Waspadai 7 Dampak Cuaca Panas bagi Tubuh Berikut Ini!

0
213
dampak cuaca panas kelelahan
Sumber: pexels.com

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia tidak dapat ditebak. Saat pagi hingga siang, cuaca panas ekstrem akan melanda. Namun, sore dan malamnya bisa saja menjadi hujan lebat.

Cuaca dengan kondisi ekstrem ini tentunya bisa memberikan dampak buruk. Bukan hanya menganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga terhadap tubuh kita. Apalagi, untuk menghadapi cuaca panas, tubuh perlu melakukan adaptasi. 

Ruparupa Banner

Coba bayangkan bagaimana kondisi tubuh kamu kalau baru saja bisa beradaptasi dengan cuaca panas, tetapi tiba-tiba hujan deras mengguyur. Tentu, kita akan lebih mudah terserang penyakit, bukan? 

Lalu, Apa Dampak Cuaca Panas Terhadap Kesehatan Tubuh?

Untuk itulah, kita perlu waspada dengan dampak cuaca panas bagi kesehatan tubuh manusia, seperti berikut ini. 

1. Demam

Ketika cuaca sedang panas, biasanya kita takut menyalakan pendingin ruangan karena khawatir tagihan listrik akan membengkak.Tentu, hal inilah yang membuat kita jadi berkeringat. 

Padahal, keringat yang membasahi tubuh nantinya bisa membuat kamu masuk angin sehingga rentan terserang demam. Apalagi kalau saat berkeringat, kita jadi minum air es atau air dingin untuk menyegarkan tubuh.

Inilah yang menyebabkan terjadi perubahan suhu mendadak bagi tubuh dan berisiko terkena infeksi tenggorokan. Hal ini juga yang akhirnya bisa menimbulkan demam.

dampak cuaca panas demam
Sumber: pexels.com

2. Dehidrasi adalah dampak cuaca panas yang sering terjadi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cuaca panas bisa menyebabkan tubuh berkeringat. Biasanya, cairan keringat yang keluar tersebut mengandung berbagai mineral penting bagi tubuh, seperti kalium hingga natrium.

Baca Juga:   6 Langkah Mudah Membersihkan Kipas Angin Gantung

Inilah yang membuat kita jauh lebih haus dari biasanya, bibir dan lidah terasa kering, serta jadi sedikit buang air kecil.

Selain kita perlu minum air lebih banyak, kita juga perlu menggunakan pendingin udara di dalam ruangan yang hemat listrik, seperti kipas angin, air cooler, humidifier, dan lain-lain. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias penyejuk ruangan di rumah, lho.

dampak cuaca panas dehidrasi
Sumber: pexels.com

3. Kelelahan dan mudah pingsan

Kekurangan cairan tubuh akibat keringat berlebih juga bisa membuat kita jadi mudah lelah, merasa lemas, pusing, mual, bahkan pingsan, lho. 

Selain itu,  suhu panas juga bisa membuat kita sulit berkonsentrasi hingga emosi mudah naik. Untuk mengatasinya, pastikan kita berada di tempat sejuk dan mengurangi aktivitas fisik yang berat.

4. Denyut jantung lebih cepat

Tahukah kamu kalau ternyata saat cuaca panas ekstrem, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya, lho.

Soalnya, organ satu ini akan memompa darah ke kulit untuk melepaskan rasa panas. Karena lebih fokus ke kulit, bagian tubuh lainnya bisa jadi kekurangan pasokan darah. Hal ini bisa membuat tubuh terasa lemas dan jadi kurang semangat.

5. Tekanan darah rendah

Saat cuaca panas ekstrem, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Bahkan, pembuluh darah juga ikut membesar. Hal tersebut akan membuat tekanan darah pada tubuh menurun.

Bukan hanya bagi penderita tekanan darah rendah, tetapi siapa pun bisa saja merasa pusing dan pingsan karena hal ini.

dampak cuaca panas pusing
Sumber: pexels.com

6. Ruam kulit

Keringat berlebihan pada tubuh bisa saja menyumbat beberapa pori-pori di tubuh, khususnya yang berada pada posisi lipatan, seperti ketiak, siku, selangkangan, hingga bawah payudara. 

Baca Juga:   Waspada! Ini Dia 9 Ciri-Ciri Freon AC Habis

Penyumbatan pori-pori karena keringat tersebut bisa saja memicu munculnya benjolan benjolan merah yang terasa gatal. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan pakaian longgar atau oversized dengan bahan yang mudah menyerap air, seperti katun. 

7. Heat stroke adalah dampak cuaca panas terburuk

Dampak cuaca panas bagi tubuh yang paling berbahaya adalah heat stroke. Kondisi ini muncul saat tubuh kesulitan mengontrol suhu sehingga mengalami peningkatan drastis hingga 41°C dalam hitungan menit saja. 

Jika mengalami heat stroke, tubuh kamu akan kesulitan mengeluarkan keringat, kulit jadi kering, dan terasa panas. Akibatnya, kita bisa merasa pusing, mual, dan risiko terburuknya adalah kejang hingga kematian.

Wah, ternyata dampak cuaca panas bisa berbahaya bagi tubuh manusia ya, Ruppers. Semoga kamu tetap terhindar dari hal-hal buruk tersebut, ya. 

Nah, ada beberapa tips untuk menghadapi cuaca panas yang bisa kamu coba, antara lain dengan menghindari sinar matahari secara langsung, banyak minum air dan buah, gunakan alat penyejuk udara, dan lain-lain. 

Berikut ini beberapa rekomendasi pendingin ruangan yang bisa kamu gunakan di rumah selama cuaca panas.

Krisbow Kipas Angin Lantai Rechargeable 40.6 Cm
Krisbow Kipas Angin Lantai Rechargeable 40.6 Cm

Beli di sini

Apa Air Cooler 1200cmh 10ltr - Putih
Apa Air Cooler 1200cmh 10ltr – Putih

Beli di sini

Kris Digital Humidifier Pj8005
Kris Digital Humidifier Pj8005

Beli di sini

Sharp Air Conditioner 1 Pk Ac Ah/au-x9vey
Sharp Air Conditioner 1 Pk Ac Ah/au-x9vey

Beli di sini

Kamu bisa menemukan alat elektronik praktis untuk rumah tangga hanya di Ruparupa.

Situs e-commerce satu ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Yuk, pastikan rumah kamu tetap sejuk selama musim kemarau!