5 Cara Praktis Merapikan Meja Kerja yang Bikin Produktif

0
440
cara merapikan meja kerja

Merapikan meja kerja ternyata hal yang penting. Namun, banyak orang berpikir bahwa semangat kerja timbul karena lingkungan yang menyenangkan. Padahal, kenyamanan kerja juga dipengaruhi oleh fasilitas dan perlengkapan yang menunjang, lho.

Nah, salah satu perlengkapan kantor yang memegang peranan penting dalam hal ini adalah meja kerja. Memang, meja yang fungsional dan ergonomis dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi, bila meja tersebut dalam keadaan bersih dan rapi.

Ruparupa Banner

Sayangnya, banyak orang masih kurang peduli dengan kebersihan di atas meja. Padahal, meja kerja yang berantakan dapat membuat kita kehilangan fokus, serta bisa membuat kita jadi kesulitan dalam mencari barang dan dokumen.

Lantas, Bagaimana Cara Merapikan Meja Kerja dengan Mudah?

Bila kamu sering meninggalkan meja dalam keadaan berantakan, yuk, ikuti cara praktis merapikan meja kerja berikut ini.

1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Setiap 1 minggu sekali, sediakan waktu untuk membersihkan meja kerja. Pertama, singkirkan semua barang yang ada di atas meja. Kemudian, bersihkan meja dari debu serta kotoran dengan kemoceng dan kain pembersih.

Baca Juga:   8 Perabot Kantor Wajib untuk Ciptakan Ruang Kerja Modern Minimalis

Sebelum meletakkan kembali alat kantor ke atas meja, buang peralatan yang sudah tidak bisa dipakai, seperti kertas bekas, gelas kotor, dan sebagainya.

membersihkan meja kerja
Bersihkan meja kerja dari debu dan kotoran dengan kain pembersih.

2. Perhatikan Tata Letak Alat Kantor

Tata letak perlengkapan kantor di atas meja kerja juga perlu diperhatikan. Kamu bisa menempatkan rak di sisi meja untuk menyimpan dokumen dan catatan penting. Kemudian, siapkan juga alat tulis di atas meja agar mudah dijangkau.

Untuk dokumen-dokumen lama, simpan semuanya ke dalam satu lemari supaya tidak bercampur dengan dokumen yang masih baru.

menata perlengkapan kerja
Letakkan alat-alat kantor dekat dengan jangkauan.

3. Bereskan Kabel yang Berserakan

Kabel monitor yang berserakan tentu mengganggu dan tidak sedap dipandang. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan pengikat kabel dan menempatkan seluruh kabel dengan rapi di satu tempat.

Supaya tidak bingung, kamu dapat menempelkan label pada setiap kabel dan memberikannya nama. Berikut adalah rekomendasi pengikat kabel berkualitas yang aman untuk kabel.

4. Gunakan Penyangga Monitor

Menggunakan penyangga monitor dapat membuat area meja jadi lebih luas. Kemudian, kamu bisa memanfaatkan ruang ekstra ini untuk meletakkan benda penting seperti buku catatan.

Selain itu, penggunaan penyangga monitor juga bisa menjaga penglihatan dan postur tubuh ketika bekerja, lho.

smart stand meja kerja
Zimo Meja Komputer Smart Stand – Cokelat
Penyangga komputer kokoh dan minimalis agar kerja jadi lebih nyaman.

Beli di sini

smart stand meja kerja hitam
Informa Meja Smart Stand – Hitam
Smart stand dengan port untuk mengisi baterai dan menyalakan lampu meja.

Beli di sini

5. Lakukan Digitalisasi Dokumen

Berkas-berkas yang menumpuk dapat membuat meja kerja tampak berantakan. Untuk itu, kamu bisa memindai dokumen dan menjadikannya dalam bentuk digital. Lalu, simpan dokemen tersebut berdasarkan kategori tahun, bulan, dan nama lainnya agar mudah ditemukan.

digitalisasi dokumen kerja
Lakukan digitalisasi dokumen untuk menghemat kertas dan penyimpanan.

Nah, itu dia cara mudah merapikan meja kerja. Dengan melakukan metode di atas, kamu bisa bekerja lebih nyaman tanpa perlu terganggu oleh meja yang berantakan.

Buat kamu yang sedang mencari meja dan perlengkapan kantor lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com.

Dapatkan berbagai perabot kantor Minimalis hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.