10 Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Rumah

0
30514
tanaman sayuran yang cocok ditanam di rumah
Sumber: unsplash.com

Memiliki kebun sayuran di rumah, ternyata bisa lebih menghemat biaya belanja setiap harinya, lho. Ada beberapa tanaman sayuran yang mudah untuk Anda tanam di rumah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki kebun sayur di rumah? 

Jenis Sayuran yang Mudah Ditanam

Tenanga, menanam sayuran ternyata tidak sesulit yang kita pikirkan. Ada beberapa sayuran yang ternyata bisa kita tanam di rumah dengan cukup mudah. Apa saja itu? Yuk, simak berikut ini!

Ruparupa Banner

Inspiration_RR_Sustainable_Living_Banner_insp_Blog_640X320_wording

1. Bayam 

tanaman sayuran bayam
Sumber: unsplash.com

Bayam adalah sayuran favorit Anda? Selamat! Tanaman sayuran satu ini ternyata sangat cocok untuk Anda tanam di rumah, loh!

Tidak hanya cara menanamnya yang mudah, perawatan bayam pun cukup praktis. Anda hanya perlu menyiapkan benih bayam, media tanam, pot atau polybag, dan air. Setelah semuanya siap, mulailah untuk menyemai benih selama kurang lebih satu bulan.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi benih bayam, yang bisa langsung Anda tanam di rumah.

Let's Plant Benih Bayam
Let’s Plant Benih Bayam beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kalau mulai berkecambah, pastikan Anda memindahkannya ke media tanam dan pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk terus menjaga kelembabannya dengan menyiram tanaman bayam dengan rutin ya, Ruppers!

2. Cabai 

tanaman sayuran cabai
Sumber: unsplash.com

Sering pusing karena harga cabai yang mahal, padahal Anda sangat suka makanan pedas? Jangan khawatir, Ruppers! Anda dapat menanamnya sendiri di rumah dengan mudah. 

Cabai bisa tumbuh dengan mudah pada cuaca panas. Selain itu, Anda dapat menanamnya di mana saja, seperti pot, polybag, atau langsung di tanah. Namun, pastikan Anda memakai wadah yang besar agar cabai dapat tumbuh lebih maksimal ya, Ruppers.

Berikut ini benih cabai merah keriting yang bisa Anda tanam di halaman rumah.

Lets Plant Benih Cabai Keriting
Lets Plant Benih Cabai Keriting beli di Ruparupa.com.

Tanamlah biji cabai ke media tanam dan jangan lupa siram dengan rutin, khususnya saat musim kemarau tiba.

3. Selada

tanaman sayuran selada
Sumber: unsplash.com

Pencinta lalapan dan salad pasti suka menyiap stok selada di rumah. Agar lebih hemat dan terjamin, cobalah untuk menanamnya sendiri, Ruppers. 

Pertama-tama, pilihlah benih yang berkualitas, seperti rekomendasi kami berikut ini. 

Lalu, siapkan media tanam dan mulailah menanamnya. Untuk merawatnya juga cukup mudah, apalagi saat mudah hujan karena selada dapat tumbuh cepat dan sangat subur. Namun, pastikan Anda rutin menyiramnya, ya.

Baca Juga:   7 Tips Menggunakan Rice Cooker Agar Tetap Awet

Anda hanya perlu menunggu 65-80 hari untuk memanennya dan langsung mengonsumsi selada dari kebun sendiri.

Panah Merah Benih Selada Grand Rapids
Panah Merah Benih Selada Grand Rapids beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

4. Caisim atau sawi hijau

tanaman sayur caisim
Sumber: istockphoto.com

Sayuran berikutnya yang cocok ditanam di rumah adalah sawi hijau atau caisim. Anda dapat menanam sayuran ini di tanah dan bisa juga dengan sistem hidroponik, loh. 

Namun, saat menanamnya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan. Jika lingkungan sekitarnya dingin, pastikan sayuran terkena sinar matahari langsung.

Sebaliknya, jika lingkungannya panas, Anda dapat menanam caisim ini di tempat yang teduh, seperti di bawah pepohonan rindang dan atap alderon transparan. 

Berikut ini benih sayur sawi yang bisa Anda tanam di rumah.

Let's Plant Benih Sawi
Let’s Plant Benih Sawi beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

5. Kangkung

menanam kangkung di pot
Sumber : seasonwithspice.com

Siapa yang hanya mau makan kangkung, tapi tidak untuk sayuran lainnya? Ternyata, kangkung juga bisa ditanam di rumah, loh.

