, air kelapa mengandung elektrolit yang bisa mencegah dehirasi dan menganti cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, pastikan juga kamu selalu membawa botol minum ke mana pun kamu pergi. Jadinya, kebutuhan cairan tubuh pun tetap terpenuhi.

Nah, kami punya beberapa rekomendasi botol minum yang bisa kamu temukan hanya di Ruparupa, seperti berikut ini.

minum air es di cuaca panas
Ataru 1 Ltr Botol Minum Tritan Dengan Strap – Biru

Beli di sini

minum air es di cuaca panas
Quokka 720 Ml Ice Navy Botol Minum Tritan – Biru

Beli di sini

minum air es di cuaca panas
Quokka 670 Ml Mineral Ash Botol Minum Tritan

Beli di sini

minum air es di cuaca panas
Quokka 520 Ml Mineral Geo Palm Botol Minum Tritan\

Beli di sini

Selain menyediakan botol minum,  kamu juga bisa menemukan banyak perlengkapan rumah tangga dan perabot unggulan dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

#AwalYangBaru dimulai dari hidup sehat. Yuk, kita pasti kuat menghadapi cuaca panas yang sedang melanda.