Media Tanam Hidroponik Tanpa Repot

0
3214

Media tanam hidroponik – rumah tidak terlepas dari adanya kehadiran sebuah tanaman, baik di letakan di dalam rumah atau luar rumah. Kehadiran tanaman membawa nuansa rumah menyatu dengan alam dan sebagai penyejuk di tengah penat nya aktivitas yang padat.

Namun banyaknya polusi pada daerah perkotaan serta lahan yang tidak terlalu luas membuat Anda kesulitan untuk bercocok tanam. Eits, jangan kecewa dulu yah Ruppers. Tanaman hidroponik dapat menjadi salah satu solusi untuk Ruppers di rumah nih.

Apa sih tanaman hidroponik? Tanaman hidroponik merupakan tanaman dengan media tanamnya tidak berupa tanah. loh, lalu media tanamnya pakai apa yah? Simak nih, media tanam hidroponik tanpa repot.

Rockwool

id.pinterest.com/pin/391461392595489966

Rockwool merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik. Media tanam ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan media lainnya terutama dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang dapat disimpan oleh media tanam ini. Sehingga rockwool dapat menampung kebutuhan akar.

Kerikil

id.pinterest.com/pin/460211655647509640

Kerikil adalah salah satu media tanam yang penggunaannya hampir sama dengan tanah ataupun pasir. Penggunaan kerikil cukup baik untuk pertumbuhan akar karena terdapat ruang – ruang yang luas. Biasanya digunakan untuk aliran air sehingga dapat mengalir ke akar tanaman hidroponik NFT.

Cocopeat atau Sabuk kelapa

commons.wikimedia.org

Sabuk kelapa terkenal dengan daya serapnya yang tinggi. Tidak hanya itu, sabut kelapa memiliki zat-zat alami yang berguna untuk pertumbuhan tanaman seperti magnesium, natrium, kalsium, dan kalium. Penyaluran air pada sabuk kelapa membuat Anda harus mencampurkan sabuk kelapa dengan media tanam lainnya agar mendapatkan hasil maksimal.

Arang Sekam

id.pinterest.com/pin/542824561308832872

Arang sekam banyak dijumpai terutama daerah pedesaan. Mempunyai daya serap yang baik dan bahan ini juga steril akibat pembakaran yang membuatnya relatif bebas hama sehingga tanaman Anda terbebas dari hama.

Spons

Siapa sangka spons dapat menjadi media tanam juga loh. Spons memiliki daya serap yang sangat baik. Namun, penggunaan spons tidak dianjurkan untuk tanaman jangka panjang yah Ruppers karena mudah rusak.

Pasir

pixabay.com

Pasir menjadi media tanam yang sering digunakan. Bobot pasir yang cukup berat mampu menopang tanaman dengan baik. Selain itu, pasir memiliki pori-pori yang cukup banyak sehingga lebih cepat basah dan kering. Karena keunggulannya, pasir menghasilkan sirkulasi udara yang baik untuk pertumbuhan akar tanaman.

Hidrogel

pixabay.com

Ternyata benda yang satu ini dapat berfungsi sebeagai media tanam loh Ruppers. Biasanya hidrogel digunakan untuk tanaman hias berukuran kecil yang disertai pot dan diletakan didalam ruangan. Terbuat dari kristal polimer dengan kemampuan serap air yang cukup baik sehingga menyerap air dalam volume yang cukup banyak.

Sebelum menanam Tanaman hidroponik, Ruppers harus tahu nih memilih media tanam yang baik. Seperti pastikan tidak ada kandungan garam karena tanaman dapat mati atau tidak berkembang, dapat menyimpan dan mengontrol kandungan air dan pastinya subur agar tanaman dapat bertumbuh dengan baik.

Ruppers tetap dapat bercocok tanam dengan situasi atau lokasi hunian apapun tanpa repot hanya menggunakan media tanam hidroponik terbaik sesuai dengan tips memilih media tanam dan pilihan media diatas. Hunian terlihat asri dan indah hanya dengan tanaman hidroponik tanpa repot.