Cara menanam kangkung juga sangat mudah. Pertama-tama, Anda harus memilih benih kangkung yang berkualitas dan menyiapkan media tanamnya.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk ke media tanam tersebut ,serta menyiapkan lubang-lubang untuk meletakkan benih. Agar lebih praktis, Anda bisa memakai benih kangkung berikut ini. 

Let's Plant Benih Kangkung
Let’s Plant Benih Kangkung beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Pastikan Anda menyiramnya secara rutin untuk membuat kangkung tumbuh subur. Jadi, sudah siap panen hasil tanaman Anda sendiri?

6. Tomat

tanaman sayuran tomat
Sumber: unsplash.com

Tanaman sayuran selanjutnya yang cepat tumbuh dan mudah untuk Anda rawat di rumah adalah tomat. Saking mudahnya, tomat juga cocok ditanam oleh anak-anak, loh. 

Anda dapat memulainya dengan proses penyemaian benih pada media tanam, yang tidak terlalu padat agar air dapat mengalir dengan lancar. 

Nah, berikut ini benih tomat yang bisa Anda gunakan untuk berkebun di rumah.

Lets Plant Benih Tomat
Lets Plant Benih Tomat beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Pastikan untuk menanam tomat pada area yang terkena cahaya matahari langsung. Jangan lupa menyiramnya secara rutin dan memberi pupuk agar tomat Anda lebih bernutrisi ya, Ruppers!

7. Bawang merah dan bawang putih

bawang merah dan putih
Sumber: unsplash.com

Kedua bahan ini wajib digunakan dalam masakan karena bisa membuat makanan menjadi lebih lezat. Jadi, tidak ada salahnya jika menanam bawang putih dan merah ini di rumah, bukan?

Baca Juga:   7 Desain Taman Kering Outdoor Minimalis

Cara menanamnya juga mudah loh, Ruppers. Anda hanya perlu memisahkan siung bawang, lalu tanam ke dalam tanah yang berkualitas. Pastikan memberikannya air agar lebih padat.

Letakkan tanaman di area yang terkena sinar matahari dan jangan lupa untuk sering menyiramnya.

8. Mentimun

tanaman sayuran mentimun
Sumber: unsplash.com

Berbeda dengan sayuran lainnya, mentimun adalah tanaman yang tumbuh merambat dan suka panas. Jadinya, Anda memerlukan tiang atau pagar agar tumbuh subur. 

Anda dapat menanam benih mentimun langsung di tanah dengan meletakkan kayu atau tiang. Lalu, pilihlah tempat yang terkena sinar matahari cukup dan pastikan Anda menyiramnya secara rutin.

Nah, agar lebih praktis, Anda bisa memakai benih timun satu ini.

Lets Plant Benih Timun
Lets Plant Benih Timun beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

9. Buncis

tanaman sayuran buncis
Sumber: unsplash.com

Jika Anda ingin tanaman sayuran yang sangat produktif, cobalah untuk menanam buncis. Semakin banyak Anda menanam benih buncis, Anda bisa memanennya lebih banyak.

Cara menanamnya cukup mudah. Anda dapat langsung menabur benihnya ke tanah dan menyiramnya dengan cukup air secara rutin. Dalam waktu 55-65 hari, buncis siap untuk Anda panen.

10. Terong

tanaman sayuran terong
Sumber: unsplash.com

Terung atau terong juga merupakan salah satu tanaman sayuran yang dapat ditanam di rumah dengan sangat mudah, loh. 

Anda dapat menanamnya di pot, polybag, atau bisa langsung di tanah, asalkan diberi kayu penyangga untuk menahannya. Pertama-tama, Anda perlu menyemai bibitnya. Setelah itu, baru pindahkan ke polybag atau pot. 

Usahakan untuk menanamnya di tempat yang cukup teduh dan menyiram tanaman ini secara teratur.

Lets Plant Benih Terong Ungu
Lets Plant Benih Terong Ungu beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Itulah 10 tanaman sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah Anda. Apakah sayuran favorit Anda menjadi salah satunya? 

Nah, Anda bisa menemukan berbagai peralatan berkebun dan perlengkapan rumah tangga lainnya, yang dapat mendukung hidup ramah lingkungan hanya di Ruparupa.com dengan klik di sini.

Situs ini juga menjual berbagai perabot berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan lain-lain.

Dapatkan juga berbagai penawaran menarik dengan berbelanja melalui Ruparupa. Yuk, belanja sekarang